Haryapatih

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search

Haryapatih adalah istilah resmi yang digunakan oleh pemerintah Republik Indonesia sebagai padanan bagi gelar Groussherzog (adipati agung) yang digunakan oleh Kepala Negara Luksemburg, sementara istilah "keharyapatihan" adalah istilah resmi yang digunakan sebagai padanan baik bagi kata Fürstentum (kepangeranan) pada nama resmi Negara Liechtenstein (Fürst, gelar kepala negara Lichtenstein, secara resmi diterjemahkan menjadi "pangeran") maupun bagi kata Groussherzogtum (kadipaten agung) pada nama resmi negara Luksemburg. KBBI memiliki lema adipati, pangeran, dan patih, tetapi tidak memiliki lema haryapatih maupun keharyapatihan. Di lain pihak, istilah "adipati agung" (bentuk feminin: adipatni agung) sudah lazim digunakan dalam buku-buku terbitan Indonesia sebagai gelar kepala monarki dengan jenjang kehormatan di bawah maharaja dan raja, tetapi lebih tinggi daripada pangeran dan adipati. Wilayah kekuasaan seorang adipati agung disebut kadipaten agung.

Gelar ini pernah atau masih digunakan oleh beberapa negara merdeka di Eropa:

  • Sekarang ini digunakan sebagai gelar Kepala Negara Luksemburg (Haryapatih Luksemburg).
  • Pernah digunakan sebagai gelar kepala negara-negara merdeka seperti: Toscana (sejak 1569 sampai 1860, sekarang bagian dari Italia); Baden, Oldenburg, Sachsen-Weimar, Mecklenburg-Schwerin, dst. — keharyapatihan-keharyapatihan (sejak 1815 sampai 1918) yang kini menjadi bagian dari negara Jerman.
  • Pernah digunakan sebagai gelar kepala sejumlah negara di Eropa Timur dan Eropa Timur Laut, misalnya Finlandia dan Lituania.
  • Sekarang ini digunakan sebagai gelar kepala monarki di sejumlah negara mikro.

Dalam artikel ini, haryapatih disamakan dengan adipati agung, dan digunakan sebagai padanan untuk gelar Eropa magnus dux dalam bahasa Latin, grand duke dalam bahasa Inggris, Groussherzog dalam bahasa Luksemburg, Großherzog dalam bahasa Jerman, Grand-Duc dalam bahasa Perancis, Gran Duque dalam bahasa Spanyol, великий князь (velikiy kniaz, secara harfiah berarti "pangeran agung") dalam bahasa Rusia; Gran Duca dalam bahasa Itali; grão-duque dalam bahasa Portugis, suurherttua dalam bahasa Finlandia, wielki książę dalam bahasa Polandia, nagyherceg dalam bahasa Hongaria, storhertig dalam bahasa Swedia; groothertog dalam bahasa Belanda dan Afrikaan, storhertug dalam bahasa Denmark, didysis kunigaikštis dalam bahasa Lituania, lielhercogs dalam bahasa Latvia, velkovévoda atau velkokníže dalam bahasa Ceko.

Haryapatih di Eropa Barat[sunting | sunting sumber]

Istilah "haryapatih" sebagai gelar kepala monarki, penguasa sebuah negara merdeka, adalah istilah buatan (di Eropa Barat pertama kali digunakan pada 1569 sebagai gelar Kepala Negara Toscana) untuk menunjukkan bahwa seorang adipati atau sebuah monarki tertentu memiliki peran politik, militer, dan/atau ekonomi yang penting, tetapi tidak cukup besar untuk menjadi sebuah kerajaan. Gelar ini muncul karena gelar adipati lambat laun kehilangan muruahnya setelah dianugerahkan kepada para penguasa praja-praja (wilayah feodal) yang relatif kecil, bukannya dipertahankan sebagai gelar istimewa bagi para penguasa kadipaten suku atau wilayah kekuasaan suku bangsa tertentu sebagaimana mestinya.

Salah satu contoh penggunakan perdana dari gelar ini adalah ketika Tumenggung Gonçalo I Mendes dari Portucale (daerah di kawasan barat laut Portugal yang dianggap sebagai cikal bakal negara Portugal), menggelari dirinya Magnus Dux Portucalensium ("Haryapatih Orang Portugis") dan memberontak melawan majikan feodalnya, Raja Bermudo II dari León, pada 987. Pemberontakannya dapat dipadamkan oleh angkatan bersenjata kerajaan, tetapi ia berhasil mendapatkan hak swapraja istimewa dan memerintah dengan gelar Magnus Dux (Haryapatih). Hak swapraja inilah yang menjadi cikal bakal kemerdekaan bangsa Portugis dari kekuasaan kerajaan bangsa Spanyol, Kastila-León.


Haryapatih Lituania[sunting | sunting sumber]

Sepanjang sejarah Lituania, mulai dari pertengahan era 1200-an sampai akhir era 1700-an, sebagian besar penguasanya digelari sebagai Haryapatih atas Keharyapatihan Lituania, bahkan ketika bergelar rangkap sebagai Raja Polandia atau merangkap jabatan-jabatan lain.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Rujukan[sunting | sunting sumber]