Hope (intan)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Hope ialah intan biru seberat 45,52 karat (massa: 9.1 gram). Intan ini berukuran 25,6 x 21,78 x 12 mm. Intan ini berasal dari Tavernier Blue di Prancis, yang awalnya ditambang di pertambangan Kollur di Distrik Guntur, Andhra Pradesh, India, yang saat itu masih menjadi bagin dari Kerajaan Golkonda. Intan ini kemudian dijual kepada Raja Louis XIV dari Prancis pada tahun 1668, kemudian diwariskan turun-temurun, lalu diberikan oleh Louis XVI kepada Marie Antoinette. Sekarang intan ini disimpan di Museum Sejarah Alam Nasional Smithsonian Institute.

Intan ini menjadi legendaris karena kutukan yang dibawanya pada pemilik yang menyimpannya. Intan Hope berwarna biru dengan mata telanjang karena jumlah boron yang dikandungnya. Intan Hope menampilkan fosforesensi merah dengan sinar ultraviolet dan diklasifikasikan sebagai intan tipe IIb. Intan ini mendapatkan namanya yang sekarang dari keluarga Hope.

Kalung intan Heart of the Ocean yang diberikan oleh Cal Hockley kepada Rose DeWitt Bukater dalam film Titanic diilhami oleh Intan Hope.