Home Sweet Home (permainan video 2017)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Home Sweet Home
PengembangYggdrazil Group Co., Ltd
PenerbitYggdrazil Group Co., Ltd
PengarahSaroot Tubloy
ProduserPongtham Nantapan
PerancangPongtham Nantapan
EngineUnreal Engine 4
PlatformMicrosoft Windows, PlayStation 4, Xbox One
Tanggal rilisMicrosoft Windows

27 September 2017 Playstation 4, XBOX ONE

16 Oktober 2018
GenreLaga petualangan
ModePemain tunggal

Home Sweet Home adalah sebuah permainan video horor orang pertama. Permainan Ini dikembangkan oleh pengembang dari Thailand bernama Yggdrazil Group.[1] Permainan ini menampilkan elemen-elemen horor yang diambil dari cerita rakyat Thailand. Permainan ini tersedia untuk Windows dan di perangkat VR pada tahun 2017; sedangkan versi konsol PlayStation 4[2] dan Xbox One[3] dirilis pada tahun 2018.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Permainan ini berfokus pada protagonis utama bernama Tim. Hidupnya telah berubah secara drastis sejak istrinya menghilang. Suatu malam, dia bangun di tempat yang tidak ia kenal. Ketika mencoba mencari jalan keluar, ia dikejar oleh sesosok hantu wanita. Pemain harus menemukan misteri di rumah Tim dan menemukan istrinya yang hilang bernama Jane.[4]

Gaya bermain[sunting | sunting sumber]

Permainan ini menggunakan mekanisme sembunyi dan menyelinap. Jika hantu menemukan pemain di tempat persembunyian ataupun tertangkap saat kejar-kejaran, permainan akan berakhir. Eksplorasi pun merupakan hal penting, untuk menemukan halaman buku harian atau barang yang dibutuhkan untuk menyelesaikan teka-teki.[5]

Pengembangan[sunting | sunting sumber]

Home Sweet Home dikembangkan oleh Yggdrazil Group, sebuah perusahaan efek visual yang terutama mengerjakan film pasca-produksi. Home Sweet Home adalah usaha pertama perusahaan dalam pengembangan game; proyek ini dipimpin oleh Sarut Tubloy. Pembangunan waktu sekitar 2 tahun, dan pergi melalui beberapa revisi utama. Tim awalnya berencana membuat game mobile, tetapi berganti ke PC dan memulai kembali pekerjaan setelah 7-8 bulan. Mereka membuat revisi lagi pada 15 bulan, setelah menerima umpan balik dari Steam Greenlight. Mereka membuat revisi lain setelah merilis demo pada 16 November 2016, menghabiskan tiga bulan ekstra untuk merevisi cerita. Home Sweet Home telah direncanakan sebagai seri, dan cerita ini ditulis dengan kemungkinan sekuel dalam pikiran.[6]

Rilis[sunting | sunting sumber]

Versi demo[sunting | sunting sumber]

Demo permainan ini dirilis pada 16 November 2016 dan mendapat respons yang positif.[7] Dalam versi ini, pemain adalah protagonis yang tiba-tiba bangun di tempat yang tidak dikenal. Pemain bertemu gadis hantu dan menyelesaikan beberapa teka-teki. Tetapi permainan berakhir sampai di pintu keluar, dimana sebuah rak memblokir jalan keluar dan hantu pun menghampiri pemain dengan cara menakutkan.

Versi lengkap[sunting | sunting sumber]

Versi lengkapnya dirilis di Steam pada 27 September 2017 dengan durasi permainan rata-rata sekitar 3 jam. Versi port dari permainan ini pun dirilis setahun kemudian.[8]

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Home Sweet Home diterima secara positif; kritikus memuji penggunaan elemen mitologi permainan Thailand untuk menciptakan atmosfer yang menakutkan. Menurut IndieGames.com, "Home Sweet Home menunjukkan kemampuan untuk membuat teror tanpa menggunakan darah dan kekerasan secara berlebihan". [9] Penulis The Telegraph, Olivia White, menjelaskan bahwa "permainan ini dipenuhi dengan hal-hal kecil yang sangat menakutkan ketika Anda dipaksa untuk menyelinap, berlari dan bersembunyi dari roh-roh yang mengejar Anda".[10]

Sekuel[sunting | sunting sumber]

Home Sweet Home 2 dirilis untuk serambi komputer personal pada 25 September 2019.[11]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Thailand, True Visions Group Co ,Ltd. "สัมภาษณ์พิเศษเจาะลึกผู้พัฒนา Home Sweet Home เกมไทยที่ดังไกลไปต่างแดน". www.online-station.net (dalam bahasa Thai). Diakses tanggal 2019-11-08. 
  2. ^ "Home Sweet Home". Metacritic (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-11-08. 
  3. ^ "Home Sweet Home". Metacritic (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-11-08. 
  4. ^ Sponsored (2017-08-27). "Thai horror Home Sweet Home will chill you to the bone". PC Gamer (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-11-08. 
  5. ^ Higton, Ian (2018-10-28). "Home Sweet Home VR brings creepy Thai mythology to life". Eurogamer (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-11-08. 
  6. ^ ทรงกลด ลิมปิพัฒน์ (19 October 2017). "Home Sweet Home : เบื้องหลังเกมผีฝีมือคนไทยที่หลอกหลอนไกลถึงต่างประเทศ". A Day Online (dalam bahasa Thai). Diakses tanggal 10 May 2018. 
  7. ^ Higgins, Chris (20 November 2016). "Thai horror game Home Sweet Home's demo will haunt you where you live". PCGamesN. Diakses tanggal 15 May 2018. 
  8. ^ Ching, Aseek (2018-09-20). "Home Sweet Home, Survival Horror Dari Thailand, Hadir Bulan Oktober". GameStation (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-11-08. 
  9. ^ Couture, Julia (6 October 2017). "Home Sweet Home Draws On Thai Myth To Send Chills Down Players' Spines". IndieGames.com. Diakses tanggal 10 May 2018. 
  10. ^ White, Olivia (30 October 2017). "Your ultimate guide to the best horror games for this Halloween". The Telegraph. Diakses tanggal 15 May 2018. 
  11. ^ Ching, Aseek (2019-07-31). "Home Sweet Home: Episode II Segera Hadir Tahun Ini". GameStation (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-11-08. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]