Hidangan Oseania

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Hidangan Oseania termasuk yang ditemukan di Australia, Selandia Baru, dan New Guinea, dan juga masakan dari banyak pulau atau kelompok pulau lainnya di seluruh Oseania.

Karena wilayah Oseania terdiri dari pulau-pulau, makanan laut merupakan makanan utama, dengan sayuran seperti kentang, ubi jalar, taro dan ubi menjadi pati utama. Kelapa, dan produk turunannya seperti santan, minyak kelapa dan gula kelapa, merupakan bahan penting di daerah tropis Oseania.

Salah satu gaya memasak yang paling khas di seluruh Oseania adalah oven tanah, sebuah metode yang melibatkan meletakkan makanan di atas batu panas dan menguburnya di dalam tanah. Teknik ini berasal dari Papua Nugini dan kemudian disebarkan oleh pelaut Austronesia.

Australia[sunting | sunting sumber]

Selain oleh iklim dan ketersediaan hasil bumi, masakan Australia telah dipengaruhi oleh selera para pemukim di Australia.[1] Pada masa kolonial, Inggris membangun basis minat yang kuat pada resep dan metode gaya Anglo-Celtic. Pengaruh selanjutnya berkembang dari imigrasi multikultural, termasuk Cina, Jepang, Indonesia, Thai, dan Vietnam. Hidangan Mediterania pengaruh dari Hidangan Yunani, Hidangan Italia, dan pengaruh kuat Hidangan Lebanon, juga pengaruh dari Hidangan Prancis, Hidangan India, Hidangan Spanyol, dan Hidangan Turki, Hidangan Jerman, dan Hidangan Afrika. Masakan daerah Australia biasanya menggunakan sayuran yang ditanam secara lokal berdasarkan ketersediaan musiman, dan Australia juga memiliki daerah penghasil buah yang luas. Varietas apel Granny Smith berasal dari Sydney, Australia pada tahun 1868.[2] Di negara bagian selatan Victoria dan Australia Selatan, khususnya Barossa Valley, anggur dan makanan mencerminkan tradisi dan warisan kawasan ini.[3] Iklim Australia menjadikan Barbeku hal yang biasa. Kios barbekyu yang menjual sosis dan bawang goreng di roti putih dengan tomat atau saus barbekyu adalah hal biasa.

Melanesia[sunting | sunting sumber]

Mikronesia[sunting | sunting sumber]

Polinesia[sunting | sunting sumber]

Hidangan Polinesia mencakup praktik kuliner di Polinesia, area yang secara khusus didefinisikan sebagai Segitiga Polinesia dan kadang-kadang deisebut juga Polinesia outlier yang telah diselesaikan oleh pelaut Polinesia. Wilayah Polinesia yang luas memiliki pengaruh besar pada masakan itu sendiri, berbeda karena iklim, geografi, dan beberapa kelompok pulau tetangga, seperti praktik pemanenan dan perebusan getah kelapa di atol dari Orang Mikronesia atau pemanenan dan pengolahan Sagu di luar Melanesia. Masakan Polinesia telah dipengaruhi oleh bahan-bahan tradisional dan olahan orang Polinesia, serta Eropa, Asia dan Amerika. Masakan Polinesia telah mempengaruhi Hidangan Malagasi.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Templat:Cuisine