Homo homini lupus

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Homo Homini Lupus)

Homo homini lupus, bentuk pendek dari Homo homini lupus est, adalah sebuah istilah dalam bahasa Latin yang berarti "Manusia adalah serigala bagi sesama manusianya".[1][2] Istilah tersebut pertama kali dicetuskan dalam karya Plautus berjudul Asinaria (195 SM lupus est homo homini). Istilah tersebut juga dapat diterjemahkan sebagai manusia adalah serigalanya manusia yang diinterpretasi berarti manusia sering menikam sesama manusia lainnya.[1][2] Homo homini lupus sering disebutkan dalam diskusi-diskusi mengenai kekejaman yang dapat dilakukan manusia bagi sesamanya.[2] Sebagai perlawanan dari istilah itu, munculah istilah Homo Homini Socius yang berarti manusia adalah teman bagi sesama manusianya, atau manusia adalah sesuatu yang sakral bagi sesamanya yang dicetuskan oleh Seneca.[2] Kedua istilah Homo Homini Lupus dan Homo Homini Socius tercantum oleh Thomas Hobbes dalam karyanya berjudul De Cive (1651):

To speak impartially, both sayings are very true; That Man to Man is a kind of God; and that Man to Man is an errant Wolf (kedua istilah tersebut terdapat kebenarannya; bahwa sesama manusia adalah semacam Tuhan dan bahwa antar sesama manusia pula terdapat serigala yang kejam)

.[2]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b (Inggris) "Homo Homini Lupus". The English Encyclopedia. Diakses tanggal 20 Mei 2014. 
  2. ^ a b c d e (Inggris) "Homo Homini Lupus". Wordvia. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2017-09-10. Diakses tanggal 20 Mei 2014.