Hak LGBT di Luksemburg

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Hak LGBT di Luksemburg
Lokasi  Luksemburg  (hijau tua) – di Eropa  (hijau muda & abu-abu tua) – di Uni Eropa  (hijau muda)  –  [Legenda]
Lokasi  Luksemburg  (hijau tua)

– di Eropa  (hijau muda & abu-abu tua)
– di Uni Eropa  (hijau muda)  –  [Legenda]

Aktivitas sesama jenis legal?Legal semenjak tahun 1794,
batas usia sama
TranseksualDengan sterilisasi
Pengakuan pasangan sesama jenisPasangan terdaftar semenjak tahun 2004
Pernikahan sesama jenis semenjak tahun 2015
Adopsi anak oleh pasangan sesama jenisAdopsi semenjak tahun 2015
Karier militerGay dan lesbian boleh masuk militer secara terbuka
Perlindungan dari diskriminasiPerlindungan dari diskriminasi berdasarkan orientasi seksual

Hak LGBT di Luksemburg dijamin oleh negara dan masyarakat pada umumnya toleran terhadap homoseksualitas. Negara sendiri memperbolehkan pernikahan sesama jenis semenjak tahun 2015.

Aktivitas seks sesama jenis[sunting | sunting sumber]

Aktivitas seksual sesama jenis didekriminalisasi pada tahun 1794 ketika negara tersebut dijajah oleh Prancis. Pasal 372 Kitab Pidana Luksemburg menetapkan batas usia pada umur 16 tahun tanpa memandang orientasi seksual dan/atau gender. Walaupun batas usia untuk aktivitas seks sesama jenis sempat dinaikan menjadi 18 tahun pada tahun 1971 dengan ditambahkannya Pasal 372bis, pasal tersebut dicabut pada tahun 1992.[1]

Pengakuan hubungan sesama jenis[sunting | sunting sumber]

Persekutuan sipil yang disebut partenariat enregistré (pasangan terdaftar) diakui di Luksemburg semenjak tahun 2004 dan didasarkan pada model PACS di Prancis. Undang-undang yang memperbolehkan persekutuan tersebut ditetapkan pada 1 November 2004.[2]

Pada tahun 2009, pemerintah Luksemburg mengumumkan keinginan mereka untuk melegalisasi pernikahan sesama jenis. Setelah lama tertunda, pemungutan suara di parlemen baru diadakan pada Juni 2014. Hasilnya 56 setuju dan 4 menentang, sehingga pernikahan sesama jenis secara resmi dilegalkan. Undang-undang yang melegalkan pernikahan sesama jenis baru mulai berlaku semenjak 1 Januari 2015.

Adopsi[sunting | sunting sumber]

Setelah pemungutan suara di parlemen pada Juni 2014, pasangan sesama jenis memiliki hak untuk mengadopsi anak semenjak 1 Januari 2015.

Perlindungan dari diskriminasi[sunting | sunting sumber]

Di Luksemburg terdapat hukum yang melarang diskriminasi berdasarkan orientasi seksual, tetapi hanya dalam pekerjaan dan penyediaan barang dan jasa. Undang-undang mengenai pernyataan kebencian tidak mengacu pada orientasi seksual atau identitas gender, dan orientasi seksual atau identitas gender tidak diakui sebagai faktor yang dapat memperberat hukuman. Warga Luksemburg boleh masuk ke angkatan bersenjata tanpa memandang orientasi seksual.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Rapport du Groupe européen d'Experts dans le domaine de la Lutte contre la Discrimination fondée sur l'Orientation sexuelle" (PDF). Diarsipkan (PDF) dari versi asli tanggal 2016-03-03. Diakses tanggal 2016-04-07. 
  2. ^ "Loi du 9 juillet 2004 relative aux effets légaux de certains partenariats". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-08-02. Diakses tanggal 2016-04-07.