Hari Kemerdekaan (Amerika Serikat)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Hari Kemerdekaan Amerika Serikat
Pesta kembang api dan Monumen Washington
Nama lainThe Fourth of July
Dirayakan olehAmerika Serikat
JenisNasional
MaknaHari Deklarasi Kemerdekaan Amerika Serikat disahkan oleh Kongres Kontinental Kedua
Perayaankembang api, pertemuan keluarga, konser, barbekyu, piknik, parade, pertandingan bisbol
Tanggal4 Juli
Frekuensitahunan

Hari Kemerdekaan Amerika Serikat (Independence Day atau Fourth of July) adalah hari libur federal setiap tanggal 4 Juli di Amerika Serikat untuk memperingati disahkannya Deklarasi Kemerdekaan oleh Kongres Kontinental Kedua pada 4 Juli 1776. Deklarasi tersebut merupakan proklamasi kemerdekaan Tiga Belas Koloni dari Kerajaan Britania Raya. Hari Kemerdekaan AS dirayakan dengan pesta kembang api, parade, barbekyu, karnaval, piknik, konser, pertandingan bisbol, pidato politik, serta berbagai kegiatan dan upacara resmi yang berkaitan dengan sejarah, pemerintahan, dan tradisi Amerika Serikat.

Perayaan[sunting | sunting sumber]

  • Pada pagi dan petang hari 4 Juli 1777, tigabelas tembakan meriam dibunyikan di Bristol, Rhode Island. Perayaan di Philadephia menandai peringatan Hari Kemerdekaan AS yang pertama. Di Kongres Kontinental diadakan makan malam resmi, bersulang, 13 kali tembakan meriam, pidato, doa, musik, parade, pemeriksaan pasukan, dan pesta kembang api. Kapal-kapal dihiasi dengan bendera merah, putih, dan biru.
  • Pada tahun 1778, Jenderal George Washington merayakan 4 Juli dengan tembakan artileri dan pembagian jatah rum bagi para prajurit sebanyak dua kali dari jatah biasanya. Di Paris, Duta Besar John Adams dan Benjamin Franklin mengadakan jamuan makan malam untuk orang Amerika.
  • Pada tahun 1779, tanggal 4 Juli jatuh pada hari Minggu. Hari Kemerdekaan AS dirayakan pada hari Senin, 5 Juli.
  • Pada tahun 1971, Massachusetts General Court menjadi badan legislatif negara bagian di AS yang pertama kali menetapkan tanggal 4 Juli sebagai perayaan negara bagian.
  • Pada tahun 1783, jemaat Gereja Moravia di Salem, North Carolina merayakan tanggal 4 Juli dengan karya musik Psalm of Joy oleh Johann Friedrich Peter.
  • Pada tahun 1791 untuk pertama kalinya istilah Independence Day dipakai dalam dokumen tertulis.
  • Pada tahun 1870, Kongres Amerika Serikat menetapkan Hari Kemerdekaan AS sebagai hari libur tidak dibayar bagi pegawai federal.[1]
  • Pada tahun 1931, Kongres mengubah Hari Kemerdekaan AS sebagai hari libur federal yang dibayar bagi pegawai federal.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Independence Day Celebrations Database". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-08-11. Diakses tanggal 6 Juni 2007. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]