Hamza Namira

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Hamza Namira
Namira performing at a concert in 2010
Namira performing at a concert in 2010
Informasi latar belakang
Nama lahirHamza Namira
Lahir15 November 1980 (umur 43)[1][2]
Abha, Arab Saudi[1]
Genre
  • Egyptian music
  • pop
  • Revolution music
Pekerjaan
Instrumen
  • Vokal
  • gitar
Tahun aktif1999 - sekarang
Label
Situs webhamzanamira.net

Hamza Namira (Arab: حمزة نمرة; lahir 15 November 1980) adalah seorang penyanyi, penulis lagu, dan instrumentalis berkebangsaan Mesir. Dia bernyanyi tentang budaya modern Arab, membahas isu-isu sosial dan kemanusiaan yang relevan melalui lagu-lagu dan telah merilis tiga album studio; "Dream With Me", "Insan"," Esmaani", dan "El-Mesaharaty" yang diproduksi oleh Awakening Records.

Karier[sunting | sunting sumber]

Awal[sunting | sunting sumber]

Hamza Namira memiliki asal-usul keluarga dari Mansoura, Mesir. Ia lahir dan dibesarkan di Arab Saudi sampai usia 12 tahun. Ketika orang tuanya kembali ke Mesir, ayahnya bekerja sebagai dokter dan seorang seniman amatir. Ia tinggal di Iskandariyah untuk menghadiri sekolah dan perguruan tinggi.[1] Hamza Namira mulai mengembangkan minat dalam musik saat ia 17 tahun, dia mulai belajar gitar, keyboard, dan 'Oud. Dia juga mengembangkan minat dalam beberapa gaya music yaitu: Timur Tengah, Mesir tradisional dan Musik Rakyat, light rock, Jazz, dan musik latin. Dari tahun 1999 sampai tahun 2004, Namira bermain di sebuah band yang dipimpin oleh artis Iskandariyah yaitu Nabil Bakly dan melanjutkan untuk membentuk kelompok sendiri. Ia menulis. lagu pertamanya dan berhasil mendapatkan beberapa teman yang berpikiran sama dan membentuk band "Nomaira".[2]

Hamza Namira belajar akuntansi di Universitas Iskandariyah saat ia mengambil saran Nabil Bakly ini; untuk mendapatkan penghasilan independen cukup besar untuk mengejar karier musiknya tanpa takut ia harus satu hari memilih antara mencari nafkah dan mengorbankan nilai – nilai.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b عايش [Ayesh], محمد [Muhammad] (18 Januari 2014). "مصري تربَّى في السعودية أصبح أشهر فناني الثورة [An Egyptian raised in KSA became the most popular artist of the Egyptian revolution]". Alarabiya.net. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-08-13. Diakses tanggal 2 April 2020. 
  2. ^ Abdelrazek, Alaa (21 Desember 2020). "تصدر موقع يوتيوب بمصر.. حمزة نمرة صوت الثورة يعود بـ"مولود سنة 80″" [Topping Youtube Egypt .. Hamza Namira, Voice of the Revolution, Returns with "Born in the Year 80"]. Al Jazeera. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-09-02. Diakses tanggal 2021-07-19. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]