Holokaus di Slowakia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Holokaus di Slovakia adalah perampasan secara sistematis, deportasi, dan pembunuhan orang-orang Yahudi di Negara Slovakia selama Perang Dunia II. Pada tahun 1941, kepemimpinan Nazi memutuskan untuk menerapkan holokaus, yaitu suatu pembantaian massal secara sistematis terhadap kaum Yahudi Eropa termasuk di Slovakia.[1]

Orang-orang Yahudi menjadi sasaran diskriminasi dan pelecehan, termasuk penyitaan properti, dan bisnis. Mereka dipersalahkan atas kerugian teritorial Slovakia atas Hungaria. Pengucilan orang Yahudi dari ekonomi memiskinkan komunitas dan menyebabkan masalah sosial, yang mendorong pemerintah memaksa mereka untuk kerja paksa.

Pemerintah Slovakia bernegosiasi dengan Nazi Jerman pada tahun 1941, untuk mendeportasi massal orang-orang Yahudi ke Polandia yang diduduki Jerman. Antara Maret dan Oktober 1942, 57.000 orang Yahudi dideportasi ke kamp konsentrasi Auschwitz dan distrik Lublin; dan hanya beberapa ratus orang saja yang dapat selamat dari kamp konsentrasi tersebut. Penganiayaan terhadap orang-orang Yahudi dimulai kembali setelah Agustus 1944, ketika Jerman menginvasi Slovakia dan memicu Pemberontakan Nasional Slovakia. 13.500 orang Yahudi lainnya dideportasi dan ratusan lainnya dibunuh di Slovakia oleh Einsatzgruppe H dan Divisi Darurat Penjaga Hlinka.[2]

Sebanyak 68.000 hingga 71.000 orang Yahudi Slovakia terbunuh, lebih dari 80 persen populasi sebelum perang. Korban menghadapi antisemitisme baru dan kesulitan mendapatkan kembali harta curian; paling beremigrasi. Rezim komunis satu partai pascaperang melarang diskusi tentang Holokaus. Larangan itu dihapus setelah Revolusi Velvet 1989. Keikutsertaan Negara Slovakia dalam Holokaus menjadi masalah yang tetap diperdebatkan di negara ini.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Deportasi ke Pusat-pusat Pembantaian | The Holocaust Encyclopedia". encyclopedia.ushmm.org. Diakses tanggal 2020-01-30. 
  2. ^ "Slovakia commemorates Memorial Day for Victims of the Holocaust and of Racial Violence". IHRA (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-01-30.