Henry dari Battenberg

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Pangeran Henry
Prince Henry of Battenberg.jpg
Lahir(1858-10-05)5 Oktober 1858
Milan, Lombardia–Venesia
Wafat20 Januari 1896(1896-01-20) (umur 37)
HMS Blonde, dekat Sierra Leone
Pemakaman5 Februari 1896
KeluargaBattenberg
Nama lengkap
Henry Maurice Battenberg
AyahPangeran Aleksander dari Hessen dan Rhein
IbuComtesse Julia Hauke
PasanganBeatrice dari Britania Raya (k. 1885)
AnakAlexander Mountbatten, Bangsawan Carisbrooke ke-1
Victoria Eugenie, Ratu Spanyol
Lord Leopold Mountbatten
Pangeran Maurice dari Battenberg
PekerjaanMiliter

Pangeran Henry dari Battenberg KG PC (Henry Maurice; bahasa Jerman: Heinrich Moritz; lahir 5 Oktober 1858 – meninggal 20 Januari 1896 pada umur 37 tahun) adalah seorang keturunan morganatik dari Wangsa Keharyapatihan Hessen, kemudian menjadi anggota Keluarga kerajaan Inggris, melalui pernikahannya dengan Putri Beatrice.

Kehidupan awal[sunting | sunting sumber]

Henry lahir pada tanggal 5 Oktober 1858 di Milan, Lombardia–Venesia. Ayahandanya adalah Pangeran Aleksander dari Hessen dan Rhein, putra ketiga dan anak keempat dari Adipati Agung Ludwig II dari Hessen dan Wilhelmine dari Baden. Ibundanya adalah Comtesse Julia Hauke.

Pernikahan orangtuanya adalah morganatik, dan Julia tidak dianggap sebagai istri sah seorang pangeran dari sebuah wangsa yang memerintah dan hanya menjadi Comtesse. Karena itu, pada saat ia lahir, Henry tidak memiliki gelar atau nama ayahandanya, dan bergelar Yang Mulia terkemuka Comte Henry (Heinrich) Maurice dari Battenberg. Saat ibunda Henry diangkat menjadi Putri Battenberg dan diberi gelar Yang Mulia Tinggi oleh kakanda Aleksander, Ludwig III dari Hessen-Darmstadt, Henry dan saudara-saudaranya berbagi pangkat baru ibunda mereka. Ia menjadi Yang Mulia Tinggi Pangeran Henry dari Battenberg, meskipun ia masih dianggap belum layak menjadi pewaris takhta Hessen atau menerima tunjangan dari Civil list.

Pangeran Henry meraih pendidikan militer dan memegang komisi sebagai letnan dalam Resimen Rhenish Hussars ke-1 dalam Angkatan Darat Prusia. Ia bertugas dalam Gardes du Corps Prusia dan juga Kolonel Kehormatan Resimen Infanteri Bulgaria ke-1,[1] dimana saudaranya Aleksander menjadi Pangeran.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "No. 26712". The London Gazette. 17 February 1896. hlm. 955. 
Gelar kehormatan
Didahului oleh:
Charles Shaw-Lefevre
Gubernur Pulau Wight
1889–1896
Diteruskan oleh:
Putri Beatrice