Hamster & Gretel

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Hamster & Gretel
GenreLaga
Komedi
Musikal
Pahlawan Super
PembuatDan Povenmire
Pengisi suaraMeli Povenmire
Michael Cimino
Beck Bennett
Joey King
Matt Jones
Carolina Ravassa
Penggubah lagu temaDan Povenmire
Lagu pembuka"Hamster & Gretel Theme Song"
Penata musikDanny Jacob
Negara asalAmerika Serikat
Bahasa asliInggris
Produksi
Produser eksekutifDan Povenmire
ProduserBrandi Young
Durasi22 menit (dua segmen berdurasi 11 menit)
Rumah produksiDisney Television Animation
Rilis asli
JaringanDisney Channel
Rilis12 Agustus 2022 (2022-08-12) – sekarang
Acara terkait
Milo Murphy's Law
Phineas and Ferb

Hamster & Gretel adalah sebuah seri televisi animasi Amerika yang dibuat oleh Dan Povenmire yang ditayangkan perdana di Disney Channel pada 12 Agustus 2022. Pada Januari 2023, seri ini diperbarui untuk musim kedua.

Alur[sunting | sunting sumber]

Seorang remaja laki-laki berusia 16 tahun, Kevin, harus bekerjasama dengan adik perempuannya, Gretel ketika Gretel dan hamster peliharaannya diberikan kekuatan super oleh alien dan menjadi duo pahlawan super yang berdedikasi untuk menyelamatkan kota.[1]

Karakter[sunting | sunting sumber]

Utama[sunting | sunting sumber]

  • Gretel Grant-Gomez (diisi suaranya oleh Meli Povenmire)[2] – Adik perempuan Kevin yang bersemangat yang mendapatkan kekuatan super dan menjadi pahlawan super. Meskipun dia bermaksud baik, Gretel memiliki kecenderungan untuk memperburuk masalah dengan menggunakan kekerasan.
  • Kevin Grant-Gomez (diisi suaranya oleh Michael Cimino)[2] – Seorang remaja laki-laki berusia 16 tahun yang terus mencoba untuk mendukung Hamster dan Gretel sebagai pahlawan super.
  • Hamster (diisi suaranya oleh Beck Bennett)[2] – Hamster peliharaan Kevin dan Gretel yang tabah yang mendapatkan kekuatan super serta kemampuan berbicara, tetapi umumnya hanya melakukannya pada saat-saat lucu.
  • Winifred "Fred" Grant (diisi suaranya oleh Joey King)[2] – Sepupu Kevin dan Gretel yang datar, sarkastik, sinis, dan paham teknologi, yang bertindak sebagai dukungan teknis tim.
  • Dave Grant-Gomez (diisi suaranya oleh Matt Jones)[2] – Ayah Kevin dan Gretel yang bekerja sebagai pengelola gedung di sebuah kompleks apartemen. Dia secara fisik didasarkan pada pembuat serial, Dan Povenmire.[3]
  • Carolina Grant-Gomez (diisi suaranya oleh Carolina Ravassa)[2] – Ibu Kevin dan Gretel yang eksentrik namun bijaksana yang bekerja sebagai perawat.

Berulang[sunting | sunting sumber]

  • Bailey Carter (diisi suaranya oleh Priah Ferguson)[4] – Sahabat dekat Gretel dan juga penggemar Gretel sebagai pahlawan super, yang tidak menyadari bahwa mereka adalah satu dan sama.
  • Roman Carter (diisi suaranya oleh Michael-Leon Wooley) – Ayah Bailey yang bekerja sebagai produser permainan video.
  • Veronica Hill (diisi suaranya oleh Liza Koshy)[4] – Reporter berita yang blak-blakan dan tajam yang sering memasukkan masalah pribadinya ke dalam berita terkini.
  • Anthony (diisi suaranya oleh Akintoye)[4] – Teman Kevin yang selalu percaya diri.
  • Hiromi Tanaka (diisi suaranya oleh Hiromi Dames) – Seorang gadis yang bekerja di sebuah toko buku dan merupakan minat cinta Kevin.[5]
  • Naya (diisi suaranya oleh Abby Espiritu) – Kepala pemandu sorak di SMA Kevin dan Fred. Sebuah lelucon melibatkan dia mengomentari penyamaran kartun karakter lain.
  • Alien yang tak terlihat (diisi suaranya oleh Dan Povenmire dan Joanna Hausmann) – Entitas tak terlihat yang mengendarai UFO dan memberikan kekuatan super kepada orang asing dan barang-barang acak seperti Hamster dan Gretel, FistPuncher dan The Destructress, La Cebolla, balon kastil, dan sisa-sisa Sloppy joe.

Penjahat[sunting | sunting sumber]

  • Lauren/The Destructress dan Lyle/FistPuncher (diisi suaranya masing-masing oleh Alyson Stoner dan Brock Powell) – Saudara kembar yang menjadi penjahat super. Keduanya memiliki kekuatan super yang mirip dengan Hamster dan Gretel karena pertemuan mereka dengan alien yang sama yang memberi Hamster dan Gretel kekuatan super mereka.
  • Profesor Exclamation (diisi suaranya oleh Phil LaMarr) – Penjahat super yang dinamai berdasarkan tanda baca. Dia memiliki seorang putra bernama Nordle (diisi suaranya oleh Pamela Adlon) yang akrab dengan Gretel.
  • El Luchador (diisi suaranya oleh Carlos Alazraqui) – Penjahat super bertema pegulat yang menyukai ropa vieja en Diarsipkan 2023-07-02 di Wayback Machine..
  • Rodney Thunderpants (diisi suaranya oleh James Adomian) – Seorang koboi yang memiliki elektrokinesis dan sangat membenci ponsel.
  • Van Dyke (diisi suaranya oleh Casey Hamilton) – Janggut Van Dyke yang hidup yang dapat merasuki orang dengan menempelkan dirinya ke wajah mereka.
  • Pelatih Haggerty (diisi suaranya oleh Betsy Sodaro) – Pelatih pemandu sorak yang menghipnotis orang untuk melakukan kejahatan untuknya menggunakan peluitnya.
  • La Cebolla (diisi suaranya oleh Karina La Voz) – Seorang mantan bintang telenovela yang berubah menjadi penjahat dengan kemampuan untuk berkomunikasi dengan bawang dan tanaman yang berhubungan dengan bawang sejak bertemu dengan alien yang sama yang memberi Hamster dan Gretel kekuatan super mereka.
  • CopyCat (diisi suaranya oleh Eric Bauza) – Seorang pecandu buku komik dengan dana perwalian yang besar dan gelar di bidang teknik yang menciptakan setelan super berdasarkan karakter buku komik "Man Cat."
  • Neighslayer (diisi suaranya oleh Thomas Sanders) – Seorang mantan bintang trek yang bermutasi menjadi mutan setengah manusia setengah kuda setelah percobaan gagal. Ini membuatnya dengan kuku kuda sebagai pengganti tangan manusianya dan kaki belakang kuda sebagai pengganti kaki manusianya.
  • Dr. Eelgood (diisi suaranya oleh Keith Ferguson) – Seorang ilmuwan gila yang bersumpah akan membalas dendam pada akuarium lokal, dan secara genetik merekayasa belut yang hampir tidak bisa dihancurkan. Dia adalah salah satu penyewa Dave, meskipun dia diusir saat eksperimennya terungkap.
  • The X-terminator (diisi suaranya oleh John DiMaggio) – Penjahat super yang tubuh manusianya secara tidak sengaja menyatu dengan alat penangkap tikusnya. Dia sekarang memiliki dendam terhadap semua jenis hewan pengerat.
  • The Amplifier (diisi suaranya oleh Khary Payton) – Penjahat super dengan senjata laser yang secara dramatis dapat meningkatkan ukuran apa pun yang ditembakkannya.
  • The Nightmarionette (diisi suaranya oleh Michael-Leon Wooley) – Penjahat yang dapat menciptakan proyeksi ketakutan terbesar manusia.
  • Bob Infantiburg/Big Baby (diisi suaranya oleh Brock Powell) – Seorang mantan calon walikota dan mantan pacar Veronica Hill yang secara tidak sengaja mengubah dirinya menjadi bayi seukuran kaiju.
  • Tina (diisi suaranya oleh Camryn Grimes) – Murid baru di kelas Gretel dan Bailey yang ternyata adalah mata-mata dari negara Bolgylvania.
  • The Earworm (diisi suaranya oleh Adam Rose) – Penjahat super penulis lagu yang menulis jingle jahat yang menghipnotis Hamster dan Gretel.
  • The East Side Bantam (diisi suaranya oleh Cree Summer) – Mantan maskot sekolah mirip ayam yang mencoba menyabotase setiap permainan sekolah setelah digantikan oleh maskot East Side Plumber. Identitas aslinya terungkap sebagai Christine DuPoulet yang dikatakan telah menghilang selama produksi panggung The Vikings of Venzance. Sebenarnya, dia melarikan diri karena turun dengan kasus demam panggung yang parah dan bersembunyi di bawah panggung dengan berpakaian seperti East Side Bantam. Setelah digagalkan oleh Gretel yang juga menderita demam panggung, Christine menjadi maskot baru dari "Kostum Diskon Frank yang didiskon".

Produksi[sunting | sunting sumber]

Pengembangan[sunting | sunting sumber]

Pada Oktober 2020, dilaporkan bahwa co-creator Phineas and Ferb dan Milo Murphy's Law, Dan Povenmire sedang mengembangkan serial animasi baru dengan urutan 20 episode untuk Disney Channel, berjudul Hamster & Gretel, yang diproduksi oleh Disney Television Animation.[6] Povenmire pertama kali mengajukan pertunjukan sebagai animasi pada tahun 2019, dengan dia menyediakan semua pengisi suaranya. Karakter Hamster berasal dari gambar yang dia buat di papan sketsanya selama pengembangan film Disney+ Phineas and Ferb the Movie: Candace Against the Universe (2020). Itu kemudian disempurnakan saat Povenmire sedang berlibur bersama keluarganya di Aruba.[5] Serial ini menandai proyek pertama Povenmire sebagai showrunner tanpa Jeff "Swampy" Marsh, karena yang terakhir mengembangkan proyeknya sendiri setelah membuat studionya sendiri. Namun, Marsh akan tetap mengisi suara sebagai berbagai karakter dalam serial tersebut.[7]

Pada September 2021, Joanna Hausmann bergabung dengan serial ini sebagai penulis utama, produser bersama, dan editor cerita.[8] Povenmire mendekatinya setelah mendengarkan Haunsman berbicara tentang pengalamannya sebagai orang Venezuela, karena dia merasa dia bisa membawa keaslian representasi Venezuela seri tersebut.[3] Povenmire juga menyatakan bahwa acara tersebut menawarkan representasi ADHD, melalui Gretel.

Pada bulan Juni 2022, diumumkan bahwa sepuluh episode tambahan telah dipesan, sehingga total jumlah episode menjadi 30.[9] Pada 13 Januari 2023, diumumkan bahwa serial tersebut diperbarui untuk musim kedua, sebagai bagian dari kesepakatan keseluruhan antara Povenmire dan Disney Branded Television.[10]

Penulisan[sunting | sunting sumber]

Penulisan untuk Hamster & Gretel dimulai pada Oktober 2020. Itu dilakukan dari jarak jauh karena penutupan Disney TVA selama pandemi COVID-19.[11] Serial ini didasarkan pada dinamika Povenmire dengan adik perempuannya yang jauh lebih muda, yang menurutnya belum pernah digambarkan di TV sebelumnya;[6] sutradara Amber T. Hollinger menggambarkan hubungan antara Kevin dan Gretel sebagai fokus utama serial tersebut,[12] dengan arc Kevin berpusat pada perannya sebagai kakak laki-laki setelah Gretel menerima kekuatannya.[7] Povenmire juga mendapat inspirasi dari keluarganya untuk karakter Kevin dan Gretel.[13] Serial ini menampilkan karakter utama Venezuela; ini terinspirasi oleh Hausmann dan istri Povenmire yang merupakan orang Venezuela.[14] Serial ini juga memasukkan beberapa telur paskah Venezuela.[13]

Serial ini diatur di alam semesta yang sama dengan Phineas and Ferb dan Milo Murphy's Law, dengan karakter dari kedua pertunjukan membuat akting cemerlang di Hamster dan Gretel. Namun, Povenmire mencatat tidak ada rencana untuk persilangan formal dalam serial tersebut, tidak seperti Milo Murphy's Law.

Animasi[sunting | sunting sumber]

Snipple Animation dan Synergy Animation menyediakan layanan animasi untuk serial ini; mengerjakan episode pertama yang selesai pada Mei 2022.[15][16] Episode diproduksi secara bersamaan pada tahap yang berbeda, dengan beberapa di pra-produksi dan lainnya di pasca-produksi.[11] Serial ini akan menampilkan rangkaian aksi yang memiliki kualitas sinematik lebih dari Phineas and Ferb dan Milo Murphy's Law.[12][16]

Musik[sunting | sunting sumber]

Hamster & Gretel (Original Soundtrack)
Lagu tema karya Hamster & Gretel - Pemeran
Dirilis12 Agustus 2022
Direkam2020–2022
GenreLagu tema
Durasi15:25
LabelWalt Disney
ProduserDanny Jacob

Mirip dengan karya sebelumnya, Povenmire menulis lagu untuk serial tersebut. Soundtrack dirilis pada hari pemutaran perdana serial tersebut.[11]

No.JudulPenciptaPenampilanDurasi
1."Hamster & Gretel Theme Song"Dan PovenmireDan Povenmire0:56
2."Strawberry Festival"Povenmire, Sophia JamesPovenmire1:29
3."My Best Friend Bailey's Party"Povenmire, Florence MilazzoGretel1:28
4."I Got Beef"Akintoye, PovenmireAkintoye1:06
5."Tiny White Tux"Povenmire, Sophia JamesSophia James1:17
6."How You Feel About Me"Berit Dybing, PovenmireKevin1:09
7."I'm the Bomb"PovenmireAlex Povenmire1:24
8."La Cebolla"PovenmireLa Cebolla1:30
9."Just Another Friday Night"PovenmireJames0:43
10."Overload the Grid"Povenmire, Danny JacobKevin & the Duck Boyz1:01
11."Dance Battle"Povenmire & Martin OlsonRobbie Wyckoff1:14
12."Get Ready for a Rumble"PovenmirePovenmire1:00
13."I Can Be Bad"Povenmire, Michael CiminoKevin1:00

Daftar episode[sunting | sunting sumber]

No.JudulSutradaraDitulis dan dibuat papan ceritanya olehTanggal tayang asliProd.
produksi [17]
Penonton Amerika Serikat
(juta)
1"Empower Failure"
"Oakey Dokey"
Dan Povenmire & Amber Tornquist Hollinger
Dan Povenmire & Tricia Garcia
Dan Povenmire
Ditulis oleh : Dan Povenmire
Papan cerita oleh : Dan Povenmire & Rufino Roy Camacho II
12 Agustus 2022 (2022-08-12)1010.23[18]

"Empower Failure": Siswa sekolah menengah atas Kevin Grant-Gomez tidak terlalu senang harus mengantar adik perempuannya, Gretel, ke mana pun dia harus pergi. Suatu hari, Kevin dan Gretel dikunjungi oleh alien, yang memberikan kekuatan super pada saudara kandung untuk digunakan demi kebaikan. Kevin sangat senang memiliki kekuatan super tetapi menjadi kurang begitu ketika terungkap tak lama setelah itu dia dilewatkan untuk mendapatkan kekuatan super oleh alien demi hamster peliharaan Gretel, Hamster. Seiring berjalannya waktu, Kevin menjadi sangat overprotektif terhadap Gretel meskipun dia sekarang memiliki kekuatan super, yang cenderung dia gunakan secara berlebihan.

"Oakey Dokey": Metode "pukul-segalanya-dan-harapan-untuk-yang-terbaik" Gretel kembali menggigitnya ketika menghancurkan meteor menyebabkan dia secara tidak sengaja menghancurkan pohon favoritnya.
2"Recipe for Disaster"
"Math Punch"
Tricia Garcia
Amber Tornquist Hollinger
Ditulis oleh : Jim Bernstein
Papan cerita oleh : Villamor M. Cruz & Tammy Manis
Ditulis oleh : Joshua Pruett
Papan cerita oleh : Villamor M. Cruz & Allen Del Mar Oka
13 Agustus 2022 (2022-08-13)1020.22[19]

"Recipe for Disaster": Setelah secara tidak sengaja membakar makan malam keluarga, Hamster dan Gretel mencari penggantinya di seluruh kota, sementara Kevin menderita karena malu setelah mencoba mencegah ibunya, Carolina, pulang terlalu cepat.

"Math Punch": Gretel berhadapan dengan seorang koboi bermuatan petir saat Dave, ayah Kevin dan Gretel, mencoba membuat Carolina terkesan di hari jadi mereka.
3"Superhero Sibling Rivalry"
"Close Shave"
Amber Tornquist Hollinger
Tricia Garcia
Ditulis oleh : Joshua Pruett
Papan cerita oleh : Allen Del Mar Oka & Heather Gregersen
Ditulis oleh : Valerie Breiman
Papan cerita oleh : Rufino Roy Camacho II & Villamor M. Cruz
20 Agustus 2022 (2022-08-20)[a]1030.14[20]

"Superhero Sibling Rivalry": Setelah berhari-hari berdebat terus-menerus, Kevin dan Gretel berpisah, dan Hamster dan Gretel akhirnya melawan penjahat kembar FistPuncher dan The Destructress sendirian.

"Close Shave": Gretel menjadi curiga terhadap guru penggantinya yang dia yakini jahat.
4"Cheer Cheer Bang Bang"
"La Ballad of La Cebolla"
Amber Tornquist Hollinger
Tricia Garcia
Ditulis oleh : Amanda Domenech
Papan cerita oleh : Allen Del Mar Oka & Heather Gregersen
Ditulis oleh : Alex Estrada
Papan cerita oleh : Rufino Roy Camacho II
27 Agustus 2022 (2022-08-27)[a]1040.21[21]

"Cheer Cheer Bang Bang": Sepupu Kevin, Fred, menyamar sebagai pemandu sorak untuk sekolah menengahnya ketika dia dan Kevin mengetahui bahwa pemandu sorak karena sekolah mereka terlibat dalam perampokan bank.

"La Ballad of La Cebolla": Kevin, Hamster, dan Gretel bertemu penjahat super dengan kekuatan untuk berbicara dengan bawang.
5"Comic Shop CopyCat"
"Neigh, It Ain't So!"
Amber Tornquist Hollinger
Tricia Garcia
Ditulis oleh : Joshua Pruett
Papan cerita oleh : Allen Del Mar Oka & Heather Gregersen
Ditulis oleh : Amanda Domenech
Papan cerita oleh : Tammy Manis
3 September 2022 (2022-09-03)[a]1050.18[22]

"Comic Shop CopyCat": Saat Kevin mencoba mengumpulkan keberanian untuk berbicara dengan orang yang disukainya, Hiromi, Hamster, dan Gretel melawan penjahat yang terinspirasi dari penjahat buku komik.

"Neigh, It Ain't So!": Sahabat Gretel, Bailey, yang tidak mengetahui kepribadian pahlawan super Gretel meskipun memiliki beberapa kesamaan, memenangkan kontes untuk menghabiskan satu hari bersamanya. Gretel mencoba menghindari konfrontasi sebanyak mungkin untuk menghindari kecurigaan, yang menjadi lebih sulit ketika penjahat mutan setengah manusia, setengah kuda berkeliaran.
6"Saturday Homecoming Fever"
"Dr. Eelgood"
Amber Tornquist Hollinger
Tricia Garcia
Ditulis oleh : Amanda Domenech
Papan cerita oleh : Heather Gregersen, Allen Del Mar Oka & Eddie Pittman
Ditulis oleh : Alex Estrada
Papan cerita oleh : Villamor M. Cruz
10 September 2022 (2022-09-10)1060.24[23]

"Saturday Homecoming Fever": Kevin berharap untuk meningkatkan citranya di pesta dansa Homecoming sekolahnya dan melepaskan julukannya sebagai "anak minivan", tetapi FistPuncher dan The Destructress membatalkan perayaan tersebut.

"Dr. Eelgood": Hamster dan Gretel harus melawan belut raksasa sambil membayangi Dave, yang tanpa sadar memperbaiki kulkas penciptanya. Sementara itu, Kevin terburu-buru menjalankan tanggung jawabnya dalam perjalanan bersih-bersih pantai dengan harapan bisa beristirahat bersama Hiromi.
7"The Opposite of Smart"
"Birthday Besties"
Amber Tornquist Hollinger
Tricia Garcia
Ditulis oleh : Valerie Breiman
Papan cerita oleh : Heather Gregersen, Allen Del Mar Oka & Eddie Pittman
Ditulis oleh : Joanna Hausmann
Papan cerita oleh : Kyle Menke, Rufino Roy Camacho II, Su Jen Buchheim & Erik Kling
17 September 2022 (2022-09-17)1070.21[24]

"The Opposite of Smart": Anjing keluarga Grant-Gomez, Churro, menjadi sensasi online. Kevin membiarkan status selebritas menguasai dirinya, yang membuat Gretel cemburu.

"Birthday Besties": Kevin dan Gretel menghadiri pesta ulang tahun Bailey sambil melacak seseorang yang berulang kali merusak pesta ulang tahun di area tersebut, tetapi pelakunya bukanlah seperti yang mereka kira.
8"I'm Bored"
"Cutie and the Beast"
Tricia GarciaDitulis oleh : Amanda Domenech
Papan cerita oleh : Su Jen Buchheim, Erik Kling & Tammy Manis
Ditulis oleh : Jim Bernstein
Papan cerita oleh : Su Jen Buchheim & Villamor M. Cruz
24 September 2022 (2022-09-24)1090.24[25]

"I'm Bored": Gretel dibanjiri dengan tugas-tugas setelah mengungkapkan kebosanannya dengan keras, meninggalkan Kevin dan Hamster untuk terikat saat mereka melawan penjahat baru, X-terminator, tanpa dia.

"Cutie and the Beast": Setelah melawan penjahat pengubah ukuran yang dijuluki Amplifier, Hamster dan Gretel ditugaskan melawan berang-berang raksasa, tetapi ragu-ragu karena kelucuannya. Sementara itu, Kevin semakin cemburu karena tidak mendapatkan kekuatan super dan mencoba membuat alter ego pahlawan suoet sendiri.
9"The Nightmarionette"
"Abuelita's World"
Amber Tornquist HollingerDitulis oleh : Jim Bernstein
Papan cerita oleh : Heather Gregersen, Allen Del Mar Oka & Eddie Pittman
Ditulis oleh : Joanna Hausmann
Papan cerita oleh : Heather Gregersen, Erik Kling, Allen Del Mar Oka & Eddie Pittman
1 Oktober 2022 (2022-10-01)1080.19[26]

"The Nightmarionette": Hamster dan Gretel melawan penjahat super yang dapat mewujudkan ketakutan terbesar manusia.

"Abuelita's World": Kevin dan Gretel diasuh oleh nenek mereka yang tegas saat orang tua mereka berada di luar kota, tetapi ini menjadi masalah ketika bayi raksasa mulai mengamuk di sekitar kota.
10"U.F. UH-OH! Part I"
"U.F. UH-OH! Part II"
Amber Tornquist Hollinger
Tricia Garcia
Ditulis oleh : Valerie Breiman
Papan cerita oleh : Su Jen Buchheim, Heather Gregersen, Erik Kling, Allen Del Mar Oka & Eddie Pittman
Ditulis oleh : Joshua Pruett
Papan cerita oleh : Rufino Roy Camacho II, Erik Kling & Tammy Manis
8 Oktober 2022 (2022-10-08)1100.24[27]

"U.F. UH-OH! Bagian I": Selama perjalanan keluarga ke Las Vegas, Kevin, Hamster, dan Gretel menjelajahi kota sendirian, tetapi saat memeriksa berbagai memorabilia tentang Hamster dan Gretel, Kevin mulai merasa tersisih. Setelah kecelakaan, mereka berhasil menemukan alien pemberi kekuatan super, yang mulai menyerang kota. Gretel mencoba menyelamatkan kota dari alien, hanya untuk diculik. Kevin kemudian mengejar alien tetapi gagal menyelamatkan Gretel, meskipun dia berhasil mengambil gambar pesan yang ditinggalkan alien di lapangan. Sementara itu, Dave dan Carolina bersantai di kolam khusus dewasa, hanya untuk tertarik ke seluncuran air yang tidak memungkinkan mereka masuk tanpa anak.

"U.F. UH-OH! Bagian II": Dengan bantuan dari Fred, Kevin dan Hamster menguraikan pesan alien dan melacaknya. Sementara itu, "alien", diturunkan menjadi FistPuncher dan The Destructress, yang menahan Gretel, mengungkapkan bahwa mereka berencana untuk menghancurkan Bendungan Hoover. Gretel berhasil memperparah mereka dengan bertingkah seperti adik yang menyebalkan, mengulur waktu bagi Kevin dan Hamster untuk menyelamatkannya. Kevin mengambil alih kapal dan membebaskan Gretel, sementara Hamster mengalahkan FistPuncher dan The Destructress. Hamster dan Gretel nyaris berhasil menyelamatkan kota dari banjir setelah bendungan jebol, tanpa disadari merusak rencana Dave dan Carolina. Saat keluarga Grant-Gomez berkumpul kembali, Kevin dan Gretel mempertanyakan motif alien yang sebenarnya, tidak menyadari bahwa mereka berbicara tentang seberapa baik kemajuan rencana mereka.
11"Grounded"
"Sleepover With the Enemy"
Tricia Garcia
Amber Tornquist Hollinger & Erik Kling
Ditulis oleh : Valerie Breiman & Joshua Pruett
Papan cerita oleh : Su Jen Buchheim, Rufino Roy Camacho II & Tammy Manis
Ditulis oleh : Joanna Hausmann & Alex Estrada
Papan cerita oleh : Heather Gregersen, Erik Kling, Allen Del Mar Oka & Eddie Pittman
12 November 2022 (2022-11-12)1110.24[28]

"Grounded": Saat menyelidiki penampakan UFO, Gretel secara tidak sengaja mengabaikan tugasnya, membuat dirinya dihukum. Dia sekarang harus mencari cara untuk melawan sloppy joe yang bermutasi saat dikurung di kamarnya.

"Sleepover With the Enemy": Rencana Gretel dan Bailey untuk menginap diubah oleh Tina, siswa baru di kelas mereka, yang mungkin memiliki lebih dari yang dia biarkan.
12"Friday Night Fright"
"The Earworm"
Amber Tornquist Hollinger & Erik Kling
Tricia Garcia
Ditulis oleh : Amanda Domenech
Papan cerita oleh : Heather Gregersen, Erik Kling & Allen Del Mar Oka
Ditulis oleh : Valerie Breiman
Papan cerita oleh : Rufino Roy Camacho II, Tammy Manis, Su Jen Buchheim & Villamor M. Cruz
19 November 2022 (2022-11-19)1120.22[29]

"Friday Night Fright": Saat keluarga Grant-Gomeze mengadakan malam permainan keluarga di rumah mereka, Fred dan Hiromi bekerja sama untuk mencegah robot mengambil alih sekolah.

"The Earworm": Hamster dan Gretel terhipnotis oleh jingle sereal sarapan baru.
13"A Mammoth Problem"
"The Bantam of the Elementary School Light Opera"
Amber Tornquist Hollinger & Erik Kling
Tricia Garcia
Ditulis oleh : Jim Bernstein
Papan cerita oleh : Su Jen Buchheim, Joseph Chang, Heather Gregersen, Erik Kling, Allen Del Mar Oka & Eddie Pittman
Ditulis oleh : Alex Estrada
Papan cerita oleh : Su Jen Buchheim, Rufino Roy Camacho II, Erik Kling, Villamor M. Cruz & Tammy Manis
26 November 2022 (2022-11-26)1130.18[30]

"A Mammoth Problem": Proyek sains Gretel, sebuah gletser, secara tidak sengaja dihancurkan oleh Nordle, putra Profesor Seruan, melepaskan mammoth berbulu ke kota. Dengan Hamster yang sibuk, keduanya harus bekerja sama untuk menghentikannya.

"The Bantam of the Elementary School Light Opera": Gretel harus menggantikan peran utama dalam drama sekolah dasar, yang membuat dia gugup karena demam panggungnya. Sementara itu, serangkaian kejadian aneh mengganggu produksi.
14"Hamnesia"
"Romancing the Scone"
TBATBA4 Februari 2023 (2023-02-04)114N/A
15"For Whom the Bell Trolls"
"An Arthouse Divided"
TBATBA11 Februari 2023 (2023-02-11)115N/A
16"The Litigator vs. The Luchador"
"Strawberry Fest Forever"
TBATBA18 Februari 2023 (2023-02-18)116N/A
17"Micromanager"
"The Bottle Episode"
TBATBA25 Februari 2023 (2023-02-25)117N/A

Cerita pendek[sunting | sunting sumber]

Theme Song Takeover[sunting | sunting sumber]

Sebagai bagian dari kampanye promosi, Disney Channel mulai menayangkan Pengambilalihan Lagu Tema (Inggris: Theme Song Takeover) Disney di mana karakter pendukung dari berbagai acara membawakan lagu tema untuk serial tempat mereka berada.

No.JudulTanggal rilis asliProd.
produksi [17]
1"Kevin Theme Song Takeover"17 September 2022 (2022-09-17)[31]301
Kevin mendapatkan lagu temanya sendiri yang diambil alih Hamster & Gretel oleh alien sambil tetap berusaha meyakinkan mereka untuk mencoba mengubahnya menjadi pahlawan super dan memiliki kekuatan super seperti saudara perempuannya dan hamster peliharaannya, tetapi mereka tetap menolak.

Chibi Tiny Tales[sunting | sunting sumber]

'"Chibi Tiny Tales adalah serial pendek yang menggambarkan karakter dari berbagai properti Disney Channel dalam animasi bergaya chibi. Pada bulan September 2022, serial tersebut mulai merilis film pendek yang berbasis pada Hamster & Gretel.

No.JudulTanggal rilis asliProd.
produksi [17]
1"Ice Cream Rewind"24 September 2022 (2022-09-24)[32]0048
2"Museum Mayhem"1 Oktober 2022 (2022-10-01)[33]0049
3"Rollercoaster Romance"8 Oktober 2022 (2022-10-08)[34]0050

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Brandon Zachary dari CBR.com menyatakan, "Hamster & Gretel memberikan pandangan baru pada banyak genre usang dari Disney Animation. Ini diam-diam merupakan parodi yang solid dari narasi pahlawan super, dengan salah satu pemikir di belakang Phineas and Ferb membantu mengantarkan sebuah generasi baru pahlawan dan penjahat yang aneh. Ini adalah komedi situasi kartun sederhana yang berfokus pada keluarga multikultural yang menghadapi beberapa situasi yang tidak masuk akal. Ini juga merupakan pertunjukan di mana seekor hamster kadang-kadang memukul orang dewasa agar tunduk -- arahan yang sangat konyol."[35]

Tony Betti dari LaughingPlace.com memberi Hamster & Gretel nilai 4 dari 5 bintang, mengatakan, "Hanya dalam beberapa episode sejauh ini, acara tersebut telah mulai membangun alam semesta yang pasti akan subur dan penuh dengan detail dan karakter berulang yang mungkin akan kita lihat secara keseluruhan. Meskipun acara tersebut sudah memiliki premis penjahat minggu ini, penyiapannya juga telah dibuat untuk menyertakan musuh menyeluruh dan bahkan karakter yang tidak mengancam yang akan kita lihat lagi dan lagi. Yaitu sepupu Fred, dan niat naksir Kevin. Kami juga melihat petunjuk tentang betapa luasnya keluarga Kevin dan Gretel, yang semuanya kemungkinan akan berperan dalam beberapa minggu dan bulan mendatang, memberi penggemar dunia tempat mereka dapat membenamkan diri saat menonton dan kemungkinan besar akan membuat mereka kembali lagi. Namun, mereka perlu mencari tahu target audiens dari mana penggemar tersebut akan datang. Begitu mereka melakukannya, (dan mereka masih punya waktu) itu akan menjadi pemrograman yang solid."[36]

Diondra Brown dari Common Sense Media memberi serial tersebut nilai 3 dari 5 bintang dan memuji penggambaran pesan positif dan panutan, dengan menyatakan bahwa karakter tersebut mempromosikan keaslian diri, persahabatan, dan sikap membantu, sambil mencatat representasi beragam lintas ras dan agama dari latar belakang karakter yang berbeda.[37]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c Episode ini pertama kali dirilis di Disney+ pada 17 Agustus 2022.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Breaking News - Michael Cimino, Beck Bennett, Joey King, Matt Jones, Carolina Ravassa and Meli Povenmire Star in Disney Channel's Animated Superhero Comedy "Hamster & Gretel"". www.thefutoncritic.com (dalam bahasa Inggris). 2022-06-09. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-08-13. Diakses tanggal 2023-01-29. 
  2. ^ a b c d e f Hullender, Tatiana (2022-06-09). "Cast Of Disney Animated Series Hamster & Gretel Revealed [EXCLUSIVE]". ScreenRant (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-07-02. Diakses tanggal 2023-01-29. 
  3. ^ a b Reif, Alex (2022-06-14). "Annecy 2022 Recap: Dan Povenmire and Brandi Young Give a First Look at Disney Channel's "Hamster & Gretel"". LaughingPlace.com (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-06-17. Diakses tanggal 2023-01-29. 
  4. ^ a b c "Video: Disney Branded Television Sets Aug. 12 Premiere Date and Debuts Official Trailer for "Hamster & Gretel" on Disney Channel | TheFutonCritic.com". www.thefutoncritic.com (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-08-13. Diakses tanggal 2023-01-29. 
  5. ^ a b Reif, Alex (2022-06-14). "Annecy 2022 Recap: Dan Povenmire and Brandi Young Give a First Look at Disney Channel's "Hamster & Gretel"". LaughingPlace.com (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-06-17. Diakses tanggal 2023-01-29. 
  6. ^ a b Ramos, Dino-Ray; Ramos, Dino-Ray (2020-10-12). "'Hamster & Gretel': Disney Channel Greenlights Dan Povenmire's Animated Sibling Superhero Comedy". Deadline (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-06-14. Diakses tanggal 2023-01-29. 
  7. ^ a b "Hamster & Gretel Creator Dan Povenmire on Working With Disney, Talking Hamsters, and Making Music". TV Shows (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-08-11. Diakses tanggal 2023-01-29. 
  8. ^ Hausmann, Joanna (2021-09-01). "Thats correct! I am the story editor/head-writer of this very very funny show I hope you all enjoy". Twitter. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-06-09. Diakses tanggal 2023-01-29. 
  9. ^ Pedersen, Lise; Pedersen, Lise (2022-06-15). "Disney Reveals Animated Series Slate at Annecy Festival (EXCLUSIVE)". Variety (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-07-12. Diakses tanggal 2023-01-29. 
  10. ^ Campione, Katie; Campione, Katie (2023-01-13). "'Phineas & Ferb' Revival In The Works With Creator Dan Povenmire As Part Of Overall Deal With Disney Branded Television". Deadline (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-01-13. Diakses tanggal 2023-01-29. 
  11. ^ a b c "Hamster and Gretel - Dan Povenmire's Heroic Behind the Scenes at Tik Tok". YouTube. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-06-13. Diakses tanggal 2023-01-29. 
  12. ^ a b Episode 60 - It's A Film Fight! ft. Amber Tornquist-Hollinger, diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-06-13, diakses tanggal 2023-01-29 
  13. ^ a b How Animation Is Made with PHINEAS AND FERB creator Dan Povenmire, 2022-01-06, diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-08-05, diakses tanggal 2023-01-29 
  14. ^ Hausmann, Joanna (2021-09-30). "1. Soy la headwriter y soy venezolana 2. La esposa de Dan Povenmire (el creador del show) es Venezolana. Queríamos traer nuestras experiencias a los personajes". Twitter. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-03-17. Diakses tanggal 2023-01-29. 
  15. ^ Milligan, Mercedes (2021-05-13). "Snipple Toasts 10th Anniversary with 'Proud Family' Commission". Animation Magazine (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-01-29. Diakses tanggal 2023-01-29. 
  16. ^ a b Pruett Part Duex - Electricboogaloo ft. Joshua Pruett, diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-06-13, diakses tanggal 2023-01-29 
  17. ^ a b c "Public Catalog - Hamster & Gretel". United States Copyright Office. 2022-12-31. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-12-31. Diakses tanggal 2023-01-29. 
  18. ^ Mitch Metcalf (2022-08-15). "Friday 8.12.2022 Top 150 Cable Originals & Network Finals". Showbuzz Daily. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-08-27. Diakses tanggal 2023-01-29. 
  19. ^ Mitch Salem (2022-08-16). "Saturday 8.13.2022 Top 150 Cable Originals & Network Finals". Showbuzz Daily. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-08-19. Diakses tanggal 2023-01-29. 
  20. ^ Mitch Metcalf (2022-08-23). "Saturday 8.20.2022 Top 150 Cable Originals & Network Finals". Showbuzz Daily. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-08-23. Diakses tanggal 2023-01-29. 
  21. ^ Mitch Salem (2022-08-30). "Saturday 8.27.2022 Top 150 Cable Originals & Network Finals". Showbuzz Daily. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-08-30. Diakses tanggal 2023-01-29. 
  22. ^ Mitch Salem (2022-09-07). "Saturday 9.3.2022 Top 150 Cable Originals & Network Finals". Showbuzz Daily. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-09-07. Diakses tanggal 2023-01-29. 
  23. ^ Mitch Metcalf (2022-09-13). "Saturday 9.10.2022 Top 150 Cable Originals & Network Finals". Showbuzz Daily. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-09-13. Diakses tanggal 2023-01-29. 
  24. ^ Mitch Salem (2022-09-20). "Saturday 9.17.2022 Top 150 Cable Originals & Network Finals". Showbuzz Daily. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-09-20. Diakses tanggal 2023-01-29. 
  25. ^ Mitch Metcalf (2022-09-27). "Saturday 9.24.2022 Top 150 Cable Originals & Network Finals". Showbuzz Daily. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-09-27. Diakses tanggal 2023-01-29. 
  26. ^ Mitch Salem (2022-10-04). "Saturday 10.1.2022 Top 150 Cable Originals & Network Finals". Showbuzz Daily. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-10-04. Diakses tanggal 2023-01-29. 
  27. ^ Mitch Metcalf (2022-10-11). "Saturday 10.8.2022 Top 150 Cable Originals & Network Finals". Showbuzz Daily. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-10-11. Diakses tanggal 2023-01-29. 
  28. ^ Mitch Metcalf (2022-11-15). "Saturday 11.12.2022 Top 150 Cable Originals & Network Finals". Showbuzz Daily. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-11-15. Diakses tanggal 2023-01-29. 
  29. ^ Mitch Salem (2022-11-22). "Saturday 11.19.2022 Top 150 Cable Originals & Network Finals". Showbuzz Daily. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-11-22. Diakses tanggal 2023-01-29. 
  30. ^ Mitch Metcalf (2022-11-30). "Saturday 11.26.2022 Top 150 Cable Originals & Network Finals". Showbuzz Daily. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-11-30. Diakses tanggal 2023-01-29. 
  31. ^ Kevin Theme Song Takeover | Hamster & Gretel | Disney Channel Animation. Disney Channel. 2022-09-17. Diakses tanggal 2023-01-29 – via YouTube. 
  32. ^ Ice Cream Rewind 🍦| Chibi Tiny Tales | Hamster & Gretel | Disney Channel Animation. Disney Channel. 2022-09-24. Diakses tanggal 2023-01-29 – via YouTube. 
  33. ^ Museum Mayhem | Chibi Tiny Tales | Hamster & Gretel | Disney Channel Animation. Disney Channel. 2022-10-01. Diakses tanggal 2023-01-29 – via YouTube. 
  34. ^ Rollercoaster Romance 💕 | Chibi Tiny Tales | Hamster & Gretel | Disney Channel Animation. Disney Channel. October 8, 2022-10-08. Diakses tanggal 2023-01-29 – via YouTube. 
  35. ^ Zachary, Brandon (2022-09-16). "Disney's Hamster & Gretel's Cast & Crew Reveal the Importance of Silly Jokes". CBR (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-11-08. Diakses tanggal 2023-01-29. 
  36. ^ Betti, Tony (2022-08-08). ""Hamster and Gretel" Is A Fun, Rich Series That Will Get Even Better With Time". LaughingPlace.com (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-11-08. Diakses tanggal 2023-01-29. 
  37. ^ "Hamster & Gretel TV Review | Common Sense Media". www.commonsensemedia.org (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-11-08. Diakses tanggal 2023-01-29. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]