Hari Komunitas Flandria

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Hari Komunitas Flandria
Nama resmi Day of the Flemish Community
Nama lain Feestdag van Vlaanderen
Dirayakan oleh Komunitas Flandria Belgia
Tanggal 11 Juli
Selanjutnya 11 Juli 2018 (2018-07-11)

Hari Komunitas Flandria Belgia, atau dikenal dengan Hari Komunitas Flandria, merupakan hari yang dirayakan setiap 11 Juli[1][2] untuk mengenang Pertempuran Golden Spurs dan hanya dirayakan oleh Komunitas Flandria Belgia.[3]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1302, Raja Perancis Philippe IV mengirimkan pasukan untuk menghukum penduduk Flandria dari Brugge, yang sebelumnya memberontak terhadap raja dan menyerang gubernur Perancis dari Flandria. Pasukan Perancis tersebut berjumlah 2.500 kesatria dan pengawal, serta didukung oleh 5.500 infanteri. Kaum Flandria, sebaliknya, menerjunkan pasukan milisi kota sebanyak 9.000 orang yang terdiri atas pasukan infanteri.

Dua kekuatan itu berperang pada tanggal 11 Juli di sebuah lapangan terbuka di luar kota Flandra dari Kortrijk. Pertempuran itu berakhir ketika milisi Flandria menang telak atas lawan-lawannya. Komandan pasukan Perancis, Robert II dari Artois dikepung dan dibunuh di medan perang itu. Sedikitnya sebanyak seribu penunggang kuda Perancis juga dibunuh dalam pertempuran itu dan sejumlah besar emas dikumpulkan dari medan pertempuan dan diberi nama sesuai dengan pertempuran itu.

Pertempuran tersebut dibuat sebuah roman pada tahun 1838 oleh Hendrik Conscience dalam bukunya De Leeuw van Vlaanderen (bahasa Inggris: The Lion of Flanders).

Deklarasi[sunting | sunting sumber]

Dengan didirikan tiga komunitas linguistik dan budaya Belgia pada tahun 1970, Komunitas Budaya Belanda (bahasa Inggris: Dutch Cultural Community) menjadikannya sebagai sebuah hukum pada tanggal 6 Juli 1973, yang mengatur bendera, lagu kebangsaan dan hari bagi Komunitas Budaya Belanda.

Sejak saat itu, Hari Komunitas Flandria dirayakan di Flandria. Karyawan swasta tidak diminta untuk merayakan hari tersebut; namun institusi-institusi di Pemerintah Flandria dan karyawan umum merayakan hari tersebut.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Robert Pateman; Mark Elliott (2006). Belgium. Marshall Cavendish. hlm. 137. ISBN 978-0-7614-2059-0. 
  2. ^ Tom Masters (2009). Europe on a Shoestring. Lonely Planet. hlm. 133. ISBN 978-1-74220-334-8. 
  3. ^ "National Day and feast days of Communities and Regions". Belgium.be (dalam bahasa bahasa Inggris). Diakses tanggal 11 Juli 2016. The Feast Day of the Flemish Community celebrates the anniversary of 'the battle of the golden spurs' (1302), in which the count of Flanders, with the borough militia, were victorious over the king of France outside Courtrai. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]