Hari Kemerdekaan Sri Lanka

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Nation Day
Nama resmiHari Nasional Sri Lanka
ශ්‍රී ලංකා ජාතික දිනය
இலங்கையின் தேசிய தினம்
Dirayakan olehSri Lanka
JenisHari Nasional
MaknaMemperingati kemerdekaan Sri Lanka dari Britania Raya di tahun 1948.
PerayaanPawai Hari Nasional dan pidato kebangsaan oleh Presiden Sri Lanka
Tanggal4 Februari
SelanjutnyaKesalahan ekspresi: Operator < tak terduga
FrekuensiTahunan

Hari Nasional, juga dikenal dengan Hari Kemerdekaan,[1] merupakan hari libur nasional Sri Lanka yang dirayakan setiap tanggal 4 Februari untuk memperingati kemerdekaan politik dari kekuasaan Britania Raya pada tahun 1948. Dirayakan di seluruh penjuru negeri melalui upacara pengibaran bendera, tari-tarian, pawai dan pertunjukkan. Biasanya, perayaan utama berlangsung di Kolombo, di mana presiden mengibarkan bendera nasional dan menyampaikan pidato nasional melalui televisi.

Banyak perjuangan nasional yang telah dilakukan dalam sejarah Sri Lanka. Pada Hari Kemerdekaan, semua perjuangan tersebut dikenang kembali dan dirayakan. Khususnya, gerakan perjuangan melawan Britaina Raya.

Dalam pidato keprisedenan, presiden menyoroti pencapaian pemerintah selama beberapa tahun belakangan, mengangkat isu penting dan menyerukan pembangunan lebih lanjut. Presiden juga memberikan penghormatan kepada para pahlawan nasional Sri Lanka, mengheningkan cipta selama dua menit dalam memori dan tantangan mereka serta bersumpah untuk membasmi separatisme. Sebuah parade militer besar juga dibuat. Dalam beberapa tahun terakhir, parade tersebut menampilkan kekuatan Angkatan Darat, Angkatan Laut, Angkatan Udara, Kepolisian dan Pasukan Pertahanan Sipil. Komitmen, keberanian, persatuan nasional dan tekad untuk meraih perdamaian dikenang kembali oleh rakyat, yang juga berterima kasih kepada mereka yang berjuang dan mengorbankan nyawa mereka untuk negeri ini.

Perayaan[sunting | sunting sumber]

Terdapat nyanyian dan pertunjukkan yang menampilkan budaya dan persatuan nasional. Ibadah keagamaan juga dilakukan di banyak tempat ibadah di seluruh negara, memohon kedamaian dan kemakmuran bagi negara, rakyat dan tiga mantra. Media nasional juga mempromosikan ide-ide seperti keberanian, kepercayaan diri, dedikasi, persatuan nasional, patriotisme, nasionalisme, perdamaian, tanggung jawab dan kesadaran nasional akan sejarah nasional di benak masyarakat.

Secara kebiasaan tradisional, Angkatan Laut Sri Lanka memberikan penghormatan 21 senjata kepada negara, dari baterai artileri laut seremonial di Mercusuar Kolombo. Google Doodle telah merayakan perayaan ini sekali di tahun 2013 dan mulai dari tahun 2017 hingga tahun selanjutnya.[2]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  

  1. ^ Independence Day celebration to be named as National Day Celebration, ColomboPage.com, 23 January 2019 
  2. ^ "Sri Lanka Independence Day 2021". google.com. Google. Diakses tanggal 25 February 2021.