Hamidiye (kavaleri)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Resimen Hamidiye (diartikan sebagai "Milik Hamid") atau bernama lengkap Hamidiye Hafif Süvari Alayları (Resimen Kavaleri Ringan Hamidiye) merupakan kavaleri yang berisikan orang-orang Kurdi Sunni, Turki, Sirkasia, Turkmen dan Arab yang beroperasi di provinsi bagian selatan Kekaisaran Ottoman. Didirikan oleh Sultan Abdul Hamid II di tahun 1891, ditujukan untuk menyerupai bangsa Kazaki dan untuk berjaga di perbatasan Rusia-Ottoman. Namun, Hamidiye lebih sering digunakan oleh otoritas Ottoman untuk menindas dan menyerang orang-orang Armenia yang berada di provinsi timur di Kekaisaran Ottoman (beberapa sumber mengatakan bahwa dilakukan di Armenia Barat).

Hamidiye sering dianggap memiliki peran utama dalam pembantaian Armenia tahun 1894 hingga tahun 1896, khususnya saat penindasan terhadap pemberontakan orang-orang Armenia di Sasun pada tahun 1894.

Setelah berakhirnya kekuasaan Sultan Abdul Hamid II, kavaleri Hamidiye diberikan nama baru yaitu Resimen Kavaleri Ringan Tribal.

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]

  • Klein, Janet. The Margins of Empire: Kurdish Militias in the Ottoman Tribal Zone. Stanford: Stanford University Press, 2011.
  • Klein Janet, Joost Jongerden, Jelle Verheij, Social Relations in Ottoman Diyarbekir, 1870-1975. Koninklijke Brill NV, Leidin, Netherlands, 2012
  • Edward J. Erickson, "Defeat in Detail: The Ottoman Army in the Balkans, 1912-1913". 2003