Hipernasalitas

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Hipernasalitas
(Hiper-sengauan)
Kavitas hidung (Nasal) dan mulut/lisan (Oral) dengan katup velofaringeal yang ditandai biru
Hipernasalitas velofaringal
ʩ
Simbol untuk hipernasalitas velofaringal dalam extIPA
Informasi umum
Nama lainHyperrhinolalia, sengauan terbuka, rhinolalia aperta
Pelafalan

Pengucapan Hipernasalitas atau Hiper-sengauan (Inggris: Hypernasality /ˈhpə.nˈzælɪt/) merupakan kelainan yang menyebabkan resonansi tidak biasa pada suara manusia dikarenakan meningkatnya aliran udara yang melalui hidung disaat berbicara. Kelainan ini disebabkan oleh kavitas hidung yang terbuka sehingga menyebabkan penutupan tidak sempurna pada langit-langit lunak dan/atau katup velofaringal. Sedangkan dalam keadaan normal, sengauan dianggap sebagai penyengauan dan juga merupakan bentuk perubahan suara baik dalam konsonan maupin vokal dalam beberapa bahasa. Takaran fisik yang menjadi penentuan derajat sengauan dalam pengucapan normal adalah pembukaan dan penutupan katup velofaringal antara pita suara dan saluran oral dengan saluran hidung. Dalam anatomi saluran suara yang normal, pembukaan katup ini digerakkan dengan menaikkan atau menurunkan velum atau langit-langit lembut.

Anatomi[sunting | sunting sumber]

Langit-langit mulut terdiri atas dua bgaian, yakni: langit-langit keras (palatum durum) dan langit-langit lembut (palatum molle), yang tersambung dengan tekak (uvula). Gerakan dari langit-langit lembut dan tekak dihasilkan dari otot velofaringeal. Saat berbicara atau menelan sesuatu, langit-langit terangkat dan berlawanan arah dengan dinding tenggorokan, sehingga saluran rongga hidung akan tertutup. Sedangkan jika otot langit-langit lembut mengalami relaksasi, maka mulut menghasilkan suara sengauan (seperti "m", "n", dan "ng"), dikarenakan aliran udara dapat melewati rongga-hidung

Juga terdapat saluran Eustasius yang menghubungkan telinga tengah dan faring sengauan dengan satu lubang keluarnya terletak didekat otot velofaringal. Biasanya, saluran ini digunakan sebagai jalan aerasi dan drainase (atau sekresi) dari telinga tengah. Lubang ini terbuka saat menelan ataupun menguap, juga dibuka ataupun ditutup oleh tensor veli palatini dan levator veli palatini (otot langit-langit lembut). Anak-anak dengan kelainan langit-langit mulut sumbing (keadaan dimana langit-langit mulut "terbelah") memiliki kesulitan mengendalikan otot-otot di area ini dan juga tidak bisa untuk membuka saluran Eustasius. Ini juga akan menyebabkan kotoran yang terdapat dan bertumpuk di telinga tengah dan menyebabkan disfungsional untuk waktu yang lama, dan kemudian dapat berdampak pada kehilangan pendengaran dan infeksi telinga tengah. Dampak yang paling parah dari kehilangan ataupun gangguan pendengaran adalah perkembangan pengucapan dan berbahasa yang tidak sempurna.[1][2]

Penyebab[sunting | sunting sumber]

Ilustrasi kelainan langit-langit sumbing

Istilah umum untuk kelainan pada katup velofaringal adalah disfungsi velofaringal atau velopharyngeal dysfunction (VPD). Istilah ini mencangkup tiga kelainan, yakni: ketidakcukupan velofaringal, ketidakcakapan velofaringal, dan kesalahan gerakan velofaringal.

  • Ketidakcukupan velofaringal (Velopharyngeal insufficiency) dapat disebabkan oleh kelainan anatomikal dari tenggorokan. Kelainan ini terjadi pada anak anak dengan bekas ataupun pernah mengalami langit-langit sumbing atau celah submukosa, sehingga memiliki vela yang pendek ataupun abnormal. Ketidakcukuoan juga dapat terjadi setelah adanya

adenoidektomi.

  • Ketidakcakapan velofaringal (Velopharyngeal incompetence) merupakan penutupan katup velofaringal yang kurang tepat dikarenakan oleh kurangnya kecepatan dan presisi. Kelainan ini biasanya disebabkan oleh kelainan pada sistem neurologis ataupun karena cidera (sebagai contoh, cerebral palsy atau cidera traumatik pada otak).
  • Terkadang anak-anak yang tidak memiliki kelainan pada anatominya masih memiliki hipernasal, ini biasanya disebabkan oleh kesalahan gerakan velofaringal, yang mengindikasikan bahwa anak tersebut kemungkinan telah menirukan atau tidak pernah belajar bagaimana cara menggunakan katup tersebut secara benar.[3][4]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Specifieke informatie over schisis per type schisis" [Specific information on each type of cleft lip and palate cleft] (dalam bahasa Belanda). Nederlandse Vereniging voor Schisis en Craniofaciale Afwijkingen. 2012. Diakses tanggal 20 May 2012. 
  2. ^ Stegenga, B.; Vissink, A.; Bont, L.G.M. de (2000). Mondziekten en kaakchirurgie [Oral and Maxillofacial Surgery] (dalam bahasa Belanda). Assen: Van Gorcum. hlm. 388. ISBN 9789023235002. 
  3. ^ Kummer, Ann W. "Speech Therapy for Cleft Palate or Velopharyngeal Dysfunction (VPD)" (PDF). Cincinnati Children's Hospital Medical Center. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 2012-04-05. 
  4. ^ Biavati, Michael J.; Sie, Kathleen; Wiet, Gregory J. (2 September 2011). "Velopharyngeal Insufficiency". Medscape Reference. WebMD LLC. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Klasifikasi