Halušky

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Halušky
Bryndzové halušky so slaninou.jpg
Bryndzové Halušky with bacon
JenisDumpling or noodle, gnocchi
Bahan utamabatter (flour, water)
VariasiBryndzové halušky, strapačky
Halušky strainer
Halušky monument in Poltava, Ukraine

Halušky (IPA: [ɦaluʃkɪ] dalam Bahasa Ceko dan dalam Bahasa Slowakia, tunggal: haluška; bahasa Hongaria: galuska, haluska atau nokedli; bahasa Rumania: gălușcă; bahasa Serbia: galuška; bahasa Ukraina: галушка; bahasa Lituania: virtinukai) adalah beberapa variasi mi lunak atau dumpling tradisional dalam masakan Eropa Tengah dan Timur (Slowakia.,[1][2][3] Republik Ceko, Polandia, Serbia, Ukraina, Lithuania, Romania dan Hongaria). Halušky bisa merujuk kepada dumplingnya saja, atau masakannya secara utuh.

Persiapan[sunting | sunting sumber]

Halušky dipersiapkan dengan menggiling adonan hingga tipis di atas talenan kayu, lalu dipotong kecil dan digulung dan dimasukkan ke air mendidih. Bentuk ini juga bisa dibuat dengan mesin penarik Halušky dengan ukuran (1/2 × 2–3 cm) berbentuk acak.

Meski resepnya bisa bervariasi, biasanya berasal dari tepung yang dicampur air menjadi adonan. Potongan kecil kentang dan telur bisa dimasukkan ke adonan. Tapi orang Slowakia biasanya tidak menggunakan telur. Setelah dimasak, dumpling dicampur dengan keju, daging, mentega, kubis, bawang, atau kombinasi semuanya.

Variations[sunting | sunting sumber]

Bryndzové halušky adalah masakan tradisional Slowakia yang ditemukan di Moravia di selatan Republik Ceko. Strapačky adalah masakan yang mirip, tetapi sauerkraut yang digunakan, dibanding bryndza. Di Hongaria, galuska dimakan dengan rebusan sup daging, misalnya goulash atau pörkölt.

Di Amerika Serikat, halusky lebih banyak berbentuk mi telur dibanding dumpling kentang. Beberapa koki Ameika menggunakan kubis hijau yang dipotong-potong, karena bryndza sulit ditemukan.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Salaman, Rachel (2003). "Halušky: Humble King of the Slovak Kitchen". Spectacular Slovakia. Diakses tanggal 2008-09-11. 
  2. ^ Salaman, Rachel (2003-01-20). "Halušky: Like gnocchi only smaller and tastier". The Slovak Spectator. Diakses tanggal 2008-09-11. 
  3. ^ Reynolds, Matt (1999-06-21). "Three liters of bryndzové halušky small work for hefty men in national eating competition". The Slovak Spectator. Diakses tanggal 2008-09-11.