Hochzeitssuppe

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Hochzeitssuppe, makanan tradisional Jerman berupa sup yang berisi daging dan olahan lain.

Hochzeitssuppe adalah makanan tradisional negara Jerman berupa sup yang berisi berbagai bahan campuran dengan variasi pembuatan yang beragam.[1][2] Hochzeitssuppe disajikan pada waktu pesta pernikahan (dalam bahasa Jerman: Hochzeit) sebagai lambang dari kesehatian dan kerendahan hati untuk saling melayani dan mengasihi, dan harapan agar pasangan yang menikah akan memiliki kehidupan pernikahan yang bahagia.

Hochzeitssuppe pada umumnya memilki komposisi berbagai jenis olahan daging ayam, daging sapi,[3] dan sayur-sayuran seperti wortel, peterseli, daun bawang, kacang polong muda, kembang kol, dan asparagus. Warga Jerman biasa memasukkan asparagus secara terpisah untuk mendapat rasa yang lebih nikmat sesuai tingkat kematangan masing-masing.

Prosesi Pengantin Menikmati Hochzeitsuppe[sunting | sunting sumber]

Sup Hochzeitssuppe sering dijumpai pada acara pernikahan di Jerman. Mempelai pria dan wanita saling berbagi mangkuk sup yang melambangkan bahwa dalam kehidupan pernikahan kedua mempelai siap berbagai tugas dan tanggung jawab bersama. Setelah itu mempelai pria dan wanita akan mencelupkan sendoknya untuk menyendok sup.

Pada prosesi ini biasanya para tamu undangan akan sangat memperhatikan apakah sendok sup tersebut dicelupkan secara bersama-sama atau ada salah satu pengantin yang lebih cepat atau mendahului ketika menyendok supnya. Tentunya setiap yang hadir sangat mengharapkan kedua belah mempelai kompak dan sehati mencelupkan sendok ini bersama-sama,karena hal ini melambangkan harapan kebahagiaan pernikahan yang akan bertahan lama.

Variasi[sunting | sunting sumber]

Hidangan Hochzeitsuppe merupakan salah satu hidangan yang paling penting untuk disajikan. Seiring perkembangan waktu, banyak variasi bahan dan citarasa yang paling terkenal dan sangat disukai atau menjadi menu favorit dari Hochzeitsuppe. Beberapa diantaranya adalah:

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Nachrichten, Hintergründe, News & N24-Videos". DIE WELT. Diakses tanggal 2017-11-05. 
  2. ^ "LAND-LEBEN Backerbsen, Croutons sowie Frittaten als Suppeneinlagen". LAND-LEBEN (dalam bahasa Jerman). Diakses tanggal 2017-11-05. 
  3. ^ "Rezepte: Kochen, Backen und Getränke". ESSEN UND TRINKEN (dalam bahasa Jerman). Diakses tanggal 2017-11-05. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

www.welt.de

www.land-leben.com

http://www.essen-und-trinken.de