Hari Hijab Sedunia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Hari Hijab Sedunia adalah acara tahunan yang dipelopori oleh Nazmaa Khan. Kegiatan yang diperingati setiap tanggal 1 Februari ini pertama kali diselenggarakan pada tahun 2013. Kegiatan ini bertujuan untuk menghilangkan diskriminasi yang sering diterima oleh perempuan muslim karena hijabnya dan mengajak perempuan yang belum atau tidak memakai hijab untuk merasakan pengalaman sehari menggunakan hijab.[1] Acara ini merupakan acara tahunan terbesar dibawah World Hijab Day Organization.

Latar Belakang[sunting | sunting sumber]

Dicetuskan pertama kali oleh seorang perempuan kelahiran Bangladesh yang tumbuh besar di Bronx, New York. Nazmaa pernah mengalami diskriminasi yang merupakan buah dari islamophobia yang marak terjadi di negara Barat. Semasa sekolah menengah, Nazmaa menerima beberapa julukan yang buruk disebabkan hijab yang digunakannya. Hal inilah yang menjadi insiatif Nazma untuk membentuk acara tahunan agar masyarakat terbuka dan memahami bentuk kekerasan yang diterima oleh perempuan berhijab.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Ini Awal Mula Peringatan Hari Hijab Sedunia". Republika Online. 2015-02-02. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-02-05. Diakses tanggal 2020-05-06. 
  2. ^ Elmira, Putu. Riani, Asnida, ed. "Mengenal Asal-usul World Hijab Day yang Dirayakan Setiap 1 Februari". Liputan6.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-07-26.