Hemlocke

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search


HEMLOCKE
Sektor Fashion
Didirikan 9 September 2013
Markas

Gema Pesona Estate,

Depok, Jawa Barat
Produk

Hemlocke Sports Bag,

Hemlocke Tote Bag
Pemilik

Rizki Amanda Putra P.

Telly Ayuning A.

Gerry Widya G.

Gelda Sella M.

Hemlocke (dibaca: Hém-lok) merupakan sebuah brand lokal asal Bandung, Indonesia, yang pertama kali didirikan oleh Arbora Company pada tanggal 9 September, 2013. Arbora Company merupakan sebuah kelompok yang terdiri dari 11 mahasiswa School of Business and Management ITB angkatan 2012 (atau 2015 menurut sistem di SBM), termasuk di dalamnya Gelda Sella Monika yang pada akhirnya membeli merek Hemlocke dari kelompok tersebut. Pada awalnya, Arbora Company dibentuk untuk memenuhi tugas mata kuliah Integrated Business Experience (IBE) pada tingkat 2 di SBM ITB. Berbekal modal pinjaman dari bank, Arbora Company meluncurkan produk andalan mereka Hemlocke Sports Bag pertama kali ke pasaran pada Desember 2013.

Saat ini, Gelda bersama dengan ketiga kakaknya, Rizki Amanda Putra Prima, Telly Ayuning Astuti, dan Gerry Widya Ganesha, kembali mengembangkan merek tas Hemlocke ini terlepas dari Arbora Company, masih dengan tagline yang sama “it’s never too late”.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Untuk memfasilitasi mahasiswa S1 program Manajemen Bisnis dalam melakukan praktik bisnis yang nyata, School of Business and Management (SBM) ITB memberikan mata kuliah Integrated Business Experience (IBE) yang dirancang dalam 11 sks. IBE terdiri dari dari 2 tahap, di mana tahap pertama (IBE I) merupakan tahap pembuatan business plan, dan tahap selanjutnya (IBE II) merupakan tahap implementasi bisnis[1].

Dalam mata kuliah ini, mahasiswa dibagi dalam beberapa group yang disebut Company.  Pada tahun 2013 ketika para pendiri Hemlocke berkuliah sebagai mahasiswa tingkat 2, terdapat 11 company yang mengikuti mata kuliah ini,  salah satunya Arbora Company dengan Hemlocke sebagai produknya. Sama seperti Company lainnya, Arbora Company dipimpin oleh seorang CEO (Chief Executive Officer), dan memiliki 3 divisi utama yang dipimpin oleh COO (Chief Operation Officer), CMO (Chief Marketing Officer), dan CFO (Chief Financial Officer).

Setelah mata kuliah IBE berakhir pada Mei 2014, Arbora Company menjadi vakum dikarenakan kegiatan akademik yang semakin padat sehingga mereka tidak memiliki banyak waktu untuk fokus mengembangkan Hemlocke Sports Bag. Hingga pada tahun terakhir kuliah mereka ketika semua anggota telah menyelesaikan sidang tugas akhir, Arbora Company kembali berkumpul untuk membahas kelanjutan bisnis mereka.

Pada akhirnya, Gelda yang saat itu merupakan Marketing Officer Arbora Company, menawarkan untuk membeli merek Hemlocke untuk ia kembangkan sendiri bersama keluarganya. Pihak Arbora Company pun sepakat dan Hemlocke resmi dilepas dari produk Arbora Company sejak Oktober 2015.

Maka dari itu, kepengurusan pun berubah sepenuhnya di mana saat ini Gelda menjabat sebagai Marketing Director, Rizki sebagai Sales Director, Telly sebagai Finance Director, dan Gerry sebagai Operation Director. 

Arti Nama[sunting | sunting sumber]

Karena Arbora memiliki arti pohon (dari bahasa Latin), Arbora Company pun menamai produk-produk mereka dengan nama-nama pohon juga karena pohon merupakan tanaman yang sangat berharga bagi kehidupan. Maka dari itu, Hemlocke diambil dari kata Hemlock yang merupakan sejenis pohon cemara yang kayunya sering digunakan untuk membuat kertas dan bahan bangunan. Mereka ingin menjadikan Hemlocke sebagai produk yang solutif dan bermanfaat seperti pohon Hemlock yang bermanfaat dalam kehidupan manusia. 

Bidang Usaha[sunting | sunting sumber]

Hemlocke bergerak dalam bisnis fashion & lifestyle, khususnya tas. Produknya antara lain Hemlocke Sports Bag. Merupakan tas olahraga yang dilengkapi dengan tas sepatu serta tas baju kotor lengkap dengan toiletriesnya yang seluruhnya bisa dilepas pasang. Ide produk ini terlintas ketika melihat orang-orang yang pergi fitness (yang saat itu sedang booming di kalangan mahasiswa SBM ITB) dan berenang seringkali menggunakan plastik untuk memisahkan sepatu dan baju kotor mereka dari barang bawaan lainnya di dalam tas.

Pada awalnya, Hemlocke Sports Bag terbagi menjadi dua varian, yaitu jenis basic dan B2b (Business to business). Namun setelah berganti kepemilikan, Hemlocke B2b dihilangkan dan diganti menjadi Hemlocke Tote Back yang merupakan paduan dari bentuk tas tote bag dan back pack.

Tagline[sunting | sunting sumber]

“It’s never too late”

Dengan mengangkat tagline it’s never too late, Hemlocke berupaya menyampaikan pesan dan support untuk tidak pernah menyerah dengan kata terlambat dan tidak takut untuk melakukan sesuatu.


Referensi[sunting | sunting sumber]