Lompat ke isi

Hiroshi Ismael

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Hiroshi Ismael
イシュマエルヒロシ
Wakil Presiden Federasi Mikronesia ke-3
Masa jabatan
11 Mei 1987 – 11 Mei 1991
PresidenJohn Haglelgam
Sebelum
Pendahulu
Bailey Olter
Pengganti
Jacob Nena
Sebelum
Informasi pribadi
Lahir30 November 1936
Kosrae, Kekaisaran Jepang
Meninggal31 Juli 2008(2008-07-31) (umur 71)
Kosrae, Mikronesia
KebangsaanFederasi Mikronesia Mikronesia
Partai politikIndependen
Suami/istriMitchigo Skilling
Anak6
ProfesiPolitikus
Sunting kotak info
Sunting kotak info • L • B
Bantuan penggunaan templat ini

Hiroshi Ismael (30 November 1936 – 31 Juli 2008) adalah politisi asal Mikronesia yang pernah menjabat Wakil Presiden Negara Federasi Mikronesia ketiga menggantikan Bailey Olter sejak 11 Mei 1987 sampai 11 Mei 1991 mendampingi John Haglelgam sebagai presiden.

Ismael lahir di Kosrae, namun dibesarkan di Pohnpei, tempat bersekolah Ismael.

Karier[sunting | sunting sumber]

Ismael menjadi Wakil Presiden ketiga Negara Federasi Mikronesia (FSM) pada Mei 1987, posisi yang dipegangnya hingga tahun 1991. Dia kembali ke negara asalnya, Kosrae, setelah meninggalkan pekerjaannya, di mana dia ingin menjalani kehidupan bertani, membaca buku, dan pergi ke gereja. Hanya setelah dia diminta oleh beberapa politisi lokal dia kembali ke politik, tetapi hanya pada posisi penasehat kemudian Gubernur Kosrae. Dengan memiliki banyak keinginan untuk berkontribusi dalam bidang-bidang di mana ia memiliki begitu banyak pengalaman, ia pergi ke bidang medis, tetapi hanya untuk membantu dengan sisi administrasi dan dengan demikian diangkat oleh Gubernur Kosrae sebagai Direktur Departemen Kesehatan. Selain itu, ia juga menjadi Pendeta yang melayani di gereja Utwe. Dia adalah pria sederhana yang sangat mencintai ayam gorengnya dan biji-bijian Cina.

Pensiun dan meninggal dunia[sunting | sunting sumber]

Selesai menjabat wakil presiden, Ismael kembali ke Kosrae dengan bertani, membaca buku dan beribadah ke gereja sebagai aktivitas sehari-hari.

Ketika dia menemukan bahwa dia menderita kanker dia pergi ke Filipina untuk perawatan, setelah menyadari perawatan yang mengambil korban padanya, dia memutuskan untuk kembali ke rumah dan menghabiskan sisa hidupnya bersama keluarganya. Beberapa jam terakhirnya dihabiskan bersama istri, anak perempuan dan cucu-cucunya. Istrinya berkata bahwa "dia pergi dengan senyum di wajahnya". Hiroshi Ismael adalah orang yang sangat rendah hati yang hanya menginginkan apa yang baik bagi orang-orang Kosrae dan FSM dan dia menjalani kehidupannya dengan memberi contoh.

Ismael meninggal dunia pada 31 Juli 2008 di kediamannya di Kosrae dengan usia 71 tahun.

Pemerintah Mikronesia merilis pernyataan untuk penghormatan terakhir kepada Ismael atas jasanya kepada negara setelah beliau meninggal dunia, tepatnya pada 1 Agustus 2008: