Wikipedia:Halaman Utama/Juni 2006

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Saat ini ada 411.940 artikel dengan 910.430 pengguna terdaftar
Budaya
Budaya
Filsafat
Filsafat
Geografi
Geografi
Ilmu
Ilmu
Indonesia
Indonesia
Masyarakat
Masyarakat
Matematika
Matematika
Sejarah
Sejarah
Seni
Seni
Teknologi
Teknologi
Tokoh
Tokoh
Nuvola filesystems services.png Artikel pilihan
Fidel Castro

Fidel Castro adalah Presiden Kuba sejak 1976 hingga 2008. Sebelumnya, ia menjabat sebagai Perdana Menteri atas penunjukannya pada 16 Februari 1959. Castro tampil sebagai sekretaris pertama Partai Komunis Kuba pada tahun 1965 dan mentransformasikan Kuba ke dalam republik sosialis satu-partai. Setelah tampil sebagai presiden, ia tampil sebagai komandan Militer Kuba. Pada 2008, Castro digantikan oleh adiknya, Raul Castro. Castro adalah seorang figur dunia terpolarisasi. Para pendukungnya memandangnya sebagai pemenang sosialisme dan anti-imperialisme yang resmi revolusionernya memajukan ekonomi dan keadilan sosial sesambil mempertahankan kemerdekaan Kuba dari imperialisme Amerika. Para kritikus memandangnya sebagai seorang diktator yang menyebabkan pelecehan hak asasi manusia, eksodus sejumlah besar orang Kuba, dan kemiskinan ekonomi negara tersebut. Ia dianugerahi dengan berbagai penghargaan internasional dan secara signifikan mempengaruhi berbagai individual dan kelompok di seluruh dunia. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Mohammad HattaIsidor Isaac RabiZubir Said

Nuvola apps kcoloredit.png Gambar pilihan
Pemandangan Gunung Papandayan, Jawa Barat.
Pemandangan Gunung Papandayan, Jawa Barat.
(ukuran asli 10.004 × 3.709 piksel, 7,99 MB)

Oleh: Uprising, diunggah oleh Uprising
Lisensi: CC-BY-SA 3.0

Nuvola apps date.png 17 Oktober dalam sejarah

17 Oktober: Hari Dessalines di Haiti (1806)

Tanggal lain: 16 Oktober 17 Oktober 18 Oktober

Hari ini tanggal 17 Oktober 2017 (UTC) – Muat ulang
   
Current event marker.png Peristiwa terkini
Anies Baswedan
Anies Baswedan

Sedang berlangsung: Bentrok Negara Bagian Rakhine Utara
Kematian terkini: Choirul Huda Cheppy Chandra Mukmin Faisyal


Nuvola apps kpdf.png Tahukah Anda...
  • "... bahwa Manusia Tollund, mumi alami yang berasal dari Denmark abad ke-4 S.M., sangat terawetkan sehingga disangka sebagai korban pembunuhan yang baru saja terjadi ketika ditemukan pada tahun 1950?"
  • "... bahwa Pemimpin Agung Iran lebih berkuasa daripada Presiden Iran serta berhak menunjuk kepala militer, pemerintah sipil, dan yudikatif?"
  • "... bahwa kutukan pengetahuan adalah bias kognitif ketika orang-orang yang lebih tahu mengenai suatu hal merasa sangat sulit memikirkan masalah dari sudut pandang orang-orang yang belum tahu?"
  • "... bahwa saat Banjir Bir London terjadi pada tahun 1814, lebih dari 1,47 juta liter bir bocor dan mengalir deras ke jalanan, menghancurkan dua rumah serta menewaskan delapan orang?"
Wikimedia-logo.png Proyek Wikimedia lain

Wikipedia bahasa Indonesia disediakan secara gratis oleh Wikimedia Foundation, sebuah organisasi nirlaba, yang juga mengoperasikan sejumlah proyek multibahasa lainnya:

Wikipedia-logo.png Wikipedia dalam bahasa lain

Wikipedia bahasa Indonesia dimulai pada tahun 2003 dan saat ini telah memiliki 411.940 artikel. Wikipedia juga tersedia dalam berbagai bahasa di dunia, beberapa yang terbesar adalah sebagai berikut:

  • Lebih dari 1.000.000 artikel:
  • Lebih dari 500.000 artikel: