Hari Bahasa Eropa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Hari Bahasa Eropa adalah 26 September, sebagaimana diproklamasikan oleh Majelis Eropa pada 6 Desember 2001, pada akhir Tahun Bahasa-Bahasa Eropa (2001), yang telah diselenggarakan bersama oleh Majelis Eropa dan Uni Eropa [1]. Tujuannya adalah untuk mendorong pembelajaran bahasa di seluruh Eropa.

Tujuan[sunting | sunting sumber]

Tujuan umum dari Hari Bahasa Eropa adalah:

  • Beri tahu publik tentang pentingnya pembelajaran bahasa dan diversifikasi berbagai bahasa yang dipelajari untuk meningkatkan pemahaman Pluralisme dan antar budaya;
  • Mempromosikan keragaman linguistik dan budaya yang kaya di Eropa;
  • Mendorong Pembelajaran bahasa seumur hidup di dalam dan di luar sekolah.

Sesuai dengan aturan-aturan ini, orang-orang, muda dan tua, didorong untuk mempelajaru suatu bahasa, atau berbangga dengan bahasa yang sudah mereka kuasai. Selain itu, mereka yang menjadi pengajar bahasa didorong untuk mempermudah orang untuk mempelajari berbagai bahasa, dan untuk mendukung inisiatif kebijakan untuk mempromosikan bahasa. Ada juga penekanan pada belajar bahasa selain bahasa Inggris.

Pada kesempatan hari itu, berbagai acara diselenggarakan di seluruh Eropa [2][3], termasuk acara untuk anak-anak, program televisi dan radio, kelas bahasa dan konferensi. Acara-acara itu tidak digelar oleh Majelis Eropa atau Uni Eropa dan mereka tidak mengalokasikan dana khusus (yaitu selain dari program bahasa mereka yang ada) untuk hari itu. Negara anggota dan mitra potensial diberikan kebebasan untuk mengadakan kegiatan.[4]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "PACE - Recommendation 1539 (2001) - European Year of Languages". assembly.coe.int. Diakses tanggal 2018-09-26. 
  2. ^ Languages, European Day of. "European Day of Languages > Home". www.ecml.at (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2018-09-26. 
  3. ^ "View source for European Day of Languages". Wikipedia (dalam bahasa Inggris). 
  4. ^ "European Day of Languages 26 September 2007 - CILT". 2009-04-03. Diakses tanggal 2018-09-27.