Hakim federal Amerika Serikat

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Di Amerika Serikat, gelar hakim federal berarti hakim (Pasal Tiga dari Konstitusi Amerika Serikat) yang ditunjuk oleh Presiden Amerika Serikat dan dikonfirmasi oleh Senat Amerika Serikat sesuai dengan Klausul Pengangkatan dalam Pasal II dari Konstitusi Amerika Serikat.

Selain Mahkamah Agung Amerika Serikat, yang keberadaannya dan beberapa aspek dari yurisdikksinya berada di luar kekuasaan konstitusional Kongres untuk diubah, Kongres telah menetapkan 13 pengadilan banding (juga disebut "pengadilan sirkuit") dengan yurisdiksi banding atas daerah yang berbeda dari Amerika Serikat, dan 94 pengadilan distrik Amerika Serikat. Setiap hakim yang ditunjuk untuk pengadilan tersebut dapat dikategorikan sebagai seorang ?hakim federal; posisi tersebut termasuk hakim agung dan Hakim Anggota di Mahkamah Agung, Hakim dari pengadilan banding, dan hakim distrik di pengadilan distrik Amerika Serikat. Semua dari hakim yang disebutkan ini sejauh ini kadang-kadang disebut sebagai "hakim Pasal III" karena mereka menjalankan kekuasaan kehakiman yang diberikan dalam cabang yudisial dari pemerintah federal oleh Pasal III dari Konstitusi AS. Selain itu, hakim Pengadilan Perdagangan Internasional menjalankan kekuasaan peradilan sesuai dengan Pasal III.

Para hakim lain yang bertugas di pengadilan federal, termasuk hakim magistrates dan hakim kebangkrutan, juga kadang-kadang disebut sebagai "hakim federal"; namun, mereka tidak diangkat oleh Presiden atau dikonfirmasikan oleh Senat, dan kekuasaan mereka berasal dari Artikel I. Lihat Artikel I dan Artikel III pengadilan.

Kekuasaan dan tugas[sunting | sunting sumber]

Fungsi utama dari hakim federal adalah untuk menyelesaikan hal-hal yang dibawa ke pengadilan federal Amerika Serikat. Kebanyakan pengadilan federal di Amerika Serikat adalah pengadilan yurisdiksi umum, yang berarti bahwa mereka mendengar kasus perdata maupun pidana yang berada dalam yurisdiksi mereka. Hakim Pengadilan Distrik diakui sebagai memiliki otoritas seperti itu untuk menyelesaikan hal-hal yang dibawa ke hadapan mereka, mulai dari pengaturan tanggal untuk pengadilan dan sidang untuk menahan pihak-pihak yang menghina atau menghukum mereka untuk perilaku yang tidak tepat.

Jabatan dan gaji[sunting | sunting sumber]

"Pasal III hakim federal" (sebagai kebalikan dari hakim dari beberapa pengadilan dengan yurisdiksi khusus) bertugas "selama ia berperilaku yang baik" (sering diungkapkan sebagai diangkat "seumur hidup"). Hakim memegang kedudukan mereka sampai mereka mengundurkan diri, meninggal, atau disingkirkan dari jabatannya. Meskipun hukum ortodoks menyatakan bahwa hakim tidak dapat disingkirkan dari jabatannya kecuali dengan pemakzulan oleh DPR yang diikuti oleh keyakinan oleh Senat, beberapa pakar hukum, termasuk William Rehnquist, Saikrishna Prakash dan Steven D. Smith, berpendapat bahwa Klausul Perilaku yang Baik mungkin, dalam teorinya, memungkinkan hakim disingkirkan dengan cara tertulis scire facias yang diajukan ke hadapan pengadilan federal, tanpa maksud untuk pemakzulan.[1]

Karena proses pemakzulan membutuhkan sebuah peradilan oleh Senat Amerika Serikat, dan karena ketentuan konstitusional mengenai masa jabatan hakim federal tidak dapat diubah tanpa ratifikasi dari tiga perempat dari seluruh negara bagian, hakim federal tak dapat diubah mungkin memiliki jaminan pekerjaan terbaik yang tersedia di Amerika Serikat. Selain itu, Konstitusi melarang Kongres untuk mengurangi gaji hakim federal. Pengalaman di abad kedua puluh menunjukkan bahwa Kongres umumnya tidak mau mengambil waktu dari jadwalnya yang sibuk untuk mendakwa dan mengadili seorang hakim federal sampai, setelah terbukti kejahatan kriminalnya, ia dipenjarakan dan masih mendapatkan gaji, yang sesungguhnya tidak dapat dirampas (lihat Nixon vs. Amerika Serikat, kasus utama Mahkamah Agung tentang kebijaksanaan Kongres dalam memakzulkan dan mengadili hakim federal).

Pada 2015, hakim distrik federal dibayar $201.100 per tahun, hakim sirkuit $213.300, Hakim Anggota Mahkamah Agung $246.800 dan Ketua Mahkamah Agung Amerika Serikat $258.100. Mereka semua diizinkan untuk mendapatkan tambahan maksimal $21.000 per tahun dengan mengajar.[2]

Ketua Mahkamah Agung John Roberts telah berulang kali memohon untuk peningkatan bayaran peradilan, dengan menyebutkan situasi "krisis konstitusional".[butuh rujukan] Masalahnya adalah rekan-rekan mereka yang paling berbakat di AS firma hukum terbesar dengan pengalaman peradilan sebagai juru tulis peradilan (dengan kata lain, pengacara yang paling memenuhi syarat untuk menjadi generasi berikutnya dari hakim federal) sudah mendapatkan sama banyaknya dengan seorang hakim federal pada tahun pertama mereka sebagai hakim penuh waktu.[3] Dengan demikian, ketika orang pengacara akhirnya menjadi partner yang berpengalaman dan mencapai tahap di mana seseorang biasanya akan mempertimbangkan beralih ke pelayanan publik, minat mereka untuk bergabung dengan pengadilan diganggu oleh prospek pemotongan gaji besar-besaran kembali kepada apa mereka peroleh 10 hingga 20 tahun sebelumnya (disesuaikan dengan inflasi). Salah satu cara bagi para pengacara untuk mengurangi kerugian keuangan mereka adalah menghabiskan hanya beberapa tahun di bangku pengadilan umum dan kemudian kembali ke praktek swasta atau pergi ke arbitrase, tetapi perpindahan seperti itu menciptakan risiko pintu putar peradilan yang takluk kepada peraturan penangkapan.

Dengan demikian, Ketua Mahkamah Agung Roberts telah memperingatkan bahwa "hakim tidak lagi diambil terutama dari kalangan pengacara terbaik dalam berlatih profesi ini" dan "Jika pengangkatan hakim berhenti menjadi batu penjuru dari sebuah karier istimewa dan sebaliknya menjadi batu loncatan menuju posisi yang menguntungkan dalam praktik swasta, tujuan para Perumus (Konstitusi) untuk menciptakan peradilan yang benar-benar independen akan ditempatkan dalam bahaya yang serius."[4]

Pos tugas[sunting | sunting sumber]

Masing-masing hakim federal melayani sebuah "pos tugas" khusus untuk durasi pelayanan federalnya. Hal ini penting karena hubungan antara beberapa undang-undang federal. Pertama, 28 U.S.C. Pasal 456(a) memberikan hak kepada hakim federal untuk penggantian biaya transportasi dan biaya "subsisten" yang dikeluarkan saat melakukan bisnis resmi jauh dari pos tugas mereka. Seksi 456 juga mengatur bahwa Distrik Columbia adalah pos tugas dari semua anggota dari Mahkamah Agung AS, Sirkuit D.C, Sirkuit Federal, dan Pengadilan Distrik AS untuk Distrik Columbia.

Kedua, ada beberapa alasan mengapa seorang hakim federal akan perlu melaksanakan urusan resmi luar biasa di luar ruang pengadilan mereka yang biasa. Pasal 28 U.S.C. dan Pasal 291 dan 292 mengotorisasikan berbagai macam tugas sementara yang luas bagi hakim sirkuit dan distrik, baik secara horisontal (yaitu, untuk sirkuit atau distrik lainnya) dan secara vertikal (sehingga seorang hakim distrik dapat mendengar banding dan seorang hakim sirkuit dapat mengadili kasus-kasus). Banyak hakim federal melayani dalam panel-panel administrasi seperti dewan yudisial untuk sirkuit mereka atau Konferensi Peradilan Amerika Serikat. Beberapa dari pengadilan sirkuit seperti Sirkuit Kesembilan mengadakan sesi-sesi reguler di beberapa lokasi, dan secara acak memilih panel tiga hakim untuk mendengar banding dari semua hakim sirkuit yang aktif terlepas dari pos tugas mereka. (Konferensi video kini kadang-kadang digunakan untuk mengurangi beban banyaknya perjalanan hakim sirkuit.)

Disiplin[sunting | sunting sumber]

Proses disiplin hakim federal dimulai dengan pengajuan keluhan oleh siapapun yang menyatakan bahwa seorang hakim telah terlibat sirkuit dalam perilaku "praduga yang merugikan sehingga mengganggu efektivitas dan cepatnya administrasi bisnis pengadilan, atau menuduh bahwa hakim tersebut tidak mampu untuk melaksanakan semua tugas kantornya dengan alasan cacat mental atau fisik."[5] Jika hakim ketua dari sirkuit itu tidak mengabaikan keluhan itu atau menyelesaikan prosesnya, maka ia harus segera menunjuk dirinya sendiri bersama dengan sejumlah hakim yang sama dari hakim sirkuit dan hakim distrik, untuk membentuuk sebuah komite khusus untuk menyelidiki fakta-fakta dan tuduhan dari keluhan tersebut. Panitia harus melakukan penyelidikan tersebut sejauh hal itu dianggap perlu dan kemudian secepatnya melaporkan laporan tertulis yang komprehensif atas penyelidikannya dengan dewan peradilan sirkuit yang terlibat. Setelah menerima laporan tersebut, dewan yudisial sirkuit yang terlibat dapat melakukan penyelidikan tambahan yang dianggap perlu, atau dapat mengabaikan keluhan itu.[6]

Jika seorang hakim yang menjadi subyek dari keluhan itu memegang jabatannya selama perilakunya baik, tindakan yang diambil oleh dewan yudisial dapat mencakup menyaakan hakim tidak mampu. Dewan yudisial juga dapat, atas kebijakannya sendiri, merujuk kepada keluhan manapun di bawah 28 U.S.C. Ps. 351, bersama dengan catatan proses dan rekomendasi apapun yang terkait untuk tindakan yang tepat, ke Konferensi Peradilan Amerika Serikat. Konferensi Peradilan dapat melaksanakan kewenangannya di bawah ketentuan peradilan disiplin sebagai sebuah konferensi, atau melalui sebuah komite yang ditunjuk oleh Ketua Mahkamah Agung.

Pensiun[sunting | sunting sumber]

Begitu seorang hakim mencapai usia dan persyaratan pelayanannya ia dapat menjalani pensiun dan kemudian akan mendapatkan sisa gajinya untuk sisa hidupnya, ditambah dengan biaya hidup yang meningkat. "Aturan 80" umum digunakan menentukan usia dan masa pelayanan bagi hakim untuk pensiun, atau mendapatkan status senior, sebagaimana diatur dalam Titel 28 U.U. AS, bagian 371(c). Dimulai pada usia 65 tahun, seorang hakim dapat pensiun dengan gaji pada saat itu, atau mengambil status senior, setelah menjabat 15 tahun dari pelayanan aktif sesuai Pasal III hakim (65 + 15 = 80). Sebuah skala yang meningkat dari bertambahnya usia dan berkurangnya layanan (66 + 14, 67 + 13, 68 + 12, 69 + 11) menghasilkan kelayakan untuk kompensasi pensiun pada usia 70 tahun dengan minimum 10 tahun (70 + 10 = 80).[7][8][9]

Berdasarkan pasal 376 anuitas keluarga yang diberikan kepada janda, duda atau anak di bawah umur dari hakim dapat dibeli dengan pemotongan 2,2% menjadi 3,5% dari manfaat pensiun.[10]

Jumlah hakim[sunting | sunting sumber]

Jumlah hakim federal yang aktif terus ditingkatkan, karena dua alasan. Pertama, hakim pensiun atau meninggal, dan selang waktu yang terjadi sebelum hakim baru yang ditunjuk untuk mengisi posisi tersebut. Kedua, dari waktu ke waktu Kongres akan menambah (atau, yang lebih jarang, mengurangi) jumlah hakim federal tertentu dari sebuah peradilan distrik, biasanya untuk menanggapi pergeseran jumlah penduduk atau perubahan beban kerja di distrik itu.

Pada Mei 2012, sejumlah 3.294 orang telah ditunjuk menjadi hakim federal, termasuk 2.758 hakim pengadilan distrik, 714 hakim pengadilan banding, 95 hakim untuk untuk pengadilan sirkuit yang sudah dihapus, dan 112 Hakim Agung. Jumlahnya mencapai 3.679 dengan keseluruhan pengangkatan; jumlah hakim banding yang besar (termasuk para Hakim Agung) yang pernah bertugas di pengadilan yang lebih rendah.[11]

Saat ini ada 874 hakim yang diberikan otorisasi oleh Pasal III: sembilan di Mahkamah Agung, 179 di pengadilan banding, sembilan di Pengadilan Perdagangan Internasional dan 677 di pengadilan distrik.[12] Meskipun jumlah Hakim Agung tetap sama selama lebih dari satu abad, jumlah hakim pengadilan banding telah bertambah lebih dari dua kali lipat sejak tahun 1950, dan jumlah hakim pengadilan distrik telah meningkat lebih dari tiga kali lipat dalam periode tersebut.

Hakim non-Pasal III[sunting | sunting sumber]

Berbeda dengan hakim-hakim Pasal III, para hakim non-Pasal III ditunjuk untuk suatu masa jabatan tertentu. Contohnya termasuk hakim magisrate Amerika Serikat dan hakim pengadilan kebangkrutan Amerika Serikat Pengadilan Pajak Amerika Serikat, Pengadilan Klaim Federal Amerika Serikat, dan pengadilan teritorial Amerika Serikat . Meskipun istilah "hakim non-Pasal III" digunakan untuk menggambarkan tidak adanya jabatan dan perlindungan gaji, pengadilan kebangkrutan secara resmi ditunjuk sebagai bagian dari Pengadilan Distrik AS, dan yang hakim distriknya adalah pejabat peradilan Pasal III. Selain itu, dalam Freytag vs. Komisioner, 501 AS 868 (1991), Mahkamah Agung menyimpulkan bahwa hakim-hakim Pengadilan Pajak AS (dan mereka hakim pengadilan khusus) menjalankan suatu bagian "kekuasaan kehakiman Amerika Serikat."

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

  • Sesjarah pengangkatan hakim federal
  • Daftar hakim federal Amerika Serikat dengan lama layanan

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Saikrishna Prakash & Steven D. Smith, "How To Remove a Federal Judge", 116 Yale L.J. 72 (2006).
  2. ^ "Judicial Salaries Since 1968" (PDF). uscourts.gov. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal December 5, 2010. 
  3. ^ Debra Cassens Weiss, "Scalia Denies Abortion Views Influenced by Religion, Calls His GPS Opinion 'Defendant Friendly'", ABA Journal, 4 February 2012.
  4. ^ "2006 Year-End Report on the Federal Judiciary" (PDF). supremecourt.us. 
  5. ^ 28 U.S.C. § 351(a).
  6. ^ 28 U.S.C. § 354(a)(1)
  7. ^ 28 U.S.C. § 71
  8. ^ "FAQs on Federal Judges". uscourts.gov. 
  9. ^ 28 U.S.C. § 371
  10. ^ 28 U.S.C. § 376
  11. ^ Federal Judicial Center.
  12. ^ "Federal Judgeships". uscourts.gov. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]