Henri d'Eu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Henri I
Comte Eu
PasanganMathilde (keluarganya tidak diketahui),
Hermentrude (keluarganya tidak diketahui),
Marguerite de Sully, putri Guillaume, Comte Sully
Anak
Jean d'Eu dan Lord Hastings, Béatrice d'Eu, Mathilde (Mahout) dari Eu (†1153), Stephen (Etienne) dari Eu (†set. 1140)
Gelar
Lord Hastings
BapakGuillaume II dari Eu
IbuHelisende d'Avranches, saudari Hugues d'Avranches
Lahirskt. 1075
Meninggal12 Juli 1140

Henri I, Comte Eu dan Lord Hastings (skt. 1075-12 Juli 1140) merupakan putra Guillaume II, Comte Eu, dan istrinya Helisende d'Avranches, saudari Hugues d'Avranches, Earl Chester. Henri adalah keturunan Richard I, Adipati Normandie. Ayahandanya meninggal pada tahun 1096, setelah memberontak melawan Raja William II dari Inggris.

Sebagai putra sulung, Henri menggantikan Guillaume sebagai Comte Eu dan Lord Hastings. Pada tahun 1101, ia mendukung Adipati Robert Curthose melawan saudaranya Henri Beauclerc yang baru saja merebut takhta Inggris. Robert meninggalkan Le Tréport, domain county Eu, untuk menyerang Inggris. Orderic Vitalis melaporkan bahwa pada tahun 1104, ketika masih di Normandie, Henri tunduk kepada raja Inggris. Dia berjuang untuk raja di Pertempuran Tinchebray pada tahun 1106, di mana Adipati Robert ditawan, untuk tetap di penahanan selama sisa hidupnya.

Henri bergabung dengan Guillaume Cliton, putra Adipati Robert, dalam koalisi yang terdiri dari Baudouin V dari Flandria, Foulques V dari Anjou, dan Louis VI. Pada tahun 1117, Henri dan Hugues de Gournay ditangkap di Rouen oleh Henry I.[1] Atas janji perilaku yang baik dan atas permintaan William de Warenne, mereka dibebaskan.[1] Namun demikian, Henri dan Hugues, bergabung dengan Étienne d'Aumale, memimpin pemberontakan di timur laut dan memberikan dukungan militer kepada Baudouin VI. Pemberontakan berakhir pada September 1118 di Pertempuran Bures-en-Brai, di mana Baudouin terluka parah. Henri kembali ke sisi Raja Henry I.[2]

Beberapa bulan kemudian, pada tanggal 20 Agustus 1119, Henri adalah salah satu dari beberapa baron yang menemani Raja Henry I ketika sebuah pertemuan pasukan Norman dan pasukan kerajaan Prancis memulai Pertempuran Brémule.[2] Prancis tersapu, dan Louis VI harus melarikan diri dan berlindung di benteng Les Andelys. Pada bulan berikutnya, ia mengambil bagian dalam pembelaan kota Breteuil, yang diserang oleh raja Prancis dan sekutunya Amaury III dari Montfort. Sekali lagi, Prancis dikalahkan. Pada tahun 1124, Guillaume dari Grandcourt, salah satu putra Henri, mengambil bagian dalam penyergapan di Bourgtheroulde. Dia menangkap Amaury III dari Montfort, tetapi memilih untuk meninggalkannya daripada menyerahkannya kepada Henry I. Pada tahun 1127, Henri kembali terang-terangan mendukung Guillaume Cliton.

Henri pertama-tama menikahi Mathilde dan kedua Hermentrude, keduanya berasal dari keluarga yang tidak dikenal. Pernikahan ketiganya dengan Marguerite de Sully, putri Guillaume, Comte Sully, dan istrinya Agnes. Henri dan Marguerite memiliki empat orang anak:

  • Jean, Comte Eu dan Lord Hastings
  • Béatrice d'Eu
  • Mathilde (Mahout) d'Eu (†1153)
  • Stephen (Etienne) dari Eu (†set. 1140).

Guillaume dari Grandcourt (†1150 atau setelah) juga merupakan putra Henri tetapi kemungkinan tidak sah.

Henri mendirikan biara Savignian di Foucarmont pada tahun 1129, yang sekarang dikenal sebagai La Fontaine Saint Martin. Henri memeluk kehidupan religius dengan menjadi kanon Augustin di Notre-Dame d'Eu. Kematiannya ditandai pada tanggal 12 Juli di obituari Biara Foucarmont, di mana dia dimakamkan.

Setelah kematian Henri, putra Jean menjadi Comte Eu dan Lord Hastings.

Sumber[sunting | sunting sumber]

  • Hollister, C. Warren (2001). Henry I. Yale University Press. 

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Hollister 2001, hlm. 248.
  2. ^ a b Hollister 2001, hlm. 249.