Hogsmeade

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Hogsmeade

Desa Hogsmeade, atau lebih dikenal dengan Hogsmeade saja adalah sebuah desa fiksi dalam seri Harry Potter. Muncul pertama kali dalam seri Harry Potter dan Tawanan Azkaban. Desa ini diceritakan sebagai pemukiman non-muggle di seluruh Inggris. Desa ini dibangun oleh penyihir bernama Hengist dari Woodcroft. Para murid Hogwarts diperbolehkan mengunjungi desa ini pada akhir pekan. Namun hanya siswa tahun ketiga dan tahun diatasnya yang diperbolehkan mengunjungi desa dengan formulir perizinan dari orang tua atau wali untuk diperbolehkan mengunjungi desa. Para siswa biasanya mengunjungi toko-toko seperti Toko Tipuan Zonko dan Honeydukes, atau pergi untuk mengunjungi Shrieking Shack (gubuk menjerit).

Desa Hogsmeade digambarkan dalam buku sebagai desa kecil yang sangat indah dengan lilin-lilin sihiran yang menggantung di pohon pada waktu liburan. Di dekat desa ini terdapat Stasiun Hogsmeade yang digunakan untuk pemberhentian kereta api Hogwarts Express.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Menurut cerita, desa ini dibangun bertepatan dengan pembangunan sekolah sihir Hogwarts. Desa ini dibangun oleh penyihir abad pertengahan bernama Hengist dari Woodcroft setelah melarikan diri dari penganiyayaan muggle. Pada tahun 1612 terjadi pemberontakan goblin yang mengambil alih kekuasaan di sekitar desa dan Hogsmeade menjadi markas para penyihir selama pemberontakan.

Kemunculan Dalam Film[sunting | sunting sumber]

Hogsmeade muncul selalu muncul dari seri pertama hingga ke keenam karena kegiatan transportasi siswa Hogwarts dari Stasiun King's Cross menuju Stasiun Hogsmeade. Pada seri Harry Potter dan Tawanan Azkaban diceritakan bahwa Harry Potter dalam tahun pertama diperbolehkan mengunjungi desa namun tidak bisa mengumpulkan formulir perizinannya kepada Profesor McGonagall karena terlibat permasalahan dengan satu-satunya keluarga yang ia miliki, yakni Keluarga Dursley. Namun akhirnya ia dapat menuju kesana dengan bantuan peta perampok yang didapatnya dari Fred dan George Weasley. Pada seri Harry Potter dan Orde Phoenix, Harry Potter membentuk Laskar Dumbledore di Hog's Head. Dan pada seri Harry Potter dan Relikui Kematian, bersama dengan Ron Weasley dan Hermione Granger mereka ber-apparate ke Hogsmeade dan dilindungi oleh Aberforth Dumbledore.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]