Hadibu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Hadibu (bahasa Arab: حديبو‎, Ḥādībū), sebelumnya dikenal sebagai Tamrida (bahasa Arab: تمريدة) [1] merupakan kota pesisir di utara Sokotra, Yaman. Kota ini terletak tidak jauh dari gunung Jabal al-Jahir. Kota ini merupakan kota terbesar di Kepulauan dengan populasi mencapai 8.545 berdasarkan sensus tahun 2004[butuh rujukan]. Hadibu juga merupakan Ibu kota dari distrik Hidaybu yang merupakan dua administrasi distrik di Socotra. Untuk kehidupan di kota, Peternakan merupakan sumber utama dari pemasukan.

Bandar Udara Socotra terletak sekitar 12 kilometer (7,5 mil) barat Hadibu, dan dekat dengan kota ketiga terbesar di kepulaun yaitu Qād̨ub[2]. Generator bermesin disel membuat listrik tersedia luas di Socotra. Jalan beraspal terdapat di pantai utara dari Qulansiyah ke Hadibu dan kemudian menuju area DiHamri, jalan beraspal lainnya dapat ditemukan dipesisir utara ke selatan melalui Dataran Tinggi Dixsam[butuh rujukan]. Pada 20 Juni 2020 Southern Transitional Council menduduki kota[3].

Bekas ibu kota terletak di sebelah timur Hadibu.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ E. J. van Donzel, Islamic desk reference
  2. ^ "aviationweather.gov". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2010-01-14. Diakses tanggal 2022-01-08. 
  3. ^ "Hadi government 'betrayed by Saudi Arabia' as UAE-backed separatists capture Socotra island". TheNewArab. Diakses tanggal 21 June 2020.