Helena Rubinstein

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Rumah kelahiran Helena Rubinstein

Helena Rubinstein (lahir di Kraków, 25 Desember 1870 – meninggal di New York City, 1 April 1965 pada umur 94 tahun) ialah seorang ratu kosmetik Amerika Serikat kelahiran Polandia.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Ia lahir di Kraków sebagai Chaja Rubinstein, yang saat itu merupakan ibu kota Kadipaten Agung Krakau, dalam wilayah Austria-Hongaria, pada tahun 1902 ia pindah ke Australia dan membuka toko di sana, lalu mengubah namanya menjadi Helena. Ia menggabungkan formula medis dan obat salep yang bahannya diklaim diambil dari Pegunungan Karpatia. Pada tahun 1908, ia pindah ke London, kemudian ke Paris pada tahun 1912, lalu ke New York City pada tahun 1914.

Sejak tahun 1917 Helena Rubinstein memproduksi dan memproduksi kosmetika dalam skala besar. Ia mendirikan Helena Rubinstein, Incorporated, dan menjadikannya sebagai salah satu wanita terkaya di dunia.

Tahun Awal[sunting | sunting sumber]

Helena lahir pada 25 Desember 1870 di Krakow, Polandia. Ayahnya memiliki sifat keras terhadap anak-anaknya, sehingga ibunya mempunyai trik tersendiri dalam membesarkan ke delapan anak perempuannya tersebut. Sang ibu memberitahu mereka bahwa nantinya mereka akan mempengaruhi dunia dengan kecantikan dan cinta. Sehingga, ia membuat sendiri produk berupa krim kecantikan.

Sebagai anak yang paling tua, Helena melalui kepintaran yang dimilikinya turut membantu ayahnya dalam hal pembukuan. Hal tersebut membuat sang ayah memaksanya untuk melanjutkan sekolah di bidang ilmu kedokteran. Helena sangat menyukai pekerjaan laboratorium namun tidak tertarik untuk bekerja di rumah sakit, ia pun diperbolehkan untuk mengakhiri pendidikannya selama dia setuju untuk menikah. Pada akhirnya, Helena menolak permintaan ayahnya tersebut.

Awal mula berbisnis di Australia[sunting | sunting sumber]

Ayah Helena tidak menyetujui keputusan anaknya untuk bersuami, sehingga ia pindah dari Polandia ke Australia untuk tinggal bersama pamannya. Sebelum kepergiannya, ia membawa selusin botol yang berisikan krim kecantikan buatan mamanya. Krim tersebut terbuat dari kombinasi rempah-rempah, kacang almond dan Ekstrak Carpathian dari pohon cemara. Krim tersebut banyak dipakai dan dikenal oleh para wanita di tempatnya sehingga Helena meminta ibunya untuk mengirimnya lagi.

Selain bekerja, krim yang dijual Helena kepada para wanita tersebut membuahkan hasil sehingga ia melanjutkan untuk menjual lebih banyak lagi. Jauh sebelum Helena berhasil membuka toko di Melbourne, ia bertemu dengan seorang jurnalis berkebangsaan Polandia-Amerika bernama Edward William Titus, dan menikah dengannya pada Juli 1908 di London. Bekerja selama 18 jam sehari, Helena mendapatkan banyak keuntungan dari penjualannya tersebut, dan di tahun 1905 ia melanjutkan pendidikannnya di bidang perawatan kulit di Eropa. Setelah dia menyelesaikan pendidikannya tersebut dan balik ke Australia, ia juga membawa saudara perempuan beserta Dr. Jacob Lykusky, yang membantu ibunya untuk membuat produk krim lainnya.

Membangun Kerajaan Bisnis[sunting | sunting sumber]

Di tahun 1908, Helena pergi ke London dengan membawa 100,000 poundestrling sebagai investasi untuk membuka bisnis, dan tidak sampai satu tahun ia berhasil membuka Rubinstein's Salon de Beaute Valaze. Dia kemudian membeli Paris Salon dan menyuruh adik perempuannya yaitu Pauline untuk menjalankan usahanya tersebut. Satu hal yang membuat kinerja Helena turun yaitu pada saat ia mengandung dan melahirkan 2 anak laki-laki pada tahun 1909 dan 1912. Di tahun 1916, ia membuka Salon baru di New York yang kemudian di susul dengan pembukaan salon di San Fransisco, Boston, Philadelphia,Chicago dan Tornoto, dengan menjual produknya-produknya di Toko Swalayan.

Di tahun 1920, ia mengajar untuk menggunakan make up kepada para aktor muda Hollywood. Pada saat di New York, ia bertemu dengan pesaing produknya yaitu Elizabeth Arden dan Charles Revson, sebagai penemu produk Revlon, dan pada tahun 1928 ia menjual bisninsya di Amerika kepada Lehman Brothers. (Ia kemudian membelinya kembali setelah pasar saham turun dan berdampak kepada bisnis yang dijualnya tersebut turun drastis)

Helena dan Titus memutuskan untuk bercerai pada tahun 1937, dan di musim panas berikutnya ia menikah dengan seorang pangeran asal Russia bernama Artchil Gourielli-Tchkonia, yang berumur 20 tahun lebih muda darinya. Helena pada akhirnya meninggal di Kota New York, 1 April 1965 di umur 94. Setahun setelahnya, terbitlah buku biografinya berjudul My Life for Beauty.[1]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]


  1. ^ "Helena Rubinstein". Biography (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-03-24.