Henk Badings

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Henk Badings

Henk Badings (hĕngk bä'dĭngz) (17 Januari 1907 - 26 Juni 1987) adalah seorang komposer Belanda. Lahir di Bandung, Jawa, Hindia Belanda, sebagai anak dari Herman Louis Johan Badings, seorang perwira militer Hindia Belanda, Badings menjadi seorang yatim piatu pada usia dini. Setelah kembali ke Belanda, keluarganya mencoba menghalangi dia dari belajar musik, dan dia terdaftar di Delft Polytechnic Institute (kemudian Technical University). Dia bekerja sebagai insinyur pertambangan dan paleontologi di Delft sampai 1937, setelah itu ia mengabdikan sepenuh hidupnya untuk musik. Meskipun sebagian besar otodidak, ia menerima beberapa saran dari Willem Pijper, sesepuh komposer Belanda pada saat itu, tetapi pandangan musik mereka berbeda secara luas dan setelah Pijper telah berusaha untuk mencegah Badings dari melanjutkan sebagai seorang komposer, Badings memutuskan kontak.

Pada tahun 1930 Badings mendapatkan keberhasilan awal musiknya yang besar ketika konserto cello pertamanya (akhirnya ia menulis kedua) dilakukan di Concertgebouw, Amsterdam. Karyanya setara dengan konduktor terkenal seperti Eduard van Beinum dan Willem Mengelberg. Dia mengajar di banyak tempat, misalnya di Musikhochschule Stuttgart dan Universitas Utrecht. Karena dituduh setelah Perang Dunia Kedua bekerja sama dengan pasukan pendudukan Nazi, ia sempat dilarang dari kegiatan musik profesional, tetapi pada tahun 1947 ia telah kembali.

Badings menggunakan skala dan harmoni musik yang tidak biasa (misalnya, skala octatonic), ia juga menggunakan skala deret harmonik dari nada kedelapan sampai kelima belas. Seorang seniman yang produktif, ia telah menghasilkan lebih dari seribu buah karya pada saat kematiannya. Dia meninggal di Maarheeze pada tahun 1987.

Karya-karyanya meliputi empat belas simfoni, dua string kuartet, beberapa konser, ruang musik, dan musik insidental.

Baru-baru ini, tertarik dengan musik Badings yang telah berkembang; label Jerman, CPO telah berkomitmen untuk merekam seluruh orkestra oeuvre Badings, dan Festival Badings diadakan di Rotterdam pada bulan Oktober 2007.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]