Harold J. Berman

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Harold J. Berman
Lahir(1918-02-13)13 Februari 1918
Hartford, Connecticut
Meninggal13 November 2007(2007-11-13) (umur 89)
New York
AlmamaterPerguruan Tinggi Dartmouth
Universitas Yale
Karier ilmiah
BidangHukum Soviet, hukum perbandingan, hukum internasional, sejarah hukum, filsafat hukum, hukum dan agama
InstitusiHarvard Law School
Sekolah Hukum Universitas Emory

Harold J. Berman (13 Februari 1918 – 13 November 2007) adalah seorang sarjana hukum Amerika yang ahli dalam bidang hukum perbandingan, hukum internasional dan hukum Soviet / Rusia serta sejarah hukum, filsafat hukum dan hukum dan agama.[1][2] Dia adalah seorang profesor hukum di Harvard Law School dan Sekolah Hukum Universitas Emory selama lebih dari enam puluh tahun. Dia memegang jabatan Profesor Hukum James Barr Ames di Harvard sebelum kemudian ditunjuk sebagai Profesor Hukum Robert W. Woodruff pertama di Emory. Dia dianggap sebagai "salah satu polymath besar pendidikan hukum Amerika." [3][4][5]

Riwayat awal dan pendidikan[sunting | sunting sumber]

Lahir di Hartford, Connecticut, Berman menerima gelar sarjana dari Dartmouth College pada tahun 1938, dan gelar magister dan Juris Doctor dari Universitas Yale, masing-masing pada tahun 1942 dan 1947. Ia menikah dengan Ruth Harlow dari Northampton, Massachusetts pada 10 Juni 1941. Dia sempat menjabat sebagai kriptografer di Angkatan Darat AS di European Theatre of Operations dari tahun 1942 hingga 1945. Dia menerima Bintang Perunggu untuk jasanya.

Karier[sunting | sunting sumber]

Saat bertugas di London, Berman menjadi khawatir bahwa Sekutu Barat dan Uni Soviet berada pada situasi yang saling bermusuhan seperti sebelum masa perang. Ia juga khawatir karena orang Amerika hanya tahu sedikit tentang Uni Soviet. Setelah kembali ke sekolah hukum setelah perang, ia memutuskan untuk belajar sebanyak mungkin tentang sistem hukum Soviet dengan tujuan untuk mengajarkan hukum Soviet dan akhirnya mempromosikan perdamaian antara Amerika dan Uni Soviet dengan berfokus pada pentingnya aturan hukum. Pada tahun terakhir sekolah hukumnya, ia menulis sebuah artikel tentang hukum keluarga Soviet yang memberikannya tawaran posisi mengajar di Sekolah Hukum Stanford. Pada tahun 1948 ia bergabung dengan fakultas Harvard Law School (HLS), tempat ia membangun reputasi sebagai salah satu sarjana hukum Soviet yang paling terkenal di dunia, dan memegang jabatan Profesor Hukum dan kemudian Profesor Hukum Ames. Dia sering berkunjung ke Rusia sebagai sarjana tamu dan dosen, bahkan selama puncak era Joseph McCarthy. Pada tahun 1958, ia mewakili perkebunan Arthur Conan Doyle di pengadilan Soviet, dalam upaya untuk mengumpulkan royalti hak cipta dari pemerintah Uni Soviet, namun tidak berhasil.

Pada tahun 1961, pada puncak Perang Dingin, ia membawa istri dan empat anaknya ke Uni Soviet untuk cuti setahun di Moskow. Mereka tinggal di pusat kota, di Hotel National di seberang Lapangan Merah dan Kremlin. Ketiga anaknya yang lebih kecil (Jean, 14 tahun saat itu; Susanna, 12 tahun; dan John, 10 tahun) bersekolah di sekolah umum setempat. Yang tertua, Stephen, belajar di Universitas Negeri Moskow. Prof. Berman, dengan undangan untuk belajar dari Akademi Ilmu Pengetahuan Soviet, diundang untuk mengajar kursus untuk mahasiswa hukum Universitas Moskow tentang Konstitusi Amerika. Kelas itu sangat ramai dan penuh sesak. Sayangnya, Berman memutuskan untuk menghentikan kursus setelah tiga atau empat kuliah pertama. Ini diakibatkan karena dia mengetahui bahwa para mahasiswanya ditanyai oleh petugas tentang minat mereka pada mata pelajaran tersebut.

Setelah cuti panjangnya di Moskow, Berman terus mengajar kursus hukum Soviet di HLS, serta kursus tentang sejarah hukum dan perdagangan internasional. Dia juga semakin tertarik untuk mempelajari hubungan antara hukum dan agama. Pada tahun 1985, mendekati usia pensiun wajib di Harvard Law School, Berman meninggalkan HLS untuk bergabung dengan Sekolah Hukum Universitas Emory. Dia adalah orang pertama yang memegang jabatan Profesor Hukum Robert W. Woodruff — sebuah jabatan kehormatan tertinggi yang diberikan Universitas Emory kepada anggota fakultasnya. Berman, salah satu pelopor studi hukum dan agama, berperan penting dalam pengembangan Program Hukum dan Agama Emory, yang sekarang menjadi Pusat Studi Hukum dan Agama (CSLR), tempat mana ia pernah menjabat sebagai Senior Fellow. Ia juga dianggap sebagai salah satu pendiri the Journal of Law and Religion. "Dia adalah mentor saya, tetapi jauh lebih penting dari itu, dia adalah salah satu dari sedikit sarjana hukum di negara ini yang bersedia menulis tentang hukum dan agama," kata Profesor Frank S. Alexander, direktur pendiri CSLR, yang membujuk Berman untuk bergabung sebagai anggota fakultas di Emory Law setelah pernah menjadi salah satu mahasiswanya di Harvard pada awal 1970-an.

Setelah jatuhnya Uni Soviet pada tahun 1989, Berman terlibat dalam konsultasi dengan pejabat terkemuka Rusia tentang undang-undang yang diusulkan dan memimpin seminar untuk para pemimpin politik dan akademisi tentang pengembangan lembaga hukum.

Sebagai salah satu sarjana paling terkemuka di dunia tentang hukum Soviet dan pasca-Soviet, Berman adalah Anggota dari The Carter Center, dengan fokus khusus dalam hubungan AS-Rusia. Dia mengunjungi Rusia lebih dari 40 kali sejak 1955, baik sebagai sarjana tamu maupun dosen tentang topik hukum Amerika. Dia juga adalah pendiri dan co-direktur Pusat Hukum Amerika di Moskow, sebuah institusi hasil kerja sama Sekolah Hukum Emory dan Kementerian Kehakiman dari Federasi Rusia. Keahliannya tentang hukum Komunis dan pasca-Komunis juga berpengaruh ke Eropa Timur dan Cina dalam beberapa tahun terakhir. Di beberapa kawasan ini, tulisannya menjadi terkenal dan digunakan secara luas.

Pada tahun 1991, Berman dianugerahi gelar Doctor of Laws, honoris causa, oleh Universitas Katolik Amerika; pada tahun 1995, ia diberi gelar Doctor of Humane Letters, honoris causa, oleh Virginia Theological Seminary; dan pada tahun 2000, gelar Doktor, honoris causa, oleh Universitas Hukum Akademi Ilmu Pengetahuan Rusia. Dia terpilih sebagai Fellow dari American Academy of Arts and Sciences pada tahun 1997.[6]

Di tahun-tahun terakhirnya, Berman bekerja untuk memperbaiki ketidaksetaraan sosial global dan membangun sistem kepercayaan, perdamaian, dan keadilan di negara-negara berkembang. Dia ikut mendirikan dan mengetuai World Law Institute, sebuah organisasi yang mensponsori program pendidikan dalam hukum global. Institut tersebut membuka Akademi Hukum Dunia pertama di Central European University di Budapest pada tahun 2000 dan kemudian juga membuka program serupa di Moskow.

Kesarjanaan[sunting | sunting sumber]

Sebagai seorang intelektual yang produktif, Berman menulis 25 buku dan lebih dari 400 artikel ilmiah, termasuk Law and Revolution: The Formation of the Western Legal Tradition and The Nature and Functions of Law, yang telah mempunyai edisi ke-6. Jurnal hukum Constitutional Commentary mendeskripsikan Law and Revolution sebagai "titik tolak standar untuk bekerja di bidang" [sejarah hukum Barat]. Pada kematiannya, The New York Times menyebut Berman sebagai "seorang sarjana ... yang keilmuannya yang kuat mengubah pemikiran tentang asal-usul hukum Barat."

Buku[sunting | sunting sumber]

  • Law and Revolution: The Formation of the Western Legal Tradition
  • Law and Revolution II: The Impact of the Protestant Reformations on the Western Legal Tradition
  • The Nature and Functions of Law (First Edition, 1958; Sixth Edition with William R. Greiner and Samir N. Saliba, 1996)
  • Soviet Criminal Law and Procedure: The RSFSR Codes
  • The Interaction of Law and Religion
  • Soviet law in action: The Recollected Cases of a Soviet Lawyer (1953) with Boris A. Konstantinovsky
  • Soviet Military Law and Administration (1955) with Miroslav Kerner
  • Soviet-American Trade in Legal Perspective: Proceedings of a Conference of Soviet and American Legal Scholars (1975)
  • Religion and International Law (with Mark Janis)
  • Justice in the U.S.S.R.: An Interpretation of Soviet Law (Harvard, 1963)

Artikel ilmiah pilihan[sunting | sunting sumber]

  • Introduction to the World Law Institute
  • The Influence of Christianity Upon the Development of Law

Pengakuan[sunting | sunting sumber]

Pada bulan Maret 2004, sebuah simposium dari sekitar 500 sarjana dan mahasiswa berkumpul di Sekolah Hukum Universitas Emory untuk merayakan kesarjanaan dari tiga Profesor Hukum Robert W. Woodruff, yakni, Harold J. Berman, Martha Albertson Fineman, dan Michael J. Perry, dan Profesor Tamu Martin E. Mart. Pada tahun 2008, Emory Law Journal menerbitkan edisi khusus berjudul In Praise of a Legal Polymath: A Special Issue Dedicated to the Memory of Harold J. Berman (1918–2007).[4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Issues Archive - Harvard Law Today". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-12-28. Diakses tanggal 2022-02-05. 
  2. ^ Martin, Douglas (18 November 2007). "Harold J. Berman, 89, Who Altered Beliefs About Origins of Western Law, Dies". The New York Times. hlm. 37. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-01-23. Diakses tanggal 2022-02-05. 
  3. ^ April L. Bogle, Ginger Pyron, When law and religion meet: the point of convergence, Wm. B. Eerdmans Publishing, 2007, p. 12, ISBN 0-8028-6294-2, ISBN 978-0-8028-6294-5
  4. ^ a b "In Praise of a Legal Polymath: A Special Issue Dedicated to the Memory of Harold J. Berman (1918–2007)," Emory Law Journal, Vol. 57, No. 6 (2008): 1393-1470
  5. ^ Thomas C. Arthur and John Witte, Jr., "The Foundations of Law: Introduction", 54 Emory Law Journal, 1-375 (2005).
  6. ^ "Book of Members, 1780–2010: Chapter B" (PDF). American Academy of Arts and Sciences. Diarsipkan (PDF) dari versi asli tanggal 2006-06-18. Diakses tanggal June 16, 2011. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]