Haplogrup

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
  Haplogrup Leluhur
  Haplogrup A (Hg A)
  Haplogrup B (Hg B)
Semua molekul ini adalah bagian dari haplogrup leluhur. Pada suatu waktu, mutasi terjadi pada molekul leluhur, mutasi A, yang menghasilkan garis keturunan baru. Ini adalah haploid A, yang didefinisikan oleh mutasi A. Kemudian, mutasi baru, mutasi B, terjadi pada seseorang yang membawa haploid A. Mutasi B mendefinisikan haploid B. Haploid B merupakan subkelompok dari haploid A. Baik haploid A maupun B merupakan subkelompok dari haploid leluhur.

Haplogrup adalah sekelompok kromosom tunggal, atau untaian DNA tunggal, yang memiliki nenek moyang yang sama. Mereka memiliki mutasi yang sama di semua versi.[1]

Haplogrup menunjukkan asal-usul leluhur yang berasal dari ribuan tahun yang lalu.[2]

Dalam genetika manusia, haplotipe yang biasanya dipelajari adalah haplogrup kromosom Y (Y-DNA) dan haplogrup DNA mitokondria (mtDNA). Keduanya dapat digunakan untuk menentukan populasi genetik. Y-DNA hanya diturunkan dari ayah ke anak, sedangkan mtDNA hanya diturunkan dari ibu ke anak. Keduanya tidak dapat bergabung kembali, sehingga Y-DNA dan mtDNA hanya berubah karena mutasi kebetulan tanpa adanya percampuran antara materi genetik orang tua.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Cara teknis untuk mengatakannya adalah: mereka memiliki polimorfisme nukleotida tunggal (SNP) mutasi yang sama di semua haplotipe.
  2. ^ The International Society of Genetic Genealogy see Haplogroup definition in DNA--NEWBIE GLOSSARY [1] Diarsipkan 2019-05-16 di Wayback Machine.