Hamburg Süd

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Hamburg Südamerikanische Dampfschifffahrts-Gesellschaft A/S & Co KG
A/S & Co KG
IndustriTransportasi peti kemas
Didirikan1871
Kantor
pusat
Hamburg, Jerman
Tokoh
kunci
Dr. Arnt Vespermann (CEO)

Frank Smet (CCO)

Jakob Wegge-Larsen (CFO)
ProdukPengapalan
Distribusi peti kemas
Karyawan
6.301 (2016)
IndukMaersk
Situs webwww.hamburgsud.com Sunting ini di Wikidata

Hamburg Südamerikanische Dampfschifffahrts-Gesellschaft A/S & Co KG atau dengan nama legal yang dikenal sebagai Hamburg Süd adalah anak perusahaan dari Maersk Line, perusahaan pengiriman peti kemas terbesar di dunia. Didirikan pada tahun 1871, Hamburg Süd adalah salah satu dari merek reefer Top 5, adalah salah satu pemimpin pasar dalam perdagangan Utara-Selatan, dan melayani semua jalur perdagangan Timur-Barat yang signifikan.[1]

Perusahaan ini sebelumnya merupakan bagian dari Grup Oetker, tetapi dijual ke divisi pengiriman AP Moller – Maersk Group, Maersk Line pada tahun 2017.[2][3]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Kapal tanker Oetker Richard Kaselowsky pada tahun 1960

Pada tahun 1871, Hamburg Südamerikanische Dampfschifffahrts-Gesellschaft [note 1] (bahasa Indonesia: Perusahaan Pengiriman Uap Hamburg - Amerika Selatan atau Hamburg South America Line) didirikan oleh konglomerat dari 11 rumah pedagang yang berbasis di Hamburg.[4] Tiga kapal uap dengan total 4.000 GRT menyediakan layanan pengiriman bulanan ke Brasil dan Argentina.

Pada 1914 perusahaan mengoperasikan lebih dari 50 kapal dengan total sekitar 325.000 GRT. Perang Dunia I memuncak dengan hilangnya semua kapal Hamburg Süd, dan perusahaan terpaksa memulai lagi dengan menyewa kapal.

Awal 1950-an melihat perusahaan memulai pengiriman gelandangan dan pengiriman tanker, dan pertumbuhan besar kargo yang didinginkan. Pada tahun 1955 perusahaan Dr. August Oetker mengambil alih perusahaan itu, dan mulai memperluas layanan liner dan penumpang dengan cepat.

Pengambilalihan Deutsche Levante Linie pada tahun 1956 membuat perusahaan memulai perampokan pertamanya ke Mediterania. 1957 melihat layanan liner dimulai antara Amerika Utara dan Australia / Selandia Baru, dengan Columbus Selandia Baru menjadi kapal peti kemas pertama yang melayani jalur perdagangan di wilayah tersebut pada tahun 1971, memelopori peti kemas di Pasifik.

Peran dalam perang[sunting | sunting sumber]

Model peti kemas Hamburg Süd.
  • Cap Trafalgar adalah sebuah kapal penumpang baru, yang baru selesai pada 1 Maret 1914 dan baru memulai perjalanan perdananya pada 10 Maret 1914. Jerman dengan sedikit saja mempersenjatai kapal dengan dua amunisi sepanjang 10,5 cm dan 6 senapan mesin berat, dan telah menghapus salah satu dari tiga corong uap dan mewarnai ulang kapal untuk menyamarkannya sebagai liner Britania. Kapal itu bertemu mantan kapal uap Carmania Britania yang bersenjata lengkap sekitar 700 mil di sebelah timur pantai Brasil, dekat pulau Trindade, pada pukul 9:30.   pada tanggal 14 September 1914. Setelah baku tembak antara kedua kapal, Cap Trafalgar mulai mendaftar ke kiri, lalu tenggelam terlebih dahulu.
  • Cap Arcona, yang bisa dibilang salah satu liner penumpang paling indah pada masanya, dikonversi untuk melayani Kriegsmarine (Angkatan Laut Jerman) sebagai kapal transportasi yang dikonversi pada tahun 1940. Pada akhir 1944 ia dikomandoi sebagai pasukan, terutama mengangkut pengungsi dan tawanan perang di Laut Baltik . Dipenuhi dengan 4.500 tahanan di Teluk Lübeck, itu diserang dan ditenggelamkan oleh Topan Angkatan Udara Kerajaan dalam serangan udara . Itu tetap terbalik di Teluk Lübeck sampai 1950 dan kemudian dibongkar oleh penyelam selama bertahun-tahun dan dibuang. Puing-puing itu didaftarkan dan difoto secara rinci oleh Rolls Royce, yang telah menghasilkan roket RAF, untuk menilai efektivitasnya.

Pengambilalihan perusahaan[sunting | sunting sumber]

Kapal peti kemas Monte Sarmiento
Salah satu kapal peti kemas Hamburg Süd melewati Jembatan Golden Gate.

Hamburg Süd juga memiliki operator Brasil Aliança. Perusahaan ini telah mengambil alih banyak perusahaan selama bertahun-tahun termasuk Ellerman, Kien Hung, Steamship Laut Selatan, Deutsche-Nah-Ost-Linie, Royal Mail Line, Perusahaan Navigasi Steam Pasifik, Garis Laser Swedia, Lijn Amerika Zuid-America Rotterdam (RZAL), Havenlijn dan layanan Crowley American Transport dari Inter-Amerika. Di masa lalu Hamburg telah dikenal sebagai Columbus Line. Sejak 2004, layanan Columbus Line terintegrasi langsung ke Hamburg-Süd.

Armada kontainer saat ini dari kotak kering memiliki warna merah khas dengan bendera besar dan logo HAMBURG SÜD putih di bagian samping. Kotak-kotak berpendingin putih dengan bendera dan huruf biru laut.

Bantuan kemanusiaan[sunting | sunting sumber]

Hamburg Süd mendukung organisasi bantuan internasional dengan fasilitas pengiriman ke rumah-rumah. Dalam waktu sesingkat mungkin, persediaan bantuan dan peralatan teknis atau medis diangkut di mana diperlukan, biasanya setelah bencana alam seperti angin topan, gempa bumi, dan letusan gunung berapi.

Hamburg Süd bekerja sama dalam jangka panjang dengan SOS Children's Villages, mendukung proyek mereka di berbagai negara. Hamburg Süd juga mendukung berbagai inisiatif di bidang pendidikan dan budaya, termasuk pameran United Buddy Bears.[5]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "f" rangkat tiga adalah nama yang benar; yang sering menjadi kesalahan ejaan dalam pendaftaran dokumen perusahaan di Jerman.[butuh rujukan]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Hamburg Süd remains Hamburg Süd". Press Release (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-12-03. Diakses tanggal 2017-12-01. 
  2. ^ "Career Training & Internships at Hamburg Süd". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2015-12-27. Diakses tanggal 2019-09-09. 
  3. ^ "Archived copy". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-12-01. Diakses tanggal 2016-12-01. 
  4. ^ Pein, James Cooper, Arnold Kludas, Joachim (1989). The Hamburg South America Line (edisi ke-Reprinted 1990). Kendal, Cumbria: World Ship Society. hlm. 11. ISBN 0905617509. 
  5. ^ Buddy Bear Berlin. 4th edition, Berlin 2015, Pages 51-52 and 59, ISBN 978-3-00-051097-7

Pranala luar[sunting | sunting sumber]