Hari Diabetes Sedunia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Logo untuk Hari Diabetes Dunia

Hari Diabetes Sedunia adalah kampanye kesadaran global yang terhadap diabetes mellitus dan diadakan setiap 14 November.

Diselenggarakan oleh Federasi Diabetes Internasional (IDF), setiap Hari Diabetes Dunia berfokus pada sebuah tema yang berkaitan dengan diabetes, yang merupakan penyakit tidak menular yang dapat dicegah dan diobati dan mengalami peningkatan pesat di seluruh dunia.[1] Topik yang dibahas termasuk diabetes dan hak asasi manusia, diabetes dan gaya hidup, diabetes dan obesitas, diabetes pada mereka yang kurang beruntung dan rentan, dan diabetes pada anak-anak dan remaja. Saat kampanye berlangsung sepanjang tahun, hari itu sendiri menandai ulang tahun dari Frederick Banting yang, bersama dengan Charles Best dan John James Rickard Macleod, pertama mengagas penemuan insulin pada tahun 1922.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Hari Diabetes dunia dirayakan pertama kalinya pada 1991 oleh IDF dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dalam menyikapi peningkatan pesat diabetes di seluruh dunia.[1][2]

Pada tahun 2016, Hari Diabetes Dunia dirayakan oleh lebih dari 230 anggota asosiasi IDF dari lebih 160 negara dan wilayah, serta dengan organisasi-organisasi lain. seperti;perusahaan, profesional kesehatan, politisi, selebriti, dan orang-orang yang hidup dengan diabetes dan keluarga mereka.[3] Kegiatan meliputi skrining diabetes, program-program radio dan televisi kampanye, acara olahraga, dan lain-lain.

Tema[sunting | sunting sumber]

Tema sebelumnya dalam kampanye Hari Diabetes Dunia telah difokuskan pada faktor-faktor yang berbeda yang mempengaruhi risiko diabetes dan komplikasinya:

  • 2016: Mata dan Diabetes
  • 2015: Makan Sehat
  • 2014: Biru untuk Sarapan
  • 2013: Melindungi masa Depan kita: Pendidikan dan Pencegahan Diabetes

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "Previous campaigns". World Diabetes Day. International Diabetes Federation. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2010-07-23. Diakses tanggal 4 November 2010.  Kesalahan pengutipan: Tanda <ref> tidak sah; nama "WDD_prevcamp" didefinisikan berulang dengan isi berbeda
  2. ^ Organisasi Kesehatan Dunia.
  3. ^ Diabetes.co uk.