Honda Beat (mobil)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Tampak depan dari Honda Beat

Honda Beat adalah sebuah mobil berpenggerak roda belakang, mobil roadster dua pintu dengan konfigurasi mesin ditengah (mid-engine) yang diproduksi sejak tahun 1991-1996. Honda Beat itu adalah mobil terakhir yang disetujui oleh Soichiro Honda sebelum ia meninggal pada tahun 1991. Jumlah total mobil yang saat itu diproduksi sekitar 33.600 unit. Sebagian besar produksi (sekitar dua pertiga) terjadi pada tahun pertama, dan kemudian produksi dan penjualan turun secara drastis. Desain mobil berasal dari Pininfarina, yang kemudian menjual rencana desain ke Honda. Honda Beat adalah salah satu dari banyak mobil yang dirancang untuk memanfaatkan kelas Keicar, yakni sebuah segmen mobil rendah emisi atau di indonesia seperti LCGC namun peraturannya lebih ketat, bahkan ukuran dimensi pada mobil itu sendiri dihitung. [2]

Tampak belakang dari Honda S660

Ada dua model utama dari Honda Beat yang ini yaitu PP1–100 dan PP1–110 dan beberapa versi edisi terbatas. Perbedaan pada kedua model itu adalah, pada model pertama hanya ada pembaruan kosmetik. Sedangkan pada model kedua ada perubahan secara mekanis. Semua mobil ditjual dilengkapi dengan opsi airbag samping pengemudi. Mobil itu dijual secara eksklusif di Jepang (ya ini bisa dibilang termasuk kedalam kategori JDM) dan di dijual pada dealer Honda Primo.

Sesuai dengan khas Honda Beat saat itu, mesin Beat tidak menggunakan turbocharger atau supercharger. Mesin 656 cc (40,0 cu in) telah dimodifikasi dengan sistem MTREC (Multi Throttle Responsive Engine Control), dengan individual throttle Body pada mesin tiga silinder itu, untuk menghasilkan 64 PS (63 bhp) pada 8100 rpm dengan top speed / kecepatan maksimum yang dibatasi secara eletronik sebesar 135 km/jam (84 mph). Mobil ini hanya dijual dengan transmisi manual.

Honda Beat pada Honda Collection Hall

Honda Beat adalah bagian dari mobil sport keicar pada awal 1990-an; para kompetitornya adalah Suzuki Cappuccino dan Mazda Autozam AZ-1. Dan di Jepang tidak ada model mobil seperti ini sampai tahun 2002 yaitu kemunculan Daihatsu Copen.

Pada 9 Mei 2010, diadakan parade di sirkuit Twin Ring Motegi sebagai bagian dari acara tahunan para owner Beat. Yda sejumlah 569 Honda Beat yang ikut berpartisipasi dalam parade ini, parade ini masuk kedalam Guinness World Records sebagai parade mobil Honda terbesar. Rekor itu ditunjukkan pada Guinness World Records edisi tahun 2011.

Penerus Honda Beat[sunting | sunting sumber]

Honda S660

Pada tahun 2015, Honda S660 rilis dan mobil ini memiliki beberapa kunci utama dari Honda Beat, yaitu mobil sport dengan konfigurasi roadster 2-pintu yang masih masuk sebagai golongan Kei-car. Tak lupa dengan konfigurasi mesin tengah dengan penggerak roda belakang.

Kemunculannya pada media-media[sunting | sunting sumber]

Mobil itu pernah ditampilkan pada acara televisi di Inggris yaitu Top Gear bersama dengan Daihatsu Mira dan Mitsubishi Minica Dangan di mana ia dipuji oleh Jeremy Clarkson juga pada acara televisi Amerika yaitu MotorWeek di mana ia dikendarai di California Selatan. Pada akhir 2019 mobil itu review oleh Channel Review otomotif yaitu RegularCars di YouTube. [3]

Mobil ini juga hadir video game seperti di Gran Turismo 2 (Mugen tuned), Sega GT, Gran Turismo 4, Enthusia Professional Racing, Gran Turismo PSP, Gran Turismo 5, Gran Turismo 6, Gran Turismo Sport, bersama dengan banyak mobil sport kei-car lainnya di Kat's Run: Zen-Nippon K Car Senshuken untuk Super Famicom.