Ellanodikai

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Hellanodikai)
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Ellanodikai[1] (bahasa Yunani Kuno: Ἑλλανοδίκαι secara harfiah berarti Hakim Yunani; bernyanyi. Ἑλλανοδίκας [2]) merupakan hakim Olimpiade Kuno, dan keberhasilan pertandingan dikaitkan dengan upaya mereka. Itu adalah tugas suci mereka untuk mempertahankan standar dan warisan dari pertandingan, serta menegakkan aturan.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Awalnya gelarnya adalah Agonothetai (yang berarti pengatur pertandingan), tetapi diubah ke Ellanodikai segera setelahnya.

Awalnya, hanya ada satu Ellanodikai, tetapi ini meluas, mencapai setinggi dua belas anggota dan kemudian menetap di sepuluh pada tahun 348 SM. Mereka mengawasi setiap peristiwa, dengan Ellanodikai senior sebagai pengawas.

Seleksi dan Pelatihan[sunting | sunting sumber]

Ellanodikai dipilih sendiri oleh orang-orang yang tinggal di wilayah Elis, karena Elis bertanggung jawab atas jalannya Olimpiade. Awalnya jabatan itu turun-temurun, tetapi ini diubah, dan seorang Elean dari masing-masing keluarga yang berkuasa dipilih sebagai Ellanodikai. Jabatan mereka hanya berlangsung selama satu Olimpiade, dan pemilu berlangsung untuk masing-masing pertandingan berikutnya.

Dalam sepuluh bulan sebelum pertandingan, Ellanodikai tinggal di sebuah bangunan yang dibuat khusus di Elis, yang disebut Ellanodikaion. Gedung ini dekat dengan gimnasium temapt para atlet berlatih mempersiapkan pertandingan. Saat tinggal di Ellanodikaion, mereka dilatih oleh para nomofilak (νομοφύλακες, yang berarti 'penjaga hukum') dalam aturan-aturan dan peraturan dari olimpiade.

Fungsi[sunting | sunting sumber]

Penilaian[sunting | sunting sumber]

Ellanodikai terkenal karena keadilan mereka, dan publik menjunjung tinggi mereka. Sementara penyuapan dan kecurangan di antara para atlet adalah hal yang biasa, hanya ada satu kasus korupsi yang tercatat di antara para hakim, di mana Ellanodikai memenangkan dua pertandingan berkuda. Untuk tetap tidak memihak, Ellanodikai tidak lagi diizinkan untuk berpartisipasi dalam pertandingan, dan ini tetap satu-satunya cela pada catatan mereka yang tidak sempurna.

Tugas lain untuk Ellanodikai adalah untuk mengawasi pelatihan para atlet, di mana mereka memilih mereka yang terlatih dengan baik, menolak mereka yang tidak tampil pada tingkat yang memuaskan. Pelatih untuk masing-masing atlet harus hadir, tetapi tidak dapat campur tangan atau mereka dihukum dengan benar. Mereka mengevaluasi setiap atlet pada perilaku, karakter dan moralitas, serta atribut yang lebih standar seperti kekuatan, stamina, dan resistensi. Mereka yang disetujui dimasukkan ke dalam daftar khusus yang disebut leukoma (λεύκωμα).

Ritual[sunting | sunting sumber]

Selain menjadi hakim dan wasit, Ellanodikai juga merupakan organisator umum, dan hadir di setiap upacara dan acara yang berlangsung, memiliki kehormatan mempersembahkan mahkota dan cabang-cabang palem kepada para pemenang. Mereka juga diharapkan untuk mengawasi pertandingan.

Dua hari sebelum pertandingan, para atlet yang memenuhi syarat meninggalkan Elis untuk Olympia, dalam prosesi yang dipimpin oleh Ellanodikai.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Ancient Judges (Hellanodikai)". Retrieved November 14, 2004.
  2. ^ Pindar, Olympian 3.12 Perseus Digital Library Project, Tufts University.