Heightmap

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Heightmap atau Peta Ketinggian adalah grafik komputer untuk memetakan elevasi ketinggian, setiap pixel memiliki nilai untuk ditampilkan dalam grafik komputer 3D.

Sebuah peta ketinggian berisi satu saluran yang Diarsipkan 2023-04-13 di Wayback Machine. ditafsirkan sebagai jarak perpindahan Diarsipkan 2023-03-26 di Wayback Machine. atau "ketinggian" dari "lantai" permukaan dan kadang-kadang divisualisasikan sebagai luma dari gambar skala abu - abu , dengan warna hitam mewakili tinggi minimum dan putih mewakili tinggi maksimum.

Seseorang juga dapat memanfaatkan penggunaan saluran warna individu untuk meningkatkan detail. Misalnya, gambar RGB 8-bit standar hanya dapat menampilkan 256 nilai abu-abu dan karenanya hanya 256 ketinggian. Dengan menggunakan warna, jumlah tinggi yang lebih banyak dapat disimpan (untuk gambar 24-bit, 256 3 = 16.777.216 ketinggian dapat direpresentasikan (256 4 = 4.294.967.296 jika saluran alfa juga digunakan)). Teknik ini sangat berguna di mana ketinggian sedikit bervariasi di area yang luas. Hanya menggunakan nilai abu-abu, karena ketinggian dipetakan hanya ke dalam nilai 256, medan yang dirender tampak datar, dengan "langkah" di tempat-tempat tertentu.

Peta ketinggian dapat dibuat dengan tangan dengan program cat klasik atau editor medan khusus. Editor ini memvisualisasikan medan dalam 3D dan memungkinkan pengguna untuk memodifikasi permukaan. Biasanya ada alat untuk menaikkan, menurunkan, menghaluskan atau mengikis medan.

Peta ketinggian banyak digunakan dalam perangkat lunak rendering medan dan video game modern . Peta ketinggian adalah cara ideal untuk menyimpan elevasi medan digital; dibandingkan dengan jaring poligonal biasa, mereka membutuhkan memori yang jauh lebih sedikit untuk tingkat detail tertentu.

Beberapa bagian dari wiki ini hanyalah terjemahan dari Heightmap Diarsipkan 2023-05-23 di Wayback Machine. versi Bahasa Inggris