Hari Bendera

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Prangko Hari Bendera ke-50 di Kepulauan Faroe

Hari Bendera adalah hari libur yang terkait dengan bendera. Biasanya pada hari tersebut ditetapkan untuk mengibarkan bendera tertentu (seperti bendera nasional), atau memperingati peristiwa bersejarah tentang bendera tersebut seperti pengadopsian bendera, tanggal bendera diciptakan dan sebagainya.

Hari bendera biasanya dikodifikasikan dalam undang-undang nasional, namun di beberapa negara, keputusan dari kepala negara juga dapat menjadi dasar peringatan hari bendera. Undang-undang atau keputusan dapat menentukan lokasi di mana bendera dikibarkan dan bagaimana mereka dikibarkan (misalnya, penuh satu tiang atau setengah tiang).

Hari bendera di dunia[sunting | sunting sumber]

Negara Tanggal Detail
 Afghanistan 19 Agustus Hari kemerdekaan, 1919.
 Albania 28 November Hari kemerdekaan, 1912.
 Amerika Serikat 14 Juni Hari Bendera. Memperingati pengadopsian bendera AS pada 14 Juni 1777.
 Argentina 20 Juni Hari meninggalnya Manuel Belgrano, yang menciptakan bendera saat ini.
 Aruba 18 Maret Hari bendera. Diterapkannya bendera nasional pada 18 Maret 1976.
 Australia 3 September Hari Bendera Nasional Australia, memperingati pengibaran pertama dari Bendera Nasional Australia pada tahun 1901.
 Azerbaijan 9 November Hari Bendera Negara, secara resmi digunakan pada tahun 2009,[1] untuk memperingati pengadopsian Bendera Azerbaijan pada 9 November 1918.[2]
 Åland Minggu terakhir bulan April Memperingati pengadopsian Bendera Åland
 Bolivia 17 Agustus Hari Bendera di Bolivia. Memperingati penciptaan bendera nasional pertama.
 Brasil 19 November Hari Bendera di Brasil; diadopsi pada 1889
 Curaçao 2 Juni Dia di Himno i Bandera ("Hari Bendera dan Lagu Kebangsaan Nasional"). Pengadopsian bendera nasional pada 2 Juni 1984.
 Denmark 15 Juni Hari ulang tahun Pertempuran Valdemar pada 1219 di Lyndanisse, Estonia, di mana menurut legenda, ("Dannebrog") jatuh dari langit. Hal ini juga merupakan peringatan kembalinya Slesvig Utara pada tahun 1920 ke Denmark menyusul plebisit pasca Perang Dunia I.
 Ekuador 26 September "Hari Bendera Nasional" ("Dia de la Bandera Nacional").
 Estonia 4 Juni "Eesti lipu päev" (Hari Bendera Nasional). Penetapan Bendera Estonia pada tahun 1884.[3]
 Filipina 28 Mei Araw ng Watawat ("Hari Bendera"), memperingati Pertempuran Alapan 1898 di mana Bendera Filipina pertama kali digunakan.
 Finlandia Hari Midsummer "Suomen lipun päivä", ("Hari bendera Finlandia") dirayakan setiap tahun sejak 1934.
 Georgia 14 Januari საქართველოს სახელმწიფო დროშის დღე (sak'art'velos sakhelmts'ip'o droshis dghe, "Hari Bendera Negara Georgia"), (2004).[4]
 Haiti 18 Mei
 India 7 Desember Hari Bendera Angkatan Bersenjata menghormati tentara, penerbang dan pelaut India.
 Inggris 23 April "St. George's Day".
 Italia 7 Januari Festa del tricolore ("Festival Triwarna") memperingati pengadopsian bendera Italia pada tahun 1797.
 Kanada
15 Februari
21 Januari[5][6]
Hari Bendera Nasional Kanada memperingati pengadopsiannya bendera Kanada, 15 Februari 1965.
Hari Bendera Québec[7] (Perancis: Jour du Drapeau) memperingati pengibaran pertama kali bendera Quebec, 21 Januari 1948.
 Kepulauan Faroe 25 April
 Kolombia 20 Juli
7 Agustus
Deklarasi Kemerdekaan (1810) (Diperingati sebagai Hari Nasional); Pertempuran Boyaca (1819)
 Liberia 24 Agustus Flag day Penetapan hari libur pertama kali pada konvensi 1847, ketika para pendiri negara menyetujui desain bendera bersama dengan pendirian republik baru.[8]
 Lituania 1 Januari Vėliavos diena ("Hari bendera") memperingati pengibaran bendera Lituania di Menara Gediminas pada 1919.
 Makedonia Setiap tanggal 1 dan 15 tiap bulannya. Ден на македонското знаме (Den na makedonskoto zname, "Hari Bendera Makedonia").
 Meksiko 24 Februari
 Moldova 27 April
 Norwegia 17 Mei Perayaan Konstitusi Norwegia, yang ditandatangani pada 17 Mei 1814. Sekarang hari nasional dari Norwegia.
 Pakistan 11 Agustus Majelis Nasional Pakistan mengadopsi bendera negara pada hari ini.
 Peru 7 Juni Memperingati Pertempuran Arica dan pengorbanan Alfonso Ugarte.
 Polandia 2 Mei Hari libur diperkenalkan pada tahun 2004, memperingati pengibaran bendera di Siegessaule selama Pertempuran Berlin.
 Portugal 1 Desember Hari libur diperkenalkan pada tahun 1910, memperingati pengibaran bendera di Praça dos Restauradores pada hari ulang tahun Perang Restorasi Portugis.
 Rumania 26 Juni Hari libur diperkenalkan pada tahun 1998, merayakan Dekret No. 1 Pemerintahan Sementara Wallachia, yang membuat triwarna biru-kuning-merah sebagai bendera nasional.
 Rusia 22 Agustus Memperingati pengibaran bendera saat ini diatas White House, Moskwa setelah percobaan kudeta 1991.
 Skotlandia 30 November Hari St. Andrew, hari nasional Skotlandia.
 Swedia 6 Juni Svenska flaggans dag ("Hari Bendera Swedia"), sejak akhir abad ke-19. Juga Hari Nasional Swedia sejak tahun 1983.
 Sri Lanka 4 Februari Hari Kemerdekaan ("Hari Bendera Nasional Sri Lanka"), Hari kemerdekaan Sri Lanka adalah acara nasional yang besar dirayakan dengan parade dan kontes dikombinasikan dengan semangat patriotisme dan kebanggaan nasional. Hari Nasional Sri Lanka sejak tahun 1948.
 Turkmenistan 19 Februari Memperingati pengadopsian bendera negara pertama setelah mendapatkan kemerdekaan dari Uni Soviet.
 Ukraina 23 Agustus День Державного прапора (Den Derzhavnoho prapora, "Hari Bendera Nasional") memperingati pengadopsian bendera Ukraina sejak 2004.[9]
 Uni Eropa 9 Mei Hari Eropa memperingati Deklarasi Schuman.
 Yunani 27 Oktober "Ημέρα της σημαίας (imera tis simeas, "Hari Bendera")

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Catatan[sunting | sunting sumber]