Hendrik Petrus Berlage

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Hendrik Berlage)

Hendrik Petrus Berlage
Foto hitam putih Hendrik Petrus Berlage
Lahir(1856-02-21)21 Februari 1856
Amsterdam, Belanda
Meninggal12 Agustus 1934(1934-08-12) (umur 78)
Den Haag, Belanda
KebangsaanBelanda
AlmamaterETH Zurich
PekerjaanArsitek
Suami/istriMaria Bienfait
AnakCornelis Berlage
Cornelia Berlage
Hendrik Petrus Berlage
Anna Catharina Berlage
Marie Berlage
Orang tuaNicolaas Willem Berlage
Anna Catharina Bosscha
GedungBeurs van Berlage (1903)
Jachthuis Sint-Hubertus (1920)
Kunstmuseum Den Haag (1935)
ProyekPlan Zuid (1915)
Beurs van Berlage di Amsterdam
Kunstmuseum Den Haag
Jachthuis Sint-Hubertus, Taman Nasional Hoge Veluwe

Hendrik Petrus Berlage (21 Februari 1856 – 12 Agustus 1934) adalah arsitek terkemuka Belanda.

Kehidupan dan karya[sunting | sunting sumber]

Hendrik Petrus Berlage merupakan putera Nicolaas Willem Berlage dan Anna Catharina Bosscha.[1] Sang ibu merupakan keponakan Johannes Bosscha, guru besar ilmu pengetahuan alam yang mengajar di Polytechnische School te Delft.

HP. Berlage belajar arsitektur di Eidgenössische Technische Hochschule Zürich antara tahun 1875-1878, dan setelah itu bepergian secara ekstensif selama 3 tahun ke seluruh Eropa. Pada tahun 1880-an, ia membentuk kemitraan di Belanda dengan Theodorus Sanders, yang memproduksi proyek praktis dan utopis. Sebagai pengarang, Berlage memegang keanggotaan di berbagai perhimpunan arsitektur, termasuk CIAM I.

Berlage dipengaruhi oleh arsitektur tembok Neo-Romawi karya Henry Hobson Richardson dan kombinasi struktur besi yang terlihat dengan bata di Kastil Tiga Naga karya Lluís Domènech i Montaner. Pengaruh ini terlihat dalam rancangannya untuk Beurs van Berlage, di mana ia juga mengambil gagasan Eugène Viollet-le-Duc. Dinding bata terbuka yang tebal dan gagasan keunggulan ruang dan dinding sebagaj pencipta bentuk, akan menjadi asas penyusun 'Hollandse Zakelijkheid'.

Kunjungan Berlage ke Amerika Serikat pada tahun 1911 sangat mempengaruhi gaya arsitekturnya. Sejak inilah, arsitektur organik karya Frank Lloyd Wright memberi pengaruh yang bermakna. Kuliah-kuliah yang disampaikannya saat kembali ke Eropa akan membantu menyebarkan pemikiran Wright di Kekaisaran Jerman.

Penugasan luar negeri yang menonjol adalah Holland House (1916),[2] dibangun sebagai kantor perusahaan perkapalan Belanda di Bury Street, City of London (belakang 30 St Mary Axe (2003) Norman Foster).[3]

Dianggap sebagai "bapak arsitektur modern" di Belanda dan penjembatan antara tradisionalis dan modernis, teori Berlage mengilhami sebagian besar kelompok arsitektur Belanda pada tahun 1920-an, termasuk Tradisionalis, Mazhab Amsterdam, De Stijl and Obyektivis Baru.

Pada tahun 1923, Berlage memulai perjalanan ke Hindia-Belanda, di mana ia memberi kuliah dan saran untuk bangunan kotamadya. Di Batavia (kini Jakarta), ia memberikan saran untuk perbaikan bangunan yang ada dan rencana perluasan kota.[4]

Ia menerima British Royal Gold Medal dari Royal Institute of British Architects pada tahun 1932. 2 tahun kemudian, Hendrik Petrus Berlage meninggal dunia. Salah satu puteranya, Hendrik Petrus Berlage, adalah astronom yang bekerja di Observatorium Magnet dan Meteorologi di Batavia, yang namanya diabadikan sebagai nama kawah di Bulan (Berlage).[5]

Peninggalan[sunting | sunting sumber]

Institut Berlage telah menjadi sekolah pascasarjana untuk arsitektur sejak tahun 1990.

Karya-karya Berlage sudah termasuk dalam koleksi publik Museum de Fundatie, Gemeentemuseum Den Haag, dan Museum Kröller-Müller.

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Heijden, Marien van der (5 February 2003). "Berlage, Hendrik Petrus". Biografisch Woordenboek van het Socialisme en de Arbeidersbeweging in Nederland. Lembaga Sejarah Sosial Internasional. Diakses tanggal 15 Februari 2020. 
  2. ^ "News & Views". 
  3. ^ Wittekind, Sarah. "1916: Holland House, London". 100 Buildings 100 Years. The Twentieth Century Society. Diakses tanggal 22 April 2016. 
  4. ^ ARCHITECTUUR & STEDEBOUW IN INDONESIË 1870/1970, Huib Akihary; penerbit De Walburg Pers, Zutphen, 1990; ISBN 90.6011.697.6
  5. ^ Data deskriptif kawah bulan dari United States Geological Survey. (klik di nama kawah) : "Gazetteer of Planetary Nomenclature - Moon Nomenclature: Crater, craters". Astrogeology Research Program, U.S. Geological Survey. Diakses tanggal 5 Agustus 2007. 

Bacaan lanjut[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]