Hermann I dari Meissen

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Hermann I
Markgraf Meissen
Potret penyumbang di Katedral Naumburg
PasanganRegelindis
Keluarga bangsawanWangsa Ekkehard
BapakEkkehard I dari Meissen
IbuSwanehilde dari Wangsa Billung
Lahirskt. 980
Meninggal1 November 1038

Hermann I (meninggal tahun 1038) merupakan seorang Markgraf di Meissen dari tahun 1009 sampai kematiannya. Ia merupakan putra sulung Ekkehard I dari Meissen dan Swanehilde.[1]

Hermann dan Regelindis

Hermann (tahun 1002 atau tahun 1003) menikah dengan Regelindis, putri Bolesław I sang Pemberani. Pada tahun 1007, ia dilantik sebagai Comte Bautzen. Ia dan saudaranya Ekkehard II berseteru dengan pamanda mereka Gunzelin di dalam apa yang merupakan salah satu perang saudara di Jerman yang terburuk yang terjadi di abad ke-11. Pertikaian itu mengenai "penghinaan karena telah menghancurkan tempat tinggal yang dibentengi."

Ketika Gunzelin dipecat pada bulan Agustus 1009, Hermann dilantik untuk menggantikannya. Ia memiliki hubungan yang lebih baik dengan Heinrich II, Kaisar Romawi Suci daripada dengan Gunzelin, bahkan saudaranya, Ekkehard, terlalu bersahabat dengan Polandia untuk menyukai Heinrich (tahun 1013). Pada tahun 1029, ia dilantik menjadi Comte di Hassegau yang berdekatan dengan Gau Chutizi di Perbatasan Merseburg. Ia mengirimkan pasukan melawan Mieszko II Lambert untuk merebut kembali wilayah Polandia yang dikuasai, disegel oleh Perjanjian Merseburg pada tahun 1033. Hermann juga berperang melawan Thüringen, Comte Wilhelm III dari Weimar, dan berseteru dengan Uskup Thietmar dari Merseburg. Pada tahun-tahun berikutnya, ia meninggalkan pemerintahan kepada adiknya, Ekkehard II, yang menggantikannya setelah kematiannya pada tahun 1038.

Sumber[sunting | sunting sumber]

  • Reuter, Timothy. Germany in the Early Middle Ages 800–1056. New York: Longman, 1991.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Reuter, 194.
Hermann I dari Meissen
Wangsa Ekkehard
Lahir: skt. 980 Meninggal: 1 November 1038
Didahului oleh:
Gunzelin
Markgraf Meissen
1009–1038
Diteruskan oleh:
Ekkehard II