Headpiece (hiasan buku)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Headpiece dari "Triodion", naskah keagamaan dari tahun 1642

Headpiece (juga dieja head-piece; "hiasan kepala") adalah suatu hiasan, dekorasi atau ornamen yang dicetak dalam ruang kosong di bagian awal suatu bab atau pembagian lain dari sebuah buku. Biasanya berupa panel berornamen, ornamen printer atau ilustrasi berukuran kecil dilakukan oleh seorang ilustrator profesional.[1]

Penggunaan headpiece dekoratif dalam naskah-naskah telah diwariskan oleh produksi buku pada budaya Barat abad Pertengahan dari akhir zaman Antik dan Bizantium, dan menikmati popularitas terutama pada abad Renaisans.[2]

Headpiece, kadang-kadang menggabungkan suatu rubrik atau judul, serta motif-motif Zoomorfis dan antropomorfis telah digunakan secara luas dalam naskah-naskah dan dalam edisi-edisi Alkitab pada abad ke-15.

Catatan dan referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Joan M. Reitz. "ODLIS Online Dictionary for Library and Information Science". ABC-CLIO. Diakses tanggal 19 September 2013. 
  2. ^ Michelle P. Brown (1994). "Understanding Illuminated Manuscripts: A Guide to Technical Terms". Malibu: J. Paul Getty Museum in association with The British Library. Diakses tanggal 19 September 2013. 

Lihat pula[sunting | sunting sumber]