Hak LGBT di Kazakhstan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Hak LGBT di Kazakhstan Kazakhstan
Kazakhstan
Aktivitas sesama jenis legal?Legal sejak tahun 1998[1]
TranseksualTranseksual boleh mengganti Kelamin ,butuh Operasi dan diagnosa untuk mengganti Gender
Pengakuan pasangan sesama jenisTidak
Karier militerYa, lesbian, gay dan biseksual boleh[2]
Perlindungan dari diskriminasiTidak

Lesbian, gay, biseksual, dan transgender (LGBT) di Kazakhstan menghadapi permasalahan hukum dan diskriminasi yang tidak dialami oleh kaum heteroseksual. Aktivitas seksual sesama jenis di Kazakhstan tidak lagi ilegal semenjak tahun 1998, tetapi pasangan dan rumah tangga sesama jenis tidak memperoleh perlindungan hukum seperti pasangan lawan jenis.[1]

Pada tahun 2009, Kazakhstan menjadi salah satu negara yang mendukung pernyataan yang menentang Deklarasi Perserikatan Bangsa-Bangsa mengenai Orientasi Seksual dan Identitas Gender.

Rangkuman keadaan[sunting | sunting sumber]

Orang-orang LGBT di Kazakhstan menghadapi diskriminasi dan prasangka negatif akibat orientasi seksual atau identitas gender mereka dalam kehidupan sehari-hari. Tanggapan yang negatif terhadap LGBT (seperti pengucilan, penghinaan, dan kekerasan) mengakibatkan luka fisik, fisiologis, dan emosional. Untuk menghindari ancaman dari orang-orang yang menentang orientasi homoseksual, banyak LGBT yang terpaksa menyembunyikan orientasi seksual atau identitas gender mereka. Sebagian besar dari mereka merasa perlu untuk menyembunyikannya di lingkungan kerja agar mereka tidak dipecat dan agar tidak dimusuhi oleh atasan dan karyawan lainnya. Upaya untuk melaporkan kekerasan terhadap LGBT biasanya ditanggapi dengan buruk oleh polisi.[3]

Penelitian dari Universitas Chicago pada tahun 2011 menunjukkan bahwa tren penerimaan hak-hak LGBT melambat atau mengalami kemunduran di Rusia dan republik-republik bekas Uni Soviet lainnya, yang berlawanan dengan tren di Barat.[4]

Karier militer[sunting | sunting sumber]

Orang-orang dari komunitas Lesbian, gay dan biseksual diizinkan untuk bertugas militer di Republik Kazakhstan. Posisi ini ditegaskan oleh Staf Umum Angkatan Bersenjata Kazakhstan, Saken Zhusupov dan oleh menteri pertahanan Kazakhstan yang mengijinkan semua penduduknya melayani militer di Kazakhstan, terlepas dari orientasi seksualnya.[5]

Status hukum[sunting | sunting sumber]

Aktivitas sesama jenis legal Yes (semenjak tahun 1998)
Batas umur yang sama untuk melakukan hubungan seks Yes (semenjak tahun 1998)
Hukum anti diskriminasi di lingkungan kerja No
Hukum anti diskriminasi dalam penyediaan barang dan jasa No
Hukum anti diskriminasi dalam hal lain (termasuk diskriminasi tidak langsung atau ucapan kebencian) No
Pernikahan sesama jenis No
Pengakuan pasangan sesama jenis No
Adopsi anak oleh pasangan sesama jenis No
Gay dan lesbian boleh menjadi bagian dari militer Yes (sejak tahun 2022)
Hak untuk mengubah gender Yes (sejak tahun 2003)
Akses terhadap fertilisasi in vitro untuk lesbian No
Surogasi untuk pasangan gay No
Laki-laki yang berhubungan seks dengan laki-laki boleh menyumbang darah Yes

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "State-sponsored Homophobia: A world survey of laws prohibiting same sex activity between consenting adults" (PDF). Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 2013-07-19. Diakses tanggal 2015-11-24. 
  2. ^ "В Минобороны ответили на вопрос о сексуальных меньшинствах в армии". Tengrinews. 25 February 2022. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-11-30. Diakses tanggal 5 May 2022. 
  3. ^ "Unacknowledged and Unprotected: Lesbian, Gay, Bisexual and Transgender People in Kazakhstan by Soros Foundation". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-03-26. Diakses tanggal 2015-11-24. 
  4. ^ "Cross-national Differences in Attitudes towards Homosexuality by NORC/University of Chicago" (PDF). Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 2011-06-26. Diakses tanggal 2015-11-24. 
  5. ^ "В Минобороны ответили на вопрос о сексуальных меньшинствах в армии". Tengrinews. 25 February 2022. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-11-30. Diakses tanggal 5 May 2022.