Hallux vagus

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Hallux vagus
Informasi umum
Nama lainHallux abducto valgus, hallux valgus, metatarsus primus varus[1]
SpesialisasiBedah ortopedi
PenyebabUnclear
Faktor risikoMengenakan sepatu yang terlalu ketat, sepatu hak tinggi, riwayat keluarga, rheumatoid arthritis
KomplikasiBursitis, arthritis
Awal munculGradual
Kondisi serupaOsteoartritis, penyakit Freiberg, hallux rigidus, neuroma Morton[2]

Hallux vagus adalah kelainan bentuk sendi yang menghubungkan ibu jari kaki ke kaki.[3] Jempol kaki sering kali menekuk ke arah jari kaki lainnya dan sendi menjadi merah dan nyeri. Timbulnya bunion biasanya bertahap. Komplikasi mungkin termasuk bursitis atau artritis.

Perawatan mungkin termasuk sepatu yang tepat, ortotik, atau NSAID. Jika ini tidak efektif untuk memperbaiki gejala, pembedahan dapat dilakukan. Ini mempengaruhi sekitar 23% orang dewasa. Wanita lebih sering terkena daripada pria. Usia onset yang biasa adalah antara 20 dan 50 tahun. Kondisi ini juga menjadi lebih umum seiring bertambahnya usia. Ini pertama kali dijelaskan dengan jelas pada tahun 1870.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama Day2017
  2. ^ Ferri, Fred F. (2010). Ferri's Differential Diagnosis E-Book: A Practical Guide to the Differential Diagnosis of Symptoms, Signs, and Clinical Disorders (dalam bahasa Inggris). Elsevier Health Sciences. hlm. 323. ISBN 978-0323081634. 
  3. ^ "Bunions". OrthoInfo - AAOS. February 2016. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2017-11-13. Diakses tanggal 8 November 2017. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]