Helena Dragaš

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Santa Hipomon
Ikon Helena Dragaš
LahirHelena Dragaš
c. 1372
Meninggal23 Maret 1450
Konstantinopel
Dihormati diGereja Ortodoks Timur
Tempat ziarahBiara Santo Patapios, Loutraki
Pesta29 Mei

Helena Dragaš (bahasa Serbia: Јелена Драгаш, Jelena Dragaš, Greek: Ἑλένη Δραγάση, Elenē Dragasē; sekitar 1372 – 23 Maret 1450[1]) adalah permaisuri Romawi Timur, istri Kaisar Manuel II Palaiologos, dan ibu dari dua kaisar Romawi Timur yang terakhir, yaitu Ioannes VIII Palaiologos dan Konstantinos XI Palaiologos . Ia menjadi wali kaisar setelah kematian putranya Ioannes VIII pada 1448 hingga penggantinya, Konstantinos XI, tiba di Konstantinopel dari Mistra pada tahun 1449.[2]

Belakangan ia menjadi seorang biarawati. Kini ia dihormati sebagai santa oleh Gereja Ortodoks Timur dengan nama Santa Hipomon ( Ὑπομονὴ ), yang dapat diterjemahkan menjadi "Santa Kesabaran".

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

Helena adalah putri seorang penguasa lokal dari Serbia, Konstantin Dejanović. Ibunya adalah istri pertama Konstantin yang tidak diketahui namanya, dan Konstantin adalah cucu Raja Serbia Stefan III Dečanski. Ayahnya gugur dalam Pertempuran Rovine (1395) saat bertempur untuk tuannya, Sultan Utsmaniyah Bayezid I. melawan pasukan pemberontak Mircea I dari Wallachia .

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Charles Cawley, Medieval Lands, Serbia
  2. ^ Lynda Garland:Byzantine Empresses: Women and Power in Byzantium AD 527-1204 Diarsipkan 2023-08-17 di Wayback Machine.