Histiophryne psychedelica

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Histiophryne psychedelica
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan:
Filum:
Kelas:
Ordo:
Famili:
Genus:
Spesies:
H. psychedelica
Nama binomial
Histiophryne psychedelica
Pietsch, 2009

Histiophryne psychedelica atau Ikan kodok Maluku adalah sejenis ikan kodok yang ditemukan di terumbu karang perairan sekitar Pulau Ambon, Indonesia. Ikan ini baru ditemukan dan deskripsi pertamanya dipublikasi 2009.

H. psychedelica berukuran kecil, sekitar 10 cm dengan garis-garis mencolok berwarna merah muda berpola telapak tangan. Sebagaimana ikan kodok lainnya, ia merangkak di dasar perairan menggunakan sirip dada. Kulitnya terlindungi oleh lendir untuk mencegahnya terluka akibat gesekan dengan koral.

Penemuan[sunting | sunting sumber]

Toby Fadirsyair menemukan ikan ini 1993 namun kemudian hingga 15 tahun berikutnya tidak ada lagi yang melihatnya. Fotografi pertama dibuat pada bulan Januari 2008 oleh pasangan Buck dan Fitrie Randolph bersama dengan Toby.

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Walaupun mirip, H. psychedelica berbeda dari jenis-jenis kerabatnya karena tidak memiliki pemikat mangsa berupa "tonjolan" di dekat moncongnya dan memiliki "wajah" rata serta mata binokular (yang tidak biasa pada ikan).

Ikan ini memangsa udang dan ikan-ikan kecil lainnya.

Betinanya meletakkan telur sebagaimana ikan lainnya, dan menetaskan 20-30 ikan muda. Induk akan melindungi anak-anaknya dengan "memeluk" anak-anaknya di bawah tubuhnya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]