Hermawan Saputra

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Hermawan Saputra
Hermawan Saputra Bima NTB
Lahir24 Mei 1983 (umur 40)
Bima, Bima, NTB
Tempat tinggalKota Depok, Jawa Barat
KebangsaanIndonesia
PekerjaanDosen dan Praktisi Kesehatan
OrganisasiKetua Umum Terpilih PP IAKMI

Dr. Hermawan Saputra, SKM., MARS., CICS (lahir 24 Mei 1983 di Bima, Nusa Tenggara Barat) adalah seorang akademisi, pakar bidang kesehatan dan pengamat kebijakan kesehatan Indonesia. Ia merupakan Ketua Umum Terpilih Pengurus Pusat Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) Periode 2022 - 2026 dan. Disamping itu Hermawan Saputra merupakan Praktisi Manajemen Perumahsakitan dan aktif di Perhimpunan Manajer Pelayanan Kesehatan Indonesia. dan aktif sebagai Dosen Pascasarjana Universitas Prof. Dr. Hamka [1] Diarsipkan 2013-07-11 di Wayback Machine.

Secara Akademis, Hermawan menempuh pendidikan formal (S1, S2 dan S3) di Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Indonesia, dan aktif sebagai Dewan Pakar pada Ikatan Alumni Program Manajemen Administrasi Rumah Sakit Universitas Indonesia (IKAMARS-UI). Sementara pendidikan nonformal ditempuhnya untuk Hospital Management Program by Johnson & Johnson and CHAMPS UI di Singapura serta Certified International Communication Specialist (CICS) dari American Academy Diarsipkan 2021-01-16 di Wayback Machine., Amerika Serikat.

Kehidupan[sunting | sunting sumber]

Hermawan Saputra aktif di berbagai kegiatan sosial dan keagamaan seperti pembina di Yayasan Kesehatan Reproduksi Perempuan Diarsipkan 2020-06-17 di Wayback Machine., Pembina di Yayasan Amal Rabbani Insan Sejahtera, dan merupakan salah satu inisiator pendirian Pondok Tahfiz Quran di Depok, Jawa Barat bersama ustadz Ahmad Yasin, SQ Imam Masjid Universitas Indonesia asal desa Bolo Kecamatan Madapangga Kabupaten Bima. PTQ ini adalah tempat Syamsuri Firdaus mondok untuk belajar, melatih, menghafal, dan mengaji sebelum mengikuti MTQ Internasional di Turki yang mengantarkanya sebagai sang juara yang membanggakan masyarakat Indonesia dan masyarakat Bima pada khususnya . Hermawan juga merupakan konseptor yang memberikan gasasan dan konsep manajemen dalam membangun PTQ[1] hingga bisa maju seperti sekarang dengan memiliki sekitar 700 orang santri.

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. Hermawan S, Siti HW. Mahasiswa Pascasarjana Uhamka Tingkatkan Peran Kader Paguyuban TBC: Penyuluhan Kesmas. 2019.[2]
  2. Ede SD, Habsyi H, Syarif S, Budi H, Hermawan S, Widiatmoko D, Dumilah A. Indonesia Menghadapi Pandemi Virus Corona (COVID-19): Seruan Kesiagaan. Kesehatan. Maret 2020.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]