Hernia Ventralis

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Sel tumor yang dianggap hernia ventralis

Hernia ventralis adalah keadaan dimana terdapat tonjolan yang berasal dari dinding perut, seringkali pada bagian tengahnya.[1] Namun, dapat terjadi pada setiap lokasi di dinding perut. [1] Seringkali disebut pula hernia insisional karena sering terbentuk pada bagian sayatan pasca operasi dimana kulit telah menjadi lemah atau tipis. [1] Jaringan perut atau bagian dari usus dapat mendorong melalui daerah melemah ini, menyebabkan rasa sakit dan komplikasi yang berpotensi serius.[2] Hernia ventralis adalah jenis hernia abdominal.[2] Hernia abdominal dapat berkembang sebagai cacat saat lahir, akibat dari penutupan lengkap dari bagian dari dinding perut, atau terjadi ketika sayatan pasca operasi tidak sembuh dengan baik.[2] Orang-orang tertentu dilahirkan dengan cacat bawaan (sudah ada sejak lahir), menyebabkan dinding perut secara alami tipis. [1] Mereka berada pada risiko lebih besar untuk mengalami hernia ventral.[1] Faktor risiko lain diantaranya kehamilan, obesitas , riwayat hernia sebelumnya, luka pada daerah usus, riwayat keluarga hernia, mengangkat atau mendorong benda berat.[1]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d e f (Inggris) Lydia Krause (2012). "Ventral Hernia". Diakses tanggal June 27 2014.  Periksa nilai tanggal di: |accessdate= (bantuan)
  2. ^ a b c (Inggris) "Ventral Hernia". UCSF Medical Center. Diakses tanggal June 27 2014.  Periksa nilai tanggal di: |accessdate= (bantuan)