Halloween II (film 2009)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Halloween II adalah film Jagal Amerika yang ditulis, disutradarai, dan diproduksi Rob Zombie. Ini merupakan kelanjutan dari Remake 2007 dari Halloween 1978 dan film kesepuluh dari Franchise Halloween. Film ini bukan merupakan remake dari film 1981 dan mengikuti jalan cerita baru. Mengambil jalan cerita setelah film 2007 berakhir, Halloween II mengikuti kisah Laurie Strode setelah dia berurusan dengan peristiwa sebelumnya, Dr. Loomis yang mencoba memanfaatkan peristiwa-peristiwa itu dengan menerbitkan buku baru yang menceritakan apa yang terjadi, dan Michael Myers yang melanjutkan pencariannya agar dia bisa bersatu kembali dengan saudara perempuannya. Film ini kembali dengan para pemain utama dari film 2007 seperti Malcolm McDowell, Scout Taylor-Campton, dan Tyler Mane, yang masing-masing berperan sebagai Dr Loomis, Laurie Strode, dan Michael Myers.

Halloween II
H two ver4.jpg
Theatrical release poster
Sutradara
Produser
  • Malek Akkad
  • Andy Gould
  • Rob Zombie
Penulis
Didasarkan
dari
Characters
oleh John Carpenter
and Debra Hill
Pemeran
Penata musikTyler Bates
SinematograferBrandon Trost
PenyuntingGlenn Garland
Perusahaan
produksi
Distributor
Tanggal rilis
Durasi105 minutes[1]
Negara
Bahasa
Anggaran$15 million[2]
Pendapatan
kotor
$39.4 million[3]

Untuk Halloween II, Zombie memutuskan untuk memfokuskannya pada koneksi Laurie dan Michael, dan ide mereka memiliki masalah Psikologi yang sama. Zombie mau kelanjutannya lebih realistis dan brutal dari sebelumnya. Untuk karakter di Halloween II, akan berubah. Zombie mau kejadian di film pertama mempengaruhi karakter. Zombie juga ingin memberi pandangan sekilas ke jiwa masing-masing karakter. Pembuatan film banyak terjadi di Georgia, dengan memberi Zombie insentif pajak dan tampilan visual yang ingin diberikan oleh sutradara. Ketika tiba saatnya untuk scoring musik, Zombie kesulitan menempatkan lagu original John Carpenter, walaupun lagu Carpenter digunakan di film, itu hanya terjadi di final shot dari film tersebut.

Halloween II dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 28 Agustus 2009. Dan mendapat penilaian buruk dari kritik. Pada tanggal 30 Oktober 2009, film ini diputarkan ulang untuk perayaan Halloween. Pembukaan film ini mendapat penghasilan lebih sedikit dari Remake 2007, dengan sekitar $7 Juta. Film ini kemudian menghasilkan $33,4 Juta di Amerika Serikat, dan $6 Juta di Negara lain menghasilkan $39,4 Juta di seluruh dunia.[4] Zombie memutuskan tidak ikut serta dalam sekuel lain. Sebuah sekuel, berjudul Halloween 3D dibatalkan pada 2012.[5] Film kesebelas yang berfungsi sebagai sekuel langsung ke film asli dan mengabaikan semua film lain dalam waralaba dirilis pada 2018.

Pemain[sunting | sunting sumber]

Produksi[sunting | sunting sumber]

Pengembangan[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2008, pada perayaan 30 Tahun Konvensi Terror, Produser Halloween Malek Akkad Mengkonfirmasi bahwa kelanjutan film Halloween Rob Zombie, dalam pembuatan. Pembuat film asal Perancis Julien Maury dan Alexandre Bustillo dalam negosiasi untuk mensutradarai sekuelnya pada November 2008, tapi pada 15 Desember 2008 Variety menyebut bahwa Rob Zombie resmi menandatangani kontrak untuk menulis dan mensutradarai Sekuel Halloween. Dalam sebuah wawancara, Zombie mengungkapkan bagaimana kelelahan dalam menciptakan Halloween pertama membuatnya tidak ingin kembali pada Sekuel, tapi setelah pendinginan selama satu tahun dia lebih terbuka pada ide tersebut. Penulis/Sutradara menjelaskan bahwa dengan Sekuel ia tidak lagi terikat oleh perasaan perlu mempertahankan "John Carpenter-ness" karena ia "merasa bebas untuk melakukan apapun". Produser Malek Akkad mengatakan niat awal, ketika mereka percaya Zombie tidak akan kembali, adalah menciptakan "Sekuel yang normal". Akkad dan perusahaan produksinya menyewa berbagai penulis untuk menciptakan draft film baru, tetapi tidak ada yang berhasil. Akkad dan Weinstein bersaudara kemudian beralih ke Bustillo dan Muary, yang filmnya Inside baru-baru ini dibeli untuk didistribusikan oleh The Weinstein Company. Menurut Akkad, Produser ingin sekali Zombie untuk kembali, merasa ada yang hilang ketika Julien Maury dan Alexandre Bustillo itu mengambil pekerjaannya. Setelah karyanya dalam Remake 2007, Zombie mendapat kepercayaan oleh Akkad, yang mengatakan kepadanya untuk mengabaikan aturan apapun yang telah ditetapkan dalam film sebelumnya. Akkad mengatakan Zombie mau untuk memindahkan waralaba dari beberapa aturan yang ditetapkan.

Pengambilan Gambar[sunting | sunting sumber]

Dengan Budget $15 Juta, [6] Produksi dimulai 23 Februari 2009 di Atlanta, Georgia. Zombie mengetahui syuting di Georgia memberikan keringanan pajak tertentu pada perusahan. Tapi alasan sebenarnya karena lokasi lain yang ia rencanakan untuk digunakan masih mengalami cuaca bersalju. Baginya, pemandangan dan lokasi Georgia memberikan tampilan visual yang dia inginkan untuk filmnya. [7]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "HALLOWEEN II (18)". British Board of Film Classification. September 25, 2009. Diakses tanggal January 5, 2016. 
  2. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama budget
  3. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama overall
  4. ^ "Halloween II Box Office". Diakses tanggal 3 September 2009. 
  5. ^ "Halloween 3D Sequel canceled". Diakses tanggal 3 September 2019. 
  6. ^ "Movie Projector='The Final Destination' 'Halloween II', splitting Horror audience". Diakses tanggal 5 September 2019. 
  7. ^ "H2 Set visit and exclusive interview with Rob Zombie". Diakses tanggal 5 September 2019. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]