Heinrich II, Kaisar Romawi Suci

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Heinrich II
Heinrich II, Kaisar Romawi Suci
Kaisar Romawi Suci
Berkuasa14 Februari 1014 – 13 Juli 1024
Penobatan14 Februari 1014
Basilika Santo Petrus Lama, Roma
PendahuluOtto III
PenerusKonrad II
Raja Italia
Berkuasa15 Mei 1004 – 13 Juli 1024
Penobatan15 Mei 1004
Pavia, Kerajaan Italia
PendahuluOtto III
PenerusKonrad II
Raja Jerman
Berkuasa7 Juni 1002 – 13 Juli 1024
Penobatan7 Juni 1002
Mainz, Kerajaan Jerman
PendahuluOtto III
PenerusKonrad II
Adipati Bayern
Berkuasa995–1004
PendahuluHeinrich II
PenerusHeinrich V
Informasi pribadi
Kelahiran6 Mei 973
Abbach,[1] Bayern, Jerman, Kekaisaran Romawi Suci
Kematian13 Juli 1024(1024-07-13) (umur 51)
dekat Göttingen, Jerman, Kekaisaran Romawi Suci
Pemakaman
WangsaWangsa Ottonian
AyahHeinrich II
IbuGisela dari Bourgogne
PasanganKunigunde dari Luksemburg
AgamaKatolik Roma

Heinrich II (Jerman: Heinrich II; bahasa Italia: Enrico II) (6 September 973 – 13 Desember 1024), juga dikenal sebagai Santo Heinrich, Ordo S. B.,[a] adalah Kaisar Romawi Suci ("Imperator Romanorum") dari tahun 1014 sampai kematiannya pada tahun 1024, dan anggota terakhir Wangsa Ottonian karena ia tidak memiliki keturunan. Adipati Bayern dari tahun 995, Heinrich menjadi Raja Jerman ("Rex Romanorum") setelah kematian mendadak sepupu keduanya, Kaisar Otto III pada tahun 1002, yang dimahkotai sebagai Raja Italia ("Rex Italiae") pada tahun 1004, dan dimahkotai oleh Paus sebagai Kaisar pada tahun 1014.

Putra Heinrich II, Adipati Bayern dan istrinya Gisela dari Bourgogne, Kaisar Heinrich II adalah cicit Raja jerman Heinrich I dan anggota dari Wangsa Ottonian cabang Bayern. Sejak ayahandanya memberontak terhadap dua kaisar sebelumnya, Heinrich yang lebih muda kerap berada di pengasingan. Hal ini menyebabkannya beralih ke Gereja pada usia dini, pertama kali menemukan perlindungan dengan Uskup Freising dan kemudian dididik di sekolah katedral Hildesheim. Ia menggantikan ayahandanya sebagai Adipati Bayern pada tahun 995 sebagai "Heinrich IV". Sebagai Adipati, ia berusaha bergabung dengan sepupu keduanya, Kaisar Romawi Suci Otto III, dalam menekan pemberontakan melawan pemerintahan kekaisaran di Italia pada tahun 1002. Namun Otto III meninggal karena demam sebelum Heinrich II tiba, tidak meninggalkan ahli waris. Setelah mengalahkan beberapa penuntut lain atas takhta, Heinrich II dinobatkan sebagai Raja Jerman ("Rex Romanorum") pada tanggal 9 Juli, 1002 dan sebagai Raja Italia ("Rex Italiae") pada tanggal 15 Mei 1004. Pada tahun 1004 Heinrich II membantu Jaromír, Adipati Bohemia melawan Polandia, secara definif menggabungkan Kadipaten Bohemia ke dalam Kekaisaran Romawi Suci.

Tidak seperti pendahulunya, yang telah memusatkan perhatian pada kekaisaran di Italia, Heinrich menghabiskan sebagian besar masa pemerintahannya dengan wilayah kekaisaran di utara pegunungan Alpen. Fokus utamanya adalah pada serangkaian perang melawan Polandia Adipati Bolesław I, yang telah menaklukkan sejumlah negara di sekitarnya. namun Heinrich memimpin tiga ekspedisi ke Italia untuk memastikan kekuasaan kekaisaran di atas semenanjung: dua kali untuk menekan pemberontakan separatis dan sekali untuk menantang Kekaisaran Bizantium untuk menguasai wilayah selatan Italia. Pada tanggal 14 Februari 1014, Paus Benediktus VIII memahkotai Heinrich sebagai Kaisar Romawi Suci ("Imperator Romanorum") di Roma.

Pemerintahan Heinrich II dipandang sebagai periode kekuasaan terpusat di seluruh Kekaisaran. Ia mengkonsolidasikan kekuasaannya dengan menumbuhkan ikatan pribadi dan politik dengan Gereja Katolik. Ia sangat memperluas tradisi Wangsa Ottonian untuk mempekerjakan pendeta sebagai lawan berat terhadap bangsawan sekuler. Melalui sumbangan ke Gereja dan pembentukan keuskupan baru, Heinrich memperkuat pemerintahan kekaisaran di seluruh negeri dan meningkatkan kendali atas urusan gerejawi. Ia menekankan pelayanan kepada Gereja dan mempromosikan reformasi monastik. Atas kekudusan dan upaya pribadinya untuk mendukung Gereja, Paus Eugenius III mengkanonisasinya pada tahun 1146, menjadikan Heinrich II sebagai satu-satunya raja Jerman yang menjadi santo.

Heinrich II menikahi Kunigunde dari Luksemburg, yang kemudian menjadi ratu dan permaisurinya. Karena ikatan tersebut tidak menghasilkan keturunan, setelah kematian Heinrich, bangsawan Jerman memilih Konrad II, cicit Kaisar Otto I, untuk menggantikannya. Konrad adalah kaisar pertama Wangsa Salier.

Awal kehidupan dan pernikahan[sunting | sunting sumber]

Heinrich lahir pada bulan Mei 973,[2] putra Adipati Heinrich II, Adipati Bayern, dan Gisela dari Bourgogne. Melalui ayahandanya, ia adalah cucu Heinrich I, Adipati Bayern, dan cicit Raja Heinrich I dari Jerman. Melalui ibundanya, ia adalah cucu Raja Conrad I dari Bourgogne, dan cicit Raja Rudolf II dari Bourgogne.

Heinrich yang lebih tua berkonflik dengan sepupu Kaisar Romawi Suci Otto II, pada tahun 974. Heinrich yang lebih tua dan Otto II membantah tuntutan satu sama lain atas wewenang kadipaten Swabia: Heinrich menuntut bahwa kadipaten sebagai hak kesulungannya sementara Otto II mempertahankan haknya untuk memilih adipatinya. Setelah pemberontakan awal yang gagal, Otto II memenjarakan Heinrich yang lebih tua di Ingelheim am rhein. Setelah melarikan diri, Heinrich kembali memberontak terhadap Otto II. Ketika pemberontakan kedua ini gagal, Otto II memecat Heinrich sebagai Adipati Bayern dan mengirimnya ke pengasingan di bawah pengawasan Uskup Utrecht pada bulan April 978. Sebagai konsekuensi dari pemberontakannya, Kaisar menanggalkan Kadipaten Bayern dari wilayah tenggara yang berbatasan dengan Italia dan membentuk Kadipaten Kärnten.

Selama pengasingan ayahandanya, Heinrich yang lebih muda tinggal di Hildesheim. Sebagai seorang anak ia dididik dalam iman Kristen oleh Santo Wolfgang, uskup Regensburg,[3] dan kemudian belajar di Katedral Hildesheim. Kaisar sendiri memastikan Heinrich yang lebih muda menerima pendidikan gerejawi agar dengan menjadi pejabat agama ia akan dicegah untuk berpartisipasi dalam pemerintahan Kekaisaran.

Kematian Otto II pada tahun 983 membiarkan Heinrich yang lebih tua dibebaskan dari tahanan dan kembali dari pengasingan. Heinrich yang lebih tua menuntut perwalian atas Otto III, bocah yang berusia tiga tahun, putra Otto II. Setelah usaha yang gagal untuk menuntut takhta Jerman untuk dirinya sendiri pada tahun 985, Heinrich yang lebih tua menyerahkan daerah itu kepada ibunda si bocah, Theophano. Sebagai imbalan atas pengabaiannya kepada raja bocah tersebut, Heinrich dipulihkan sebagai Adipati Bayern. Heinrich yang lebih muda, yang sekarang berusia tiga belas tahun, dipilih sebagai pemangku takhta di Bayern. Ketika Heinrich yang lebihtua meninggal pada tahun 995, Heinrich yang lebih tua dipilih oleh bangsawan Bayern sebagai Adipati baru menggantikan ayahandanya sebagai "Heinrich IV."[4]

Pada tahun 999 Heinrich menikahi Kunigunde dari Luksemburg,[5][6] putri Siegfried, Comte Luksemburg. Pernikahan ini memberinya jaringan kontak yng luas di wilayah barat Jerman.

Memerintah sebagai raja[sunting | sunting sumber]

Sengketa suksesi[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1001, Kaisar Otto III mengalami pemberontakan terhadap pemerintahannya di Italia. Kaisar mengirim kabar agar Heinrich II bergabung dengan bala bantuan dari Jerman, tetapi kemudian meninggal secara tak terduga pada bulan Januari 1002. Otto hanya berusia 21 tahun pada saat kematian dan tidak meninggalkan keturunan dan tidak ada instruksi untuk suksesi Kekaisaran. Di Wangsa Ottonian, suksesi takhta itu berasal dari cabang Sachsen, bukan garis Bayern yang adalah garis Heinrich. Calon-calon pesaing takhtanya, termasuk Ezzo dari Pfalsz, Markgraf Eckard I dari Meissen, dan Adipati Hermann II dari Swabia, sangat memperdebatkan hak Heinrich untuk menggantikan Otto III.

Ketika prosesi pemakaman tersebut bergerak melalui Kadipaten Bayern pada bulan Februari 1002, Heinrich bertemu dengan prosesi di Polling, di utara pegunungan Alpen. Untuk melegitimasi hak warisnya, Heinrich meminta Uskup agung Heribert dari Cologne memberinya Regalia Kekaisaran, yang merupakan salah satu dari mereka adalah Tombak Suci. Heribert, bagaimanapun, telah mengutus ini menjelang prosesi, kemungkinan karena ketidakpercayaan Heinrich dan mungkin karena ia menyukai suksesi kerabatnya, Adipati Hermann II dari Swabia sebagai raja berikutnya. Untuk memaksa Hermann II melepaskan Tombak Suci kepadanya, Heinrich memenjarakan Uskup agung dan saudaranya Uskup Würzburg. Dengan tidak adanya simbol otoritas kekaisaran, mahkota permata, maupun kerjasama Heriberto, Heinrich tidak mampu meyakinkan para bangsawan yang menghadiri prosesi pemakaman Otto III untuk memilihnya sebagai raja. Beberapa minggu kemudian, saat pemakaman Otto III di Katedral Aachen, Heinrich kembali berusaha mendapatkan dukungan dari bangsawan kerajaan dan lagi-lagi ditolak.

Jadi, tanpa dukungan bangsawan Kerajaan bahwa Heinrich mengambil tindakan radikal karena telah mengurapi dirinya sendiri dan menobatkan Raja Jerman ("Rex Romanorum") oleh Willigis, Uskup agung Mainz pada tanggal 9 Juli 1002 di Mainz, di Jerman sekarang. Tindakan Heinrich menandai pertama kalinya seorang raja Jerman tidak dinobatkan di Katedral Aachen sejak Kaisar Otto I memulai tradisi tersebut pada tahun 936 dan pertama kalinya seorang raja Jerman mengambil takhta tanpa pemilu oleh bangsawan Jerman. Di bawah nama agung "Raja Heinrich II", ia tampil di hadapan Sachsen pada pertengahan Juli dengan kostum lengkap kerajaan. Di sana, Heinrich menjamin hak Bernard I, Adipati Sachsen untuk mendukung klaim takhtanya. Sebagai imbalan atas dukungannya, Heinrich menjamin hak Bernard untuk memerintah Sachsen dan untuk mewakili kepentingan mereka di hadapannya.

Tak lama setelah mendapatkan dukungan dari Sachsen, Heinrich mengatur agar Uskup agung Willigis menahbiskan istrinya, Kunigunde dari Luksemburg sebagai Ratu Jerman pada tanggal 10 Agustus[7] 1002[8] di Paderborn, di Jerman yang sekarang.

Konsolidasi kekuasaan[sunting | sunting sumber]

Heinrich II menghabiskan beberapa tahun berikutnya untuk mengkonsolidasikan kekuasaan politiknya di dalam perbatasannya. Hermann II, Adipati Swabia, khususnya hak Heinrich II yang diperebutkan dengan ketat. Adipati Swabia percaya bahwa ia adalah penerus sejati Otto III, karena ia telah menikahi putri Liudolf, putra sulung Kaisar Otto I. Konflik bersenjata antara Heinrich II dan Hermann II telah terjadi namun terbukti tidak meyakinkan. Hal ini memaksa kedua orang untuk saling bertarung secara politis untuk mendukung bangsawan Swabia.

Karena tidak mampu mengalahkan Hermann di Swabia, Heinrich II mencoba melegitimasi cengkeramannya dengan melakukan perjalanan melintasi berbagai kadipaten kerajaannya – Sachsen, Bayern, Schwaben, Lorraine Hulu, Lorraine Hilir, Franken. Hal ini dilakukan untuk memperoleh persetujuan umum dari rakyatnya sebagai lawan pemilu tradisional. Hubungan keluarga Heinrich II dengan Wanga Ottonian akhirnya menyebabkan bangsawan kerajaan menerimanya sebagai raja. Setelah dikalahkan dalam sebuah pertempuran di dekat Straßburg, Hermann II menyerahkan wewenangnya kepada Heinrich II pada tanggal 1 Oktober 1002. Sebagai imbalan atas penyerahan ini, Heinrich II membiarkan Hermann II untuk tetap menjadi Adipati Swabia sampai kematiannya pada tahun berikutnya, setelah itu, meskipun mengakui bocah Hermann III sebagai penerus gelar ayahandanya, Heinrich II secara efektif mengambil alih kekuasaan atas Kadipaten itu sendiri.

Pada tahun 1003, Markgraf Nordgau Heinrich dari Schweinfurt di Bayern memberontak terhadap pemerintahan Heinrich II. Heinrich II telah berjanji untuk menempatkan Markgraf sebagai penggantinya ke Kadipaten Bayern sebagai imbalan atas dukungannya terhadap mahkota Jerman. Setelah mengambil alih takhta, Heinrich II menolak untuk menghormati janjinya dan malah mendukung hak rakyat Bayern untuk memilih adipati mereka sendiri. Dengan dukungan Heinrich II, Comte Heinrich I dari Luksemburg menjadi Adipati Bayern sebagai Heinrich V. Dikhianati oleh Raja, Markgraf Heinrich bersekutu dengan Adipati Bolesław I dari Polandia melawannya. Namun, pemberontakannya segera dibatalkan dan Markgraf Nordgauian digulingkan pada tahun 1004. Heinrich II kemudian menghapus Markgrafschaft Nordgau, mendirikan Keuskupan Bamberg pada tahun 1007, dan mengalihkan kekuasaan sekuler atas bekas wilayah Markgrafschaft ke Keuskupan untuk mencegah pemberontakan.

Ekspedisi Italia pertama[sunting | sunting sumber]

Kematian Otto III pada tahun 1002 dan kekacauan politik akibat penggantinya membiarkan Italia jatuh dari kendali Jerman. Markgraf Arduino dari Ivrea memproklamirkan dirinya sebagai Raja Italia di Pavia segera setelah kematian Kaisar.[9] Didampingi oleh Uskup agung Arnolfo II dari Milan, Arduino memenangkan dukungan dari tokoh teritorial Italia. Arduino, bagaimanapun, telah dikucilkan pada tahun 997 atas pembunuhan Uskup Vercelli. Hal ini memungkinkan musuh-musuh Arduino di Gereja, yang dipimpin oleh Uskup agung Friedrich dari Ravenna, ke samping dengan Raja jerman Heinrich II sebagai penguasa sah Italia. Heinrich II mengirim Adipati Otto I dari Kärnten, ke Batasan Verona untuk menghadapi Arduino, tetapi Arduino berhasil mengalahkan pasukan Otto dalam Pertempuran Fabrica pada tahun 1003.

Pada tahun 1004 Heinrich II menanggapi seruan bantuan dari uskup italia dan memimpin serangan ke Italia terhadap Arduino. Heinrich II mengumpulkan pasukannya di Augsburg dan berbaris melalui Jalur gunung Brenner ke Trento, Italia. Setelah keberhasilan militer awal, banyak dari klerus Italia dan beberapa keluarga bangsawan bersumpah setia kepada Heinrich II, termasuk Uskup agung Arnolfo II. Bergabung dengan Heinrich II di Bergamo, Arnolfo II memahkotainya sebagai Raja Italia ("Rex Italiae") pada tanggal 14 Mei 1004 di Pavia. Tidak seperti pendahulunya, setelah mendapatkan Kerajaan Italia Heinrich II mengenakan dua mahkota, satu untuk Jerman dan lainnya untuk Italia, bukan mahkota umum yang mewakili kedua negara. Malam berikutnya, penduduk Pavia memberontak terhadap pemerintahan Heinrich. Heinrich memerintahkan pasukannya untuk membantai penduduk sebagai tanggapan. Setelah menerima penghormatan dari bangsawan Italia yang tersisa, Heinrich kembali ke Jerman pada awal musim panas tahun 1004 tanpa terlebih dahulu bepergian ke Roma untuk mengklaim mahkota Kekaisaran. Hal ini kemungkinan besar karena adanya tentangan dari Paus Yohanes XVIII. Heinrich tidak akan kembali ke Italia selama satu dekade, meninggalkan Kerajaan untuk memerintah dirinya sendiri. Heinrich kembali ke Jerman untuk mengambil tindakan militer melawan pemberontakan Adipati Boleslaw I dari Polandia.

Konflik dengan Polandia[sunting | sunting sumber]

Hubungan Polandia[sunting | sunting sumber]

Kematian Kaisar Otto III yang terlalu dini pada usia 21 pada tahun 1002 memudarkan rencana renovatio Kaisar muda, yang tidak pernah sepenuhnya dilaksanakan. Heinrich II, yang menentang kebijakan timur Otto III, membalikkan kebijakan Kekaisaran ke arah timur,[10] mengakibatkan memburuknya hubungan baik Jerman dan Polandia yang ada selama masa pemerintahan Otto III, terutama hubungannya dengan Adipati Bolesław I dari Polandia. Bolesław I telah menjadi pendukung setia Otto III, tetapi tindakan Heinrich II menyebabkan Bolesław I mencari sekutu Jerman baru. Dari kandidat utama yang ingin berhasil meraih takhta Jerman, Bolesław I mendukung Markgraf Ekkehard I dari Meißen atas Heinrich. Baru setelah Ekkehard dibunuh oleh bangsawan Sachsen pada bulan April 1002, Bolesław I memberikan dukungan kepada Heinrich II.

Bolesław I pergi ke Merseburg pada taggal 25 Juli 1002 dan memberi hormat kepada raja Jerman yang baru. Bolesław I telah mengambil keuntungan dari perselisihan internal Jerman setelah kematian Otto III, menempati wilayah penting Jerman di sebelah barat Sungai Oder: Markgrafschaft Meißen dan Markgrafschaft Lausitz. Bolesław I mengambil alih wilayah-wilayah ini setelah pembunuhan Markgraf Ekkehard I. Heinrich II menerima keuntungan Bolesław I, membiarkan Adipati Polandia mempertahankan Lausitz sebagai sebuah perdikan, dengan Bolesław I mengakui Heinrich II sebagai tuannya. Heinrich II menolak mengizinkan Bolesław I untuk tetap memiliki Meißen. Tak lama setelah kepergian Bolesław I dari Merseburg, sebuah usaha pembunuhan dilakukan terhadapnya. Meski usaha tersebut gagal, Bolesław I mengalami luka parah. Adipati Polandia menuduh Heinrich II melembagakan serangan tersebut, dan hubungan antara kedua negara terputus.[11] Bolesław I juga menolak untuk membayar upeti ke Jerman.

Sebelum pemberontakan terbuka pada tahun 1004, Boleslav III, Adipati Bohemia, digulingkan dalam sebuah pemberontakan pada tahun 1002. Bolesław I campur tangan dalam urusan Bohemian dan menempatkan ulang Boleslav III di atas takhta Bohemia pada tahun 1003. Namun Boleslav III segera melemahkan posisinya sendiri, dengan memerintahkan pembantaian bangsawan terkemukanya. Para bangsawan Bohemia diam-diam mengirim utusan ke Bolesław I, meminta intervensi langsungnya dalam krisis tersebut. Adipati Polandia dengan suka rela setuju dan mengundang Adipati Bohemia ke Polandia. Di sana, Boleslav III ditangkap, buta, dan dipenjarakan, di mana ia akan tinggal sampai kematiannya sekitar tiga puluh tahun kemudian. Mengklaim kekuasaan atas Bohemia untuk dirinya sendiri, Bolesław I menyerang Bohemia pada tahun 1003 dan menaklukkan kadipaten tanpa ada perlawanan serius. Bohemia sebelumnya berada di bawah pengaruh dan perlindungan Jerman, dengan serangan Polandia semakin meningkatkan ketegangan antara Jerman dan Polandia.

Bolesław I secara terbuka memberontak terhadap pemerintahan Heinrich II pada tahun 1004, membakar benteng di Meißen dalam sebuah tindakan perang. Kembali dari Italia setelah merebut kembali takhta Italia, Heinrich II meluncurkan sebuah kampanye militer melawan Polandia pada tahun 1004 yang akan berlangsung hingga 1018, mencakup tiga perang dan beberapa kampanye yang lebih kecil.

Perang pertama Polandia[sunting | sunting sumber]

Kembali dari ekspedisi pertamanya ke Italia, Heinrich II mengumpulkan tentara untuk berbaris melawan Polandia. Tahun sebelumnya pada tahun 1003, Heinrich II telah membentuk aliansi dengan suku pagan Slavia Lutici. Sebagai konsekuensi aliansi militer mereka, Heinrich II menghentikan Kristenisasi di kalangan masyarakat Slavia. Aliansi baru dengan Slavia Barat melawan Polandia masih kontroversial. Banyak bangsawan Jerman berharap untuk melanjutkan pekerjaan misionaris dan pengiriman langsung dari Elbe Slavia. Selain itu, banyak bangsawan Jerman menentang perang, karena mereka telah mengembangkan ikatan keluarga dengan Polandia selama masa pemerintahan Otto III. Demikian pula, anggota klerus, termasuk Uskup Brun dari Querfurt, melihat pembayaran persepuluhan masa depan dan dukungan Polandia untuk pekerjaan misionaris di Prusia yang menguap akibat perang. Dalam persiapan untuk serangan Heinrich II, Bolesław I mengembangkan aliansi serupa dengan bangsa Slavia lainnya. Dengan penaklukannya di sebelah barat Sungai Oder pada tahun 1002, kekuasaannya membentang dari Laut Baltik ke Pegunungan Carpathia. Selain itu, Adipati Polandia dihubungkan oleh kekerabatan ke banyak pangeran Skandinavia.

Heinrich II menjawab pemberontakan Bolesław I dengan serangan militer pada musim panas tahun 1004, mencapai Pegunungan Bijih di Bohemia utara. Ia kemudian menaklukkan benteng di Zatec dan membunuh tentara polandia yang tersisa di sana. Bersamaan dengan serangan Heinrich II, Jaromir (adik Adipati Boleslav III yang dipecat) menyerang Bohemia dengan dukungan militer jerman. Di Merseburg, Jaromír berjanji untuk menahan Bohemia sebagai pengikut di bawah Heinrich II, yang secara definitif menggabungkan Bohemia ke dalam Kekaisaran Romawi Suci. Memaksa Bolesław I untuk melarikan diri, Jaromír menduduki Praha dengan tentara jerman dan memproklamirkan dirinya Adipati. Negara yang ia dapatkan kembali kecil, karena pasukan polandia akan menahan Moravia, Silesia, dan Lausitz sampai tahun 1018.

Selama bagian berikutnya ofensif, Heinrich II merebut kembali Meißen dan, di musim panas 1005, pasukannya maju jauh ke Polandia, menderita kerugian yang signifikan sepanjang jalan. Di kota Poznan, Polandia, pasukan Jerman disergap oleh tentara Polandia dan menderita kerugian yang signifikan. Pertemuan di Poznan, Heinrich II dan Bolesław I menandatangani sebuah perjanjian damai.[12] Menurut istilahnya, Bolesław I kehilangan Lausitz dan Meißen dan terpaksa menyerahkan hak warisnya ke takhta Bohemia. Perdamaian hanya berlangsung selama dua tahun karena tidak ada pihak yang mengakui klaim yang lain.

Perang kedua Polandia[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1007, Heinrich II mengecam Perdamaian Poznan, yang mengakibatkan serangan Bolesław I terhadap Keuskupan agung Magdeburg serta pendudukan kembali pawai Lausitz dan Meißen termasuk kota Bautzen. Serangan balik Jerman dimulai tiga tahun kemudian pada tahun 1010. Itu tidak signifikan, di luar beberapa penjarahan di Silesia. Pada tahun 1012, sebuah perjanjian damai kedua antara Jerman dan Polandia ditandatangani. Bolesław I segera mengakhiri perdamaian, dan sekali lagi menyerang Lausitz. Pasukan Bolesław I menjarah dan membakar kota Lubusz. Pada tahun 1013, sebuah perjanjian damai ketiga ditandatangani di Merseburg, yang mengharuskan sebagian bahwa Bolesław I mengakui Heinrich II sebagai tuannya dengan imbalan menerima Markgrafschaft Lausitz dan Markgrafschaft Meißen sebagai vasal. Untuk menyegel kedamaian mereka, putra Bolesław I, Mieszko II menikahi Richeza dari Lotharingia, putri Comte Pfalz, Ezzo dari Lotharingia, cucu Kaisar Otto II.

Memerintah sebagai Kaisar[sunting | sunting sumber]

Penobatan kekaisaran[sunting | sunting sumber]

Heinrich II dinobatkan sebagai Kaisar oleh Paus Benediktus VIII pada tahun 1014.

Yohanes XVIII memerintah sebagai Paus dari tahun 1003 sampai 1009. Ia digantikan oleh Paus Sergius IV dari tahun 1009 sampai 1012. Baik Yohanes XVIII dan Sergius IV, meskipun Paus nominal, tunduk terhadap kekuasaan Giovanni Crescenzio. Sebagai pemimpin Wangsa Crescentii dan Patrician Roma, Giovanni Crescenzio adalah penguasa kota yang efektif. Pengaruh Giovanni Crescenzio mencegah Heinrich II bertemu dengan Paus dalam banyak kesempatan, mencegahnya untuk mengklaim gelar kekaisaran. Setelah kematian Sergius IV pada tahun 1012, Benediktus VIII terpilih untuk menggantikannya. Namun setelah menduduki kursi Santo Petrus, Benediktus VIII terpaksa melarikan diri dari Roma oleh Gregorius VI, antipaus, yang diangkat oleh Giovanni Crescenzio sebagai kepala baru Gereja Katolik. Melarikan diri melintasi Pegunungan Alpen ke Jerman, Benediktus VIII mengimbau Heinrich II untuk perlindungan. Heinrich II setuju untuk mengembalikan Benediktus VI ke tahta kepausannya sebagai imbalan atas penobatannya sebagai Kaisar.

Menjelang akhir tahun 1013, Heinrich II mengumpulkan tentaranya di Augsburg untuk berbaris ke Italia. Sebelumnya pada tahun 1013, Heinrich menandatangani sebuah perjanjian perdamaian dengan Adipati Bolesław I dari Polandia di Merseburg. Perdamaian dengan Polandia memberi Heinrich kesempatan untuk menangani urusan di Italia. Pada perjalanan melintasi Pegunungan Alpen, Heinrich didampingi oleh istrinya, Ratu Kunigunde dan sejumlah ulama. Setelah mencapai Pavia, para uskup dan abbas lainnya bergabung dengannya. Markgraf Arduino dari Ivrea, yang masih menguasai bagian penting dari Italia utara, menawarkan diri untuk menyerah kepada Heinrich dan mempersembahkan putra-putranya sebagai sandera jika Heinrich mengakui Arduino sebagai Raja Italia. Heinrich menolak. Pasukan Heinrich menjebak Arduino di ibu kota Ivrea, di mana ia tinggal sampai tahun 1015.

Henry II tiba di Roma pada awal tahun 1014, memulihkan Benediktus VIII sebagai Paus. Pada 14 Februari 1014, Paus memahkotai Heinrich II sebagai Kaisar Romawi Suci ("Imperator Romanorum") di Basilika Santo Petrus. Kemudian, di bawah pimpinan Kaisar dan Paus, keduanya mengadakan sinode di Roma, menunjuk lima uskup, mengeluarkan keputusan terhadap simoni dan mempromosikan kesucian di antara klerus, dan memerintahkan restitusi properti Gereja. Tak lama setelah itu, Kaisar bergerak ke utara lagi di mana ia mendirikan Keuskupan Bobbio. Merayakan Paskah di Pavia, Italia, Heinrich kemudian kembali ke Jerman pada pertengahan Mei 1014. Ia meninggalkan kekuasaan Roma kepada Paus dan setelah itu jarang ikut campur dalam politik Italia atau negara-Negara Gereja.

Pada tahun 1015 konflik dengan Arduino berakhir ketika Arduino jatuh sakit dan mencari perdamaian dengan Heinrich II. Ia mengundurkan diri dari jabatan Markgraf Ivrea untuk menjadi seorang rahib di biara di Fruttuaria. Ia meninggal pada tanggal 14 Desember 1015. "Pemerintahannya" yang singkat sebagai Raja Italia akan menjadi yang terakhir kalinya orang pribumi Italia memerintah di negara tersebut sampai penyatuannya di bawah Vittorio Emanuele II pada tahun 1861. Setelah kematian Arduino, Heinrich memerintahkan Markgrafschaft Ivrea, yang telah memberi Kaisar Ottonian begitu banyak masalah, dibubarkan.

Perang ketiga Polandia[sunting | sunting sumber]

Perjanjian perdamaian dari tahun 1013 antara Heinrich II dan Adipati Bolesław I dari Polandia dengan cepat memburuk. Pada tahun 1014, dengan Heinrich II absen dari Jerman, Bolesław I mengutus putranya Mieszko II Lambert ke Kadipaten Bohemia untuk membujuk Adipati Bohemia Oldřich yang baru ke dalam sebuah persekutuan melawan Heinrich II. Misi tersebut gagal dan Oldřich memenjarakan Mieszko II. Ia dibebaskan hanya setelah intervensi Kaisar, yang, meski menginvasi Polandia, dengan setia bertindak atas nama bawahannya Bolesław I. Akibatnya, Mieszko II dikirim ke istana kekaisaran Heinrich II di Merseburg sebagai sandera. Heinrich II mungkin ingin memaksakan kehadiran Bolesław I di Merseburg dan membuatnya menjelaskan tindakannya. Namun rencana ini gagal, karena, di bawah tekanan dari kerabatnya, Kaisar segera setuju untuk membebaskan Mieszko II.

Pada saat yang sama, Heinrich II menghibur Yaroslav, pretender tahta Rus Kiev. Seorang putra Kiev, Adipati Agung Vladimir I, ia adalah pemangku takhta Kerajaan Novgorod pada saat kematian ayahandanya pada tahun 1015. Saudara tertua Yaroslav yang masih hidup, Svętopŭlkŭ I dari Kiev, membunuh tiga saudara laki-lakinya yang lain dan merebut kekuasaan di Kiev. Dukungan Heinrich II dari Yaroslav bertentangan langsung dengan tidak hanya Svętopŭlkŭ tapi juga Bolesław I. Bertahun-tahun sebelumnya, Bolesław I menikahi salah satu putrinya ke Svętopŭlkŭ, menjadikan Adipati Agung Kiex yang baru sebagai menantu Adipati Polandia.

Heinrich II kembali ke Jerman pada tahun 1015 setelah dinobatkan menjadi Kaisar oleh Paus Benediktus VIII dan bersiap untuk melakukan serangan ketiga ke Polandia. Dengan tiga tentara pada komandonya, kontingen terbesar sejak awal konflik pada tahun 1004, tentara Kekaisaran secara bersamaan bergerak dalam gerakan penjepit dari utara, selatan, dan tengah Jerman. Heinrich II sendiri memimpin tentara pusat, didukung oleh suku Slavia yang bersekutu, dan pindah dari Magdeburg untuk menyeberangi Sungai Oder ke Polandia. Heinrich II segera bergabung dari selatan oleh Adipati Bohemia, Oldřich dan dari utara oleh Adipati Bernard II dari Sachsen.

Saat tentara Kekaisaran menyeberangi sungai Oder dan berjalan melintasi Polandia, pasukan Heinrich II membunuh atau menangkap beberapa ribu orang Polandia, termasuk wanita dan anak-anak. Tapi tentara Kekaisaran menderita kerugian besar selama kampanye berlangsung. Bolesław I mengirim satu detasemen dari knights Moravia di bawah komando Mieszko II dalam sebuah serangan pengalihan melawan Kekaisaran Mark Timur. Tentara Kekaisaran mundur dari Polandia ke Merseburg untuk mengatasi serangan tersebut tanpa membuat keuntungan teritorial permanen di sebelah timur Sungai Oder. Selama retret ke Jerman, Gero II, Markgraf Mark Timur, disergap oleh pasukan polandia dan terbunuh pada akhir tahun 1015. Setelah serangan di Mark Timur, pasukan Bolesław I melakukan ofensif. Bolesław I mengirim Mieszko II untuk mengepung Meißen pada tahun 1017, kemudian di bawah komando saudara ipar Mieszko II, Markgraf Hermann I. Namun usahanya menaklukkan kota ini gagal, dan ia terpaksa mundur ke Polandia.

Heinrich II dan Bolesław I kemudian membuka perundingan perdamaian dan gencatan senjata dinyatakan pada musim panas 1017. Ketika negosiasi gagal pada musim gugur 1017, Heinrich II kembali membawa pasukannya ke Polandia. Pasukannya sampai di Głogów, di mana Bolesław I bercokol, tapi tidak berhasil mengambil kota ini. Heinrich II kemudian mengepung Niemcza, tetapi juga tidak dapat merebut kota. Saat pasukannya mengepung Niemcza, penyakit yang ditimbulkan dari musim dingin menghancurkan pasukan kekaisaran. Serangannya gagal, Heinrich II terpaksa mundur kembali ke Merseburg di Jerman. Dengan kekalahan ini, Heinrich II siap mengakhiri perang dan memulai perundingan damai yang serius dengan Bolesław I.

Pada tanggal 30 Januari 1018, Heinrich II dan Bolesław I menandatangani sebuah perjanjian damai keempat, yang dikenal sebagai Perjanjian damai di Bautzen.[13] Adipati Polandia mampu mempertahankan demonstrasi terparah dari Lausitz dan Meißen dengan persyaratan nominal murni, dengan Bolesław I mengakui Heinrich II sebagai tuan tanah feodalnya.[14] Heinrich II juga berjanji untuk mendukung Bolesław I dalam ekspedisi penguasa Polandia ke Kiev untuk memastikan menantunya, Svętopŭlkŭ, mengklaim takhta Kiev.[15] Untuk menyegel perdamaian, Bolesław I, seorang duda, memperkuat ikatan dinasti dengan bangsawan jerman dengan menikahi Oda dari Meißen, putri Sachsen, Markgraf Ekkehard I dari Meißen.

Konflik dengan Bizantium[sunting | sunting sumber]

Keterlibatan Heinrich II dalam politik Italia dan penobatannya sebagai Kaisar pasti membawanya berkonflik dengan Kekaisaran Bizantium. Pada tahun 969, Kaisar Otto I beraliansi dengan Kaisar Bizantium, Ioannes I Tzimiskes di mana Kekaisaran Timur dan Barat bersama-sama memimpin Italia selatan. Kematian Otto I pada tahun 973 dan kematian Ioanne pada tahun 976 menyebabkan aliansi ini memburuk. Penerus Otto I di Barat, putranya Kaisar Otto II, dan penerus Ioannes di Timur, keponakan Kaisar Basil II, membawa kedua Kekaisaran sekali lagi berkonflik mengenai kendali Italia selatan.

Di bawah Otto I dan Otto II, pemimpin Lombardia, Pandolfo memperluas kendali Kekaisaran Barat atas Italia tengah dan selatan. Awalnya ditunjuk oleh Otto I sebagai Pangeran Benevento dan Capua pada tahun 961, Pandolfo mengobarkan perang melawan Bizantium sebagai letnan setia Otto II. Pada tahun 978, Pandolfo telah menggabungkan ketiga kerajaan selatan Lombardia – Benevento, Capua, dan Salerno – ke dalam Kekaisaran Romawi Suci.[16] Namun kematian Pandolfo pada tahun 981, melemahkan dominasi Barat atas Kekaisaran Bizantium di Italia selatan.[17] Pada tahun 982, seluruh wilayah yang pernah dikuasai oleh Pandolfo telah runtuh. Bizantium masih mengklaim kedaulatan atas pemerintahan Lombardia, dan kurangnya pemimpin tunggal untuk mencegah kemajuan mereka ke wilayah Lombardia memungkinkan rakyat Bizantium menerobos lebih jauh ke utara. Menghadapi pasukan Bizantium-Muslim bersama, Otto II dikalahkan di pertempuran Stilo pada tanggal 14 Juli 982. Kekalahan tersebut mengubah keseimbangan kekuasaan di Italia selatan menguntungkan Bizantium. Sambil bersiap untuk membalas serangan Bizantium, Otto II tiba-tiba meninggal saat berada di Roma, dengan putranya yang bernama Otto III menggantikannya. Dengan seorang bocah sebagai penguasa dan krisis politik untuk ditangani, Kekaisaran Barat tidak dapat menantang dominasi Bizantium. Hal ini memungkinkan Basil II membangun pasukan pertahanannya dalam persiapan menghadapi serangan balasan Barat di masa depan.

Pada tahun 1017, dibantu oleh tentara bayaran Norman, Melo dari Bari, bangsawan Lombardia, memimpin pemberontakan sukses melawan kendali Bizantium terhadap Apulia. Kekaisaran Bizantium menyerang kembali pada tahun 1018 di bawah Katepaníkion Italia Basil Boioannes, memberikan kekalahan yang menghancurkan pada pasukan Lombardia-Norman bersama di Pertempuran Cannae. Melo melarikan diri ke Negara Gereja menyusul kekalahan tersebut. Dengan keberhasilan Bizantium di Italia selatan, Paus Benediktus VIII mengambil langkah yang tidak biasa pada tahun 1020, bepergian ke utara, menyeberangi pegunungan Alpen ke Jerman untuk membahas keadaan di selatan Italia dengan Kaisar. Pertemuan Heinrich II di Bamberg, Paus didampingi oleh sejumlah besar sekuler dan gerejawi Italia, termasuk Melo. Heinrich II memberi Melo gelar kosong Adipati Puglia atas tindakannya melawan Bizantium. Tapi Melo meninggal beberapa hari kemudian, pada tanggal 23 April 1020. Setelah menyelesaikan beberapa kontroversi dengan para uskup di Mainz dan Würzburg, Paus meyakinkan Heinrich II untuk kembali ke Italia untuk kampanye ketiga guna melawan kekuatan Kekaisaran Bizantium yang semakin meningkat.

Pada tahun 1022, Heinrich II berangkat dari pantai Adriatik ke Italia selatan memerintah kekuatan besar. Ia mengirim Uskup agung Pilgrimus dari Köln ke depan dengan tentara yang sedikit lebih kecil di sepanjang pesisir Tirenia dengan tujuan menundukkan Kerajaan Capua. Tentara ketiga, masih kecil, di bawah komando Patriark Poppo dari Aquileia melalui Apennini untuk bergabung dengan Heinrich II dalam mengepung benteng Bizantium di Troia. Meskipun Patriark Pilgrimus ditangkap Pandolfo IV dari Capua dan mengambil sulpah setia dari baik Capua dan Kepangeranan Salerno, ketiga tentara Heinrich II gagal merebut Troia. Pasukan Bizantium tidak dapat dipaksa berperang, dan Heinrich II terpaksa kembali, pasukannya dilemahkan oleh penyakit dan menderita kerugian besar. Heinrich II hampir mengeksekusi pangeran Capua yang berbahaya, tapi ia mengalah pada saat-saat terakhir atas permohonan Pilgrimus. Sebaliknya, Heinrich II mengirimnya ke Jerman dengan rantai dan menunjuk Pandolfo V untuk menggantikannya sebagai pangeran Capua. Meskipun ia gagal mencapai tujuan utamanya, Heinrich II meninggalkan wilayah selatan Italia dengan pengetahuan bahwa wewenang Kekaisaran Barat masih berada jauh di dalam wilayah tersebut.

Kebijakan Kekaisaran[sunting | sunting sumber]

Setelah mengasumsi takhta Jerman, Heinrich II merevisi berbagai kebijakan pendahulunya, Kaisar Otto III. Sedangkan Otto III telah mempromosikan sebuah kebijakan "Pemulihan Kekaisaran Romawi" (Renovatio imperii Romanorum), Heinrich II mengupayakan kebijakan "Pemulihan Frank Raya" (Renovatio regni Francorum). Dibandingkan dengan anggota lain dari Wangsa Ottonian, Heinrich II menghabiskan sedikit waktu di Italia, hanya bepergian ke selatan Pegunungan Alpen tiga kali selama dua puluh dua tahun pemerintahannya. Ia absen dari semenanjung italia selama lebih dari satu dekade antara pengusirannya terhadap Markgraf Arduino dari Ivrea pada tahun 1004 dan kembali pada tahun 1014 untuk merebut gelar kekaisaran, yang memungkinkan kerajaan tersebut untu memerintah sendiri.

Ketidakhadiran Heinrich II dari Italia terutama karena konfliknya yang berlanjut degan Adipati Bolesław I dari Polandia. Pada masa pemerintahan Otto III, Bolesław I telah menjadi sekutu setia Kekaisaran. Namun, perang Jerman-Polandia yang berkepanjangan membawa kedua negara ke dalam peperangan terbuka selama lebih dari enam belas tahun.

Urusan gerejawi[sunting | sunting sumber]

Heinrich II mewarisi dari Otto III beberapa sengketa yang belum terselesaikan di dalam Gereja Katolik. Isu khusus adalah pemukiman Keuskupan Merseburg dan Konflik Gandersheim.

  • Keuskupan Merseburg, yang telah didirikan oleh Kaisar Otto I pada tahun 968 untuk memperingati kemenangannya melawan paganisme Hungaria di Pertempuran Lechfeld pada tahun 955. Didirikan untuk melakukan pekerjaan misionaris di antara rakyat paganisme Slavia, Keuskupan ditinggalkan pada tahun 983 diikuti sebuah pemberontakan Slavia utama terhadap kekuasaan Kekaisaran. Pada tahun 1004, Heinrich II memerintahkan pembangunan kembali Keuskupan untuk melanjutkan pekerjaan misionaris di antara rakyat Slavia dan menunjuk penulis sejarah Jerman, Thietmar dari Merseburg untuk melayani sebagai uskupnya.
  • Pada tahun 989, ketika Otto III masih bocah dan di bawah pemerintahan ibundanya, Theophano, Konflik Gandersheim pecah. Konflik tersebut berpusat di atas kendali Biara Gandersheim dan wilayahnya. Baik Uskup agung Mainz dan Uskup Hildesheim mengklaim kekuasaan atas Biara, termasuk wewenang untuk mengurapi biarawati di biara tersebut. Ikut campur Otto III dan Theophano meredakan ketegangan di antara para pihak, tetapi tidak menyelesaikan masalah ini secara permanen. Heinrich II menyelesaikan konflik pada tahun 1006, yang memutuskan bahwa Uskup Hildensheim memegang otoritas atas Biara para biarawati.

Pada bulan Mei 1017, Ratu Kunigunde dari Luksemburg, saat tinggal di wilayah kekaisaran di Kaufungen, jatuh sakit parah. Heinrich II bersumpah untuk mendirikan sebuah biara di lokasi tersebut jika ia sembuh. Setelah pulih pada tahun 1018, Heinrich memerintahkan pembangunan Biara Kaufungen. Setelah Heinrich II meninggal pada tahun 1024, Kunigunde pensiun ke Biara itu, di mana ia tinggal sampai kematiannya sendiri pada tahun 1040.

Taat beragama, Heinrich II mendukung pelayanan kepada Gereja (ia selibat) dan mempromosikan berbagai reformasi monastik. Ia juga sangat memaksakan selibat klerus, mungkin sebagian karena tanah dan kantor publik yang diberikannya kepada para ulama tidak akan dibuat sesuai dengan ahli warisnya. Ia mendorong reformasi Gereja, mendorong kegiatan misionaris, dan membuat beberapa yayasan amal untuk orang miskin.

Heinrich II berharap untuk menjadi seorang rahib, dan bedasarkan kekuatan kekaisarannya ia memerintahkan Abbas Verdun untuk menerimanya di biara. Kemudian Abbas memerintahkannya, berdasarkan sumpah yang telah ia akui, untuk melanjutkan administrasi kekaisaran. Heinrich II memenuhi tugas-tugasnya dengan semangat kerendahan hati dan pelayanan, dengan yakin bahwa kekuasaan duniawi temporal diberikan oleh Tuhan demi kebaikan rakyat.

Heinrich II berhasil membujuk Paus Benediktus VIII untuk menyertakan kata "Filioque" dalam doa syahadat Nicea. Kata ini menyatakan bahwa Roh Kudus berasal dari Allah Bapa dan Allah Anak. Bersama dengan keunggulan Kepausan, perbedaan atas dokrin ini adalah penyebab utama Skisma Besar Gereja pada tahun 1054.[18][19]

Hubungan Kekaisaran-Gereja[sunting | sunting sumber]

Kitab Injil Heinrich II

Wangsa Ottonian telah lama menggunakan Gereja sebagai bagian integral dari pemerintahan sekuler Kekaisaran. "Sistem Kekaisaran–Gereja" ini mencapai puncaknya di bawah Heinrich II. Dimulai dengan Kaisar Otto I, rakyat Ottonian menggunakan Gereja sebagai pasukan kontra-utama bagi Stam Kadipaten. Para adipati telah lama menjadi tokoh kuat dan berkuasa, mencari kepentingan kadipaten masing-masing di atas kepentingan Kekaisaran secara keseluruhan. Dalam upaya menyatukan Kekaisaran di bawah kepemimpinan mereka, Ottonian semakin menghubungkan diri mereka dengan Gereja, mengklaim "hak ilahi" untuk memerintah Kekaisaran dan menampilkan diri mereka sebagai pelindung Kekristenan. Sebagai elemen kunci dari kebijakan ini, Ottonian berusaha memperkuat otoritas gerejawi, terutama para uskup dan abbas, dengan mengorbankan bangsawan sekuler. Berbeda dengan para adipati, tokoh gerejawi semacam itu tidak dapat melewati gelar dan tanah mereka kepada keturunan manapun. Sebaliknya, Kaisar memerintahkan pengangkatan dan penobatan para uskup gereja milik kekaisaran untuk diri mereka sendiri. Hal ini memastikan para uskup tetap setia kepada Kaisar yang berkuasa, terlepas dari kenyataan bahwa hukum kanonik menuntut pejabat tersebut tetap setia kepada Gereja transnasional.

Di bawah Heinrich II, sejumlah besar kabupaten ditugaskan ke pemerintahan sekuler para uskup. Ia memberikan sumbangan besar dari tanah kekaisaran ke biara-biara dan keuskupan Kekaisaran. Dengan sumbangan yang luas ini dan kekuatan kaisar yang diperluas, Gereja secara bertahap kehilangan otonominya. Biara kekaisaran dan institusi Gereja lainnya sangat banyak, sumbangan dan hak istimewa sekuler memberi mereka begitu luas, sehingga pada dasarnya mereka berkembang menjadi birokrasi kekaisaran. Penulis sejarah Jerman, Thietmar dari Merseburg menggambarkan hubungan khusus antara Heinrich II dan para uskup Kekaisaran lebih kuat daripada penguasa lainnya di awal Abad Pertengahan. Di bawah Heinrich II, pembagian antara urusan sekuler dan gerejawi kabur melampaui perbedaan. Hal ini menyebabkan ulama memandang Heinrich II sebagai tuan feodal mereka, terutama di bidang pelayanan militer. Gerejawi penguasa datang untuk membuat sebagian besar dari Henry II imperial army. Untuk sebagian besar kampanye Heinrich II melawan Polandia dan Kekaisaran Bizantium, pangeran spiritual merupakan kontingen terbesar. Dengan demikian Heinrich II memperkuat penguasaannya atas Kekaisaran melalui para ulama, sambil mendapatkan kendali yang lebih besar atas kebijakan spiritual Gereja.

Keuskupan Bamberg[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1003, Heinrich dari Schweinfurt, Markgraf Nordgau di Bayern, memberontak terhadap pemerintahan Heinrich II. Heinrich II telah berjanji untuk menempatkan markgraf sebagai penggantinya di Kadipaten Bayern sebagai imbalan atas dukungannya terhadap mahkota Jerman. Setelah mengambil alih takhta, Heinrich II menolak untuk menghormati janjinya. Sebagai gantinya, Heinrich II memecat Markgraf Heinrich pada tahun 1004 dan menghapus langsung Mark. Untuk menganggap otoritas sekuler bekas wilayah Mark, pada tahun 1007 Heinrich II mengumumkan keinginannya untuk membangun keuskupan baru di Jerman: Keuskupan Bamberg. Tumbuh di Kadipaten Bayern, Heinrich II menyukai Bamberg, bahkan memberikan wilayahnya di sana kepada istrinya Kunigunde dari Luksemburg sebagai maharnya pada pernikahan mereka. Pekerjaan misi di antara Slavia dari wilayah sebelumnya telah dilakukan oleh Biara Kekaisaran di Fulda sebagai bagian dari Keuskupan Würzburg. Untuk mendirikan keuskupannya, Heinrich II perlu mengatasi hambatan pertimbangan Uskup Würzburg, karena keuskupan baru tersebut akan terdiri dari sekitar seperempat bekas wilayah. Heinrich II menginginkan keuskupan baru tersebut untuk membantu penaklukkan akhir Slavia di daerah sekitar Bamberg.

Heinrich II mengadakan sinode di Frankfurt pada tanggal 1 Oktober 1007, untuk membangun konsensus di antara para uskup Kekaisaran tentang pembentukan Keuskupan Bamberg. Uskup Würzburg, yang berharap bahwa hilangnya wilayah dari pembentukan Keuskupan baru akan mengakibatkan kemunculannya ke pangkat Uskup agung, tidak hadir. Heinrich II juga menugaskan sebagian wilayah tersebut dari Keuskupan Eichstatt ke Keuskupannya yang direncanakan. Di sinode, Heinrich II mendapat izin untuk mendirikan yayasan Keuskupan. Juga diputuskan bahwa Eberhard, kanselir Kekaisaran Heinrich II, akan ditahbiskan oleh Willigis, Uskup agung Mainz dan Primata Jerman, untuk memimpin Keuskupan baru tersebut. Heinrich II memberikan banyak hadiah kepada Keuskupan baru untuk memastikan fondasinya yang kokoh. Heinrich II menugaskan banyak negara ke Kadipaten Franken, Kadipaten Sachsen, Kadipaten Kärnten, dan Kadipaten Schwaben.

Kebijakan terhadap bangsawan[sunting | sunting sumber]

Seperti di bawah pendahulunya Kaisar Otto II, dan Kaisar Otto III, berbagai bangsawan Jerman Kekaisaran tumbuh semakin independen dari Kaisar. Identitas "Jerman" sudah mulai berkembang. Selatan Alpen di Italia juga melihat berbagai penguasa daerah tumbuh dalam kekuasaan independen. Semakin lama, kadipaten kekaisaran menjadi harta pribadi keluarga adipati masing-masing dibandingkan dengan bagian-bagian komponen Kekaisaran.

Kebijakan Heinrich II terhadap para bangsawan difokuskan untuk mengatasi struktur keluarga ini di dalam kadipaten guna mengembalikan dominasi dan wewenang kekaisaran. Heinrich II, dan juga Ottonian lainnya, bergantung pada hubungannya dengan Gereja untuk membenarkan kekuasaan dan statusnya yang lebih tinggi di antara para adipati. Namun, tidak seperti Kaisar Otto I dan Otto II, berbagai adipati Jerman tidak lagi terikat pada Kaisar oleh hubungan keluarga dekat. Sedangkan Kadipaten Franken dan Kadipaten Sachsen membentuk dukungan kekaisaran inti, Kadipaten Schwaben dan Kadipaten Bayern telah tumbuh semakin memberontak.

Berbeda dengan pendahulunya, Heinrich II tidak bersedia memberikan grasi kepada para adipati yang telah memberontak melawan kewenangannya. Hal ini menyebabkan kenaikan tajam dalam konflik dengan bangsawan sekuler, yang memaksa Heinrich II untuk meningkatkan posisi yang disukai klerus di dalam pemerintahan Kerajaan. Hanya melalui dukungan para ulama bahwa Heinrich II bertahan dari sejumlah pemberontakan bangawan terhadap pemerintahannya selama dekade pertama pemerintahannya. Bahkan kerabatnya, seperti saudara ipanya, Adipati Heinrich V dari Bayern, dan Comte Friedrich dari Moselle, memberontak terhadap pemerintahannya. Akibatnya, Heinrich II secara sistematis mengurangi struktur kekuatan internal adipati-adipati Bayern dan Schwaben. Ketiadaan sensitivitas Heinrich II terhadap bangsawan sekuler juga mengakibatkan serangkaian perang melawan Polandia. Di bawah Otto III, adipati Polandia Bolesław I Chrobry dipandang sebagai sekutu yang berharga. Namun Heinrich II hanya memandangnya sebagai subjek.

Pada tahun 1019, Adipati Bernard II dari Sachsen yang pernah setia, cucu letnan kepercayaan Kaisar Otto I, Hermann Billung, memberontak terhadap pemerintahan Heinrich II. Meskipun seorang pendukung awal Heinrich II, Bernard II merasa frustrasi karena Heinrich II kurang menghormati bangsawan sekuler.

Kematian dan suksesi[sunting | sunting sumber]

Makam Kaisar Heinrich II dan Permaisuri Kunigunde oleh Tilman Riemenschneider

Kembali ke Magdeburg, Jerman dari Italia selatan merayakan Paskah, Heinrich II jatuh sakit di Bamberg, Bayern. Setelah merayakan Paskah, Heinrich pensiun ke istana kekaisarannya di Göttingen. Ia meninggal di sana pada tanggal 13 Juli 1024 pada usia 51, setelah menderita infeksi saluran kemih yang kronis dan menyakitkan. Heinrich telah bekerja dengan Paus untuk mengadakan sebuah konsili Gereja untuk mengkonfirmasi sistem baru tentang hubungan kekaisaran-gerejawi sebelum ia meninggal, meninggalkan upaya ini belum selesai.

Ratu Kunigunde mengatur agar Heinrich dimakamkan di Katedral Bamberg. Meskipun ia meninggalkan Kekaisaran tanpa masalah yang signifikan, Heinrich II juga meninggalkan Kekaisaran tanpa ahli waris. Beberapa berspekulasi bahwa baik ia dan Kunigunde telah saling bersumpah suci, karena kesalehan mereka dan fakta bahwa mereka tidak memiliki keturunan kerajaan, tapi ini diperdebatkan. Pernikahan mereka tidak menghasilkan keturunan, Wangsa Ottonian Sachsen berakhir dengan meninggalnya Heinrich.[20]

Pada awal bulan September 1024 bangsawan Jerman berkumpul di Oppenheim dan memulai negosiasi untuk memilih raja baru. Para bangsawan memilih bangsawan Franken, Konrad II sebagai pengganti Heinrich II, yang menjadi anggota pertama Wangsa Salier.

Kanonisasi dan pemujaan[sunting | sunting sumber]

Santo Heinrich II dikanonisasi pada bulan Juli 1147 oleh Paus Bl. Eugenius III; pasangannya, Kunigunde dikanonisasi pada tanggal 29 Maret 1200 oleh Paus Innosensius III. Reliknya dibawa pada kampanye melawan bidah pada tahun 1160-an. Ia adalah santo pelindung kota Basel, Swiss, dan Kolese St Henry Marist di Durban, Afrika Selatan.

Nama Santo Heinrich yang tidak tercantum dalam Kalender Tridentine, dimasukkan pada tahun 1631 di Kalender Romawi sebagai peringatan dalam perayaan Santo Anakletus pada tanggal 13 Juli, hari kematiannya dan hari tradisional untuk perayaannya di sebuah kota lokal. Pada tahun 1668, dipindahkan ke 15 Juli untuk perayaan sebagai Semidobel. Peringkat ini diubah oleh Paus Pius XII pada tahun 1955 yang Sederhana, dan oleh Paus Yohanes XXIII pada tahun 1960 untuk Perayaan Kelas-Ketiga. Pada tahun 1969, dikembalikan ke tanggal aslinya 13 Juli sebagai Peringatan opsional.[21]

Selama hidupnya, Heinrich II menjadi Oblat Ordo Benediktus, dan hari ini dihormati di dalam ordo sebagai santo pelindung dari semua oblat, bersama dengan St. Fransiska dari Roma.

Keluarga dan keturunan[sunting | sunting sumber]

Henry II adalah anggota dari Wangsa Ottonian raja-raja dan kaisar-kaisar yang memerintah Kekaisaran Romawi Suci (sebelumnya Jerman) dari tahun 919 sampai 1024. Berkaitan dengan anggota-anggota lain dari dinastinya, Heinrich II adalah cicit Heinrich I, cucu keponakan Otto I, sepupu pertama Otto II yang pernah dihapus, dan sepupu kedua Otto III.

Sumber[sunting | sunting sumber]

Halaman penulis sejarah Thietmar

Antara tahun 1012 dan 1018 Thietmar dari Merseburg menulis sebuah Chronicon, atau Sejarah, dalam delapan buku, yang berkaitan dengan periode di antara tahun 908 dan 1018. Untuk bagian awal ia memakai Res gestae Saxonicae Widukind, Annales Quedlinburgenses dan sumber lainnya; bagian terakhir adalah hasil dari pengetahuan pribadi. Babad tersebut merupakan otoritas yang sangat baik untuk sejarah Sachsen pada pemerintahan kaisar Otto III dan Heinrich II. Tidak ada informasi yang dikecualikan, tetapi rincian lengkap mengacu pada keuskupan Merseburg, dan perang melawan Wend dan Polandia.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Frank N. Magill (ed.), The Middle Ages: Dictionary of World Biography, Volume 2, Routledge, 2012, p. 449.
  2. ^ "CATHOLIC ENCYCLOPEDIA: St. Henry II". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-10-22. Diakses tanggal 2017-07-09. 
  3. ^ Fr. Paolo O. Pirlo, SHMI (1997). "St. Henry". My First Book of Saints. Sons of Holy Mary Immaculate - Quality Catholic Publications. hlm. 148. ISBN 971-91595-4-5. 
  4. ^ Emperor Henry II was crowned as "Henry IV" when he became the Duke of Bavaria.
  5. ^ C. W. Previté-Orton, Cambridge Medieval History, Shorter: Volume 1, The Later Roman Empire to the Twelfth Century, (Cambridge University Press, 1979), 433.
  6. ^ "Saint Kunigunde", New Catholic Dictionary, Saints.
  7. ^ Garden of Mary, "St. Cunegundes, Empress", taken from Pictorial Lives of the Saints: with Reflections for Every Day in the Year, [1] Diarsipkan 2023-06-08 di Wayback Machine.
  8. ^ "Saint Cunegundes". CatholicSaints.Info. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2015-02-23. Diakses tanggal 2017-07-09. 
  9. ^ Arnulf of Milan, Liber gestorum recentium I.14
  10. ^ S.Rosik, Bolesław Chrobry i jego czasy, 2001
  11. ^ K. Jasiński, Rodowód pierwszych Piastów, 1992
  12. ^ Thietmar of Merseburg, Thietmari merseburgiensis episcopi chronicon, 1018
  13. ^ Knefelkamp (2002), p. 125
  14. ^ Previte-orton, pg. 451
  15. ^ Jasienica (2007), p. 86
  16. ^ Wickham, Chris.
  17. ^ Sismondi, pg. 29
  18. ^ Kasper, Walter (2006). The Petrine ministry: Catholics and Orthodox in dialogue : academic symposium held at the Pontifical Council for Promoting Christian Unity. Paulist Press. hlm. 188. ISBN 978-0-8091-4334-4. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-08-17. Diakses tanggal 22 December 2011. The question of the primacy of the Roman [P]ope has been and remains, together with the question of the Filioque, one of the main causes of separation between the Latin Church and the Orthodox churches and one of the principal obstacles to their union. 
  19. ^ Wetterau, Bruce.
  20. ^ Martyrologium Romanum, entry for St. Henry on 13 July.
  21. ^ Calendarium Romanum (Libreria Editrice Vaticana 1969), pp. 97 and 130

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Knefelkamp, Ulrich (2002). Das Mittelalter. UTB M (dalam bahasa German). 2105 (edisi ke-2). UTB. ISBN 3-8252-2105-9. 
  • Jasienica, Pawel (2007). Polska Piastow (dalam bahasa Polish). Proszynski Media. ISBN 978-83-7648-284-2. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Heinrich II, Kaisar Romawi Suci
Lahir: 973 Meninggal: 1024
Gelar
Didahului oleh:
Heinrich II
Adipati Bayern
995–1004
Diteruskan oleh:
Heinrich V
Adipati Kärnten
995–1005
Diteruskan oleh:
Otto I
Didahului oleh:
Arduino
Raja Italia
1004–1024
Lowong
Selanjutnya dijabat oleh
Konrad II
Lowong
Terakhir dijabat oleh
Otto III
Raja Jerman
1002–1024
Kaisar Romawi Suci
1014–1024