Hiperbola (geometri)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Hiperbola adalah kurva terbuka dengan dua cabang, irisan pada bidang dengan kedua bagian kerucut ganda. Bidang tidak harus sejajar dengan sumbu kerucut, karena hiperbola akan selalu simetris.
Hiperbola sebagai garis deklinasi pada jam matahari.

Dalam matematika, hiperbola adalah jenis kurva yang ada di sebuah bidang mulus, yang didefinisikan dengan sifat-sifat geometrisnya atau dengan persamaan yang merupakan kumpulan dari solusinya. Hiperbola memiliki dua bagian yang disebut komponen terhubung atau cabang, dengan dua bagian tersebut merupakan cerminan dari satu sama lain serta menyerupai dua busur yang tak terhingga. Selain itu, hiperbola adalah salah satu dari tiga jenis irisan kerucut, yang dibentuk oleh irisan dari sebuah bidang dan sebuah kerucut ganda. (Bagian kerucut lainnya adalah parabola dan elips. Lingkaran adalah kasus khusus dari elips.) Jika bidang memotong kedua bagian kerucut ganda tetapi tidak melewati puncak kerucut, maka kerucut itu adalah sebuah hiperbola.

Hiperbola dapat diartikan dalam berbagai hal, di antaranya:

dan seterusnya.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ (Oakley 1944, hlm. 17)

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Kazarinoff, Nicholas D. (2003), Ruler and the Round, Mineola, N.Y.: Dover, ISBN 0-486-42515-0 
  • Oakley, C. O., Ph.D. (1944), An Outline of the Calculus, New York: Barnes & Noble 
  • Protter, Murray H.; Morrey, Charles B., Jr. (1970), College Calculus with Analytic Geometry (edisi ke-2nd), Reading: Addison-Wesley, LCCN 76087042