Handi Irawan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Handi Irawan
HANDI IRAWAN.jpg
Handi Irawan D
Informasi pribadi
Lahir1 April 1964 (umur 55)
Bendera Indonesia Solo, Jawa Tengah, Indonesia

Handi Irawan D. (lahir di Solo, Jawa Tengah, 1 April 1964) Handi Irawan D adalah CEO dan Founder dari Frontier Group, sebuah perusahaan yang bergerak  di bidang Marketing  dan Teknologi  Digital. Frontier Group  memiliki 5 unit bisnis. (1) Frontier Marketing Research yang sudah berpegamalan selama 25 tahun dan melayani ribuan perusahaan di Indonesia dan luar negeri. (2) Frontier Technology dimana salah satu produknya adalah  email dan marketing automation yang bekerjasama dengan Netcore India. Saat ini sudah melayani lebih dari 120 perusahaan, termasuk Tokopedia, Traveloka , Bukalapak. (3) Frontier Digital yang memiliki beberapa platform digital tools seperti Digital One, Ascope, Spradz. (4) Frontier Academy dan  (5) Frontier Capital yang sudah berinvestasi di beberapa perusahaan startup seperti  Giladiskon,  AINO,  Pomona, dan juga berafiliasi dengan Venture Capital Everhaus.

Handi Irawan juga menjabat komisaris di beberapa perusahaan teknologi dan perusahaan yang bergerak di bidang industri kesehatan. Handi Irawan adalah penggagas beberapa penghargaan di Indonesia. Top Brand Award (TBA) adalah salah satu penghargaan populer di Indonesia yang sudah menginspirasi  banyak perusahaan bagaimana membangun merek yang kuat. Penghargaan yang lain adalah Corporate Image Award (CIA), Indonesia Customer Satisfaction Award (ICSA), dan juga Indonesia Attractiveness Award (IAA) yang memberikan penghargaan kepada Kepala Daerah di Indonesia.  

Handi Irawan juga penggagas beberapa hari penting di Indonesia beberapa diantara adalah Hari Pelanggan Nasional (Harpelnas) yang dideklarasikan oleh Presiden RI ke 5 Ibu Megawati Sukarnoputri  pada tahun 2003, yang sampai saat ini sudah diperingati oleh ribuan perusahaan di Indonesia setiap tanggal 4 September. Beberapa Hari lain yang digagas Handi Irawan adalah Hari Marketing Indonesia (1 April), Hari Media Sosial  (10 Juni) dan Hari Inovasi (1 Nopember).

Handi Irawan pernah menjabat sebagai Presiden dari AMA-Indonesia yaitu organisasi manajemen terbesar di Indonesia dari tahun 2001 sd 2007 dan 2011 sd 2015. Handi Irawan adalah juga penulis buku best seller salah satunya adalah 3 Rules for Success in Building Top Brands. Handi Irawan juga pernah mendapat penghargaan dari Australian Alumni Award yang didukung oleh pemerintah Australia untuk kategori  Entrepreneurship.

Buku

  1. 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan, PT. Elex Media Komputindo, Jakarta 2002
  2. Winning Strategy, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2002
  3. Indonesian Customer Satisfaction, PT. Elex Media Komputindo, Jakarta 2003
  4. Smarter Marketing Moves, PT. Elex Media Komputindo, Jakarta, 2007
  5. 10 Karakter Unik Konsumen Indonesia, Publishing One, Jakarta, 2008
  6. 3 Rules for Success in Building Top Brands, Publishing One, Jakarta 2016

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]