Hermann Carl Vogel

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Hermann Carl Vogel
Vogel Hermann Carl.jpg
Hermann Carl Vogel
Lahir3 April 1841
Leipzig, negara bagian Saxony.
Meninggal13 Agustus 1907
Potsdam, German Empire
KebangsaanJerman
Dikenal atasAstronomical spectroscopy
Karier ilmiah
BidangAstronomi
InstitusiObservatorium Potsdam

Hermann Carl Vogel (3 April 184113 Agustus 1907) adalah seorang astronom Jerman. Dia dilahirkan di Leipzig, negara bagian Saxony.

Dia adalah salah seorang pionir penggunaan spektroskop dalam astronomi, dan menggunakan istrumen ini dalam menganalisis atmosfer planet-planet dalam tata surya. Ia adalah orang pertama yang menentukan periode rotasi Matahari dengan menggunakan pergeseran Doppler.

Pada 1882 ia menjadi direktur Observatorium Potsdam. Pada 1890 ia menemukan bahwa garis-garis spektrum beberapa bintang bergeser sedikit ke arah merah dan ke arah biru secara periodik, sepanjang waktu. Interpretasi dari hasil ini adalah bahwa bintang tersebut bergerak mendekati dan kemudian menjauhi Bumi, dan pergeseran garis-garis spektrum adalah hasil dari pergeseran Doppler. Bintang-bintang ini diyakini mengorbit titik pusat massa yang tidak terlihat, dan oleh karenanya merupakan sebuah sistem bintang ganda. Karena bintang pasangannya tidak dapat 'terpisahkan' oleh teleskop, maka sistem bintang ganda seperti ini disebut sebagai bintang ganda spektroskopik.

Dengan menentukan periode pergeseran Doppler bintang Algol, ia membuktikan bahwa bintang tersebut adalah sebuah sistem bintang ganda; jadi, Algol adalah bintang yang pertama kali diketahui sebagai bintang ganda spektroskopik (dan memang kenyataannya Algol adalah sebuah bintang ganda gerhana).

Bacaan lanjutan[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]